Enhancing Public Services through Strategic Digitalization of Population Documents in Bandar Lampung City
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalia, H., & Hartono, T. (2024). Inovasi pelayanan publik: Studi difusi inovasi penggunaan aplikasi identitas kependudukan digital (IKD) di Kota Pekanbaru. Matra Pembaruan: Jurnal Inovasi Kebijakan, 8(2), 117–130. https://doi.org/10.21787/mp.8.2.2024.117-130
Ashari, & Sallu, S. (2023). Digitalisasi kualitas pelayanan publik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. REMIK: Riset dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer, 7(1), 342–351. https://doi.org/10.33395/remik.v7i1.11984
Bannister, F., & Connolly, R. (2020). The future ain’t what it used to be: Forecasting the impact of ICT on public administration. Information Polity, 25(3), 291–305. https://doi.org/10.3233/IP-190177
Bappenas. (2022). Transformasi digital untuk percepatan pelayanan publik. Jakarta: Kementerian PPN/Bappenas.
Disdukcapil Kota Bandar Lampung. (2023). Laporan tahunan pelayanan administrasi kependudukan Kota Bandar Lampung tahun 2023. Bandar Lampung: Pemerintah Kota Bandar Lampung.
Familiawati, R., Sugianto, H., & Apriza, T. (2025). Efektivitas pelayanan publik di era digital: Studi pada pelayanan administrasi kependudukan di Kota Bekasi. Innovative: Journal of Social Science Research, 5(3), Article 20142. https://doi.org/10.31004/innovative.v5i3.20142
Huntua, F. S., Tohopi, R., & Tantu, R. (2024). Digitalisasi pelayanan e-KTP di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bone Bolango. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 1(11), 181–189. https://doi.org/10.5281/zenodo.11491288
Kementerian Dalam Negeri RI. (2020). Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 7 Tahun 2020 tentang Pelayanan Administrasi Kependudukan Secara Daring. Jakarta: Kemendagri.
Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. (2022). Grand design transformasi digital administrasi kependudukan 2022–2025. Jakarta: Ditjen Dukcapil, Kominfo.
Kementerian PANRB. (2021). Roadmap reformasi birokrasi 2020–2024. Jakarta: KemenPANRB.
Kurnia Putri, K., Anggraini, D., Aurora, B., & Damitri, D. (2024). Pelatihan peningkatan akses dan kualitas pelayanan administrasi kependudukan melalui penggunaan teknologi digital di Disdukcapil. Bhakti Nagori: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 4(1), 23–30. https://doi.org/10.56790/bhaktinagori.v4i1.772
Kurniawan, T. (2021). Digitalisasi layanan publik: Tantangan dan peluang dalam pelayanan administrasi kependudukan. Jurnal Administrasi Publik Indonesia, 16(2), 145–158. https://doi.org/10.52334/japi.v16i2.145
Litman, T. (2021). Transportation and environmental policy integration: Avoid–Shift–Improve framework. Victoria Transport Policy Institute. https://www.vtpi.org
OECD. (2021). Digital government index 2021: Building a digitally competent public sector. Paris: OECD Publishing. https://doi.org/10.1787/4de9f5bb-en
Pratama, A., & Yuliana, S. (2022). Smart governance dalam pelayanan administrasi kependudukan berbasis digital. Jurnal Kebijakan dan Administrasi Negara, 9(1), 33–48. https://doi.org/10.52334/jkan.v9i1.33
Pratama, D., Haryati, E., & Ferriswara, D. (2025). Digitization of population administration services: Analysis of the need to improve digital literacy of village government apparatus. Parlementer: Jurnal Studi Hukum dan Administrasi Publik, 2(1), 26–39. https://doi.org/10.62383/parlementer.v2i1.507
Puspitasari, D., & Handayani, R. (2023). Hambatan dan strategi adopsi layanan digital kependudukan di daerah perkotaan. Jurnal Ilmu Pemerintahan dan Kebijakan Publik, 12(3), 211–225. https://doi.org/10.22304/jppkp.v12i3.211
Saputra, W. O. (2023). Revitalisasi identitas kependudukan: Dampak positif identitas digital dalam transformasi layanan publik di Indonesia. Jurnal Administrasi Publik & Birokrasi (JAPB), Article 1189. https://stiatabalong.ac.id/japb
Setiawan, H., & Putri, A. (2020). E-government dan pelayanan publik di Indonesia: Analisis kebijakan digitalisasi layanan. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 10(2), 87–102. https://doi.org/10.24198/jian.v10i2.102
Tulungen, E. E., Saerang, D. P., & Maramis, J. B. (2022). Transformasi digital: Peran kepemimpinan digital. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 10(2), 299–307. https://doi.org/10.35794/emba.v10i2.41267
United Nations. (2015). Sustainable development goals: Goal 16.9 – Provide legal identity for all. New York: UN. https://sdgs.un.org/goals
World Bank. (2021). Digital government transformation in Indonesia: Policy directions and implementation strategy. Washington, DC: World Bank Group. https://openknowledge.worldbank.org/handle/10986/35202
Wiranti, N. E., & Frinaldi, A. (2023). Meningkatkan efisiensi pelayanan publik dengan teknologi di era digital. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(2), 748–754. https://doi.org/10.37134/jimps.v8i2.754
Yulanda, A., & Frinaldi, A. (2023). Inovasi program identitas kependudukan digital dalam upaya meningkatkan kualitas layanan kependudukan di Indonesia. Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 7(2), 415–426. https://doi.org/10.22437/titian.v7i2.30348
Zainudin. (2025). Digital ID policy in support of digital transformation in Indonesia. Jurnal Bina Praja: Governance & Public Policy. https://jurnal.kemendagri.go.id.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v16i3.8876
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Kebijakan Publik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

_1.jpg)
.jpg)

