PERAN PERUSAHAN DAERAH DALAM MENGELOLA SISTEM PENYEDIAAN AIR MINUM
Abstract
Penyediaan akan air bersih menjadi hal yang utama dalam penentuan tingkat kepuasan bagi masyarakat pengguna jasa layanan. Untuk menyediakan air bersih maka dibuat kebijakan sistem penyediaan air minum yang mengatur setiap unit penyediaan air minum baik dari segi infrastruktur ataupun fasilitas serta bidang pelayanan yang dapat meningkatkan penyediaan air. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana Sistem Penyediaan Air Bersih (SPAM) yang dilakukan oleh Perusahaan Daerah Air Minum Mual Natio di Unit Pelayanan Kecamatan Sipahutar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Penelitian dilakukan di Perusahaan Daerah Air Minum Unit Pelayanan Kecamatan Sipahutar. Data dan informasi yang didapat, dianalisisi secara kualitatif dengan menggunakan teori Jones (1993) yaitu : Regulatory Role, Enabling Role, dan Direct Provision of Goods and Service. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa Perusahaan Daerah Air Minum Mual Natio belum maksimal dalam menerapkan Sistem Penyediaan Air Minum, ketidakmaksimalam tersebut dilihat dari unit air baku, unit produksi, unit distribusi, serta unit pelayanan yang satiap unitnya masih belum melengkapi infrastruktur yang sudah ditetapkan pada kebijakan Sistem Penyediaan Air Minum. Ketidakmaksimalan ini mengakibatkan kualitas air yang buruk dan keruh serta terhambatnya proses distribusi air kepada pelanggan. Perusahaan Daerah Air Minum sebagai penyedia layanan juga belum mampu meningkatkan pelayanan dalam pemenuhan kebutuhan akan air bersih.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Afiatun, E., Wahyuni, S., & Taruna, R. D. (2019). Perencanaan Sistem Penyediaan Air Minum Dalam Rangka Peningkatan Pelayanan Di Wilayah Ikk Leuwimunding, Palasah, Sumberjaya Kabupaten Majalengka. Journal of Community Based Environmental Engineering and Management, 2(1), 30. https://doi.org/10.23969/jcbeem.v2i1.1454
Aprilia, S., Ati, N., & Sekarsari, R. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kecamatan Dampit Dalam Menanggapi Pengaduan Masyarakat. Jurnal Respon Public, 14(5), 1–13.
Indah, T. M., & Zulkarnaini, Z. (2022). Peran Badan Usaha Milik Desa Dalam Pengembangan Potensi Wisata Danau Timbang Bunga Pengantin Di Kabupaten Kuantan Singingi. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 4(1), 59-73.
Iswanti, S. I. S., & Zulkarnaini, Z. (2022). Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Objek Wisata Pulau Tilan Di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 92-103.
Larasati, M. P., & Yussa, A. T. (2016). Analisis Praktek Layanan Pdam (Perusahaan Daerah Air Minum) Tirta Siak Kota Pekanbaru Serta Dampaknya Terhadap Kepuasan Pelanggan. PUBLIKA, 2(2), 144–161.
Moleong. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT Remaja Rosdakarya Offset.
Ulfarina, M., Yudana, G., & Aliyah, I. (2021). Efektivitas sistem penyediaan air bersih Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) di kawasan permukiman sekitar Universitas Sebelas Maret, Surakarta. Region : Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 16(1), 29. https://doi.org/10.20961/region.v16i1.25362.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i4.8621
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Kebijakan Publik

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.