KINERJA KELOMPOK TANI DALAM REHABILITASI HUTAN TAMAN

Syifa Yolanda Surbakti, Simson Ginting

Abstract


Resort Sekoci Taman Nasional Gunung Leuser terdapat banyak permasalahan yang menyebabkan hutan terdegradasi diantaranya perambahan, illegal logging dan alih fungsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan Kinerja Kelompok Tani Hutan Konservasi (KTHK) dalam Rehabilitasi Hutan Taman Nasional Gunung Leuser di Resort Sekoci Kecamatan Besitang Kabupaten Langkat. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi serta kepustakaan. Penentuan informan menggunakan Teknik Purposive Sampling dan Snowball Sampling. Hasil penelitian menunjukan : Pertama, Kualitas Kerja masih banyak terdapat oknum KTHK yang menanam sawit dan karet serta banyak anggota KTHK yang belum paham tentang rehabilitasi hutan konservasi. Kedua, Kuantitas Kerja sedikitnya ada 4 tahap bantuan bibit yang diberikan untuk KTHK untuk melakukan reboisasi, pendampingan diberikan sedikitnya 1 kali setahun seperti pelatihan pembuatan bibit dan patroli gabungan dilakukan 18 hari dalam satu bulan. Ketiga, Pelaksanaan Tugas sebagian besar KTHK aktif, hal ini berdampak pada ekonomi masyarakat yang meningkat namun banyak anggota yang tidak aktif dengan berbagai alasan. Serta masih tidak ada pelaksanaan tugas dalam melestarikan keanekaragaman hayati dan tidak ada kearifan lokal karena didominasi oleh perambah yang bukan penduduk asli pinggiran hutan. Keempat, Tanggung Jawab KTHK aktif sudah banyak menanam Multy Purpose Tree Species. Namun KTHK tidak pernah melakukan laporan kinerja kepada Resort Sekoci. Sedangkan tanggung jawab Balai Besar Taman Nasional Gunung Leuser adalah memberikan pendampingan dan monitoring kepada KTHK yang akan dilaporkan ke Direktur Jenderal Konservasi dan Sumber Daya Alam.


Keywords


Kinerja Kelompok; Hutan Konservasi; Rehabilitasi Hutan

References


Bastian, I. (2002). Sistem Akuntansi Sektor Publik. Jakarta: Salemba Empat.

Christanto, J. (2014). Ruang Lingkup Konservasi Sumber Daya Alam dan Lingkungan. Konservasi Sumber Daya ALam, 1–29.

Damanik, S. E. (2019). Pemberdayaan Masyarakat Desa Sekitar Kawasan Hutan. Jakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.

Ginting, M. I. A. (2022). Pengembangan Wilayah Permukiman Pada Taman Nasional Gunung Leuser Kabupaten Langkat Ditinjau dari Undang-Undang Nomor 41 Tahun 1999 Tentang Kehutanan. Locus Journal of Academic Literature Review, 1(8), 428–440. https://doi.org/10.56128/ljoalr.v1i8.108

Harun, R., & Ardianto, E. (2011). Komunikasi Pembangunan dan Perubahan Sosial: Perspektif Dominan, Kaji Ulang, dan Teori Kritis. (1st ed.). Jakarta: Rajawali Pers.

Helen, R. (2019). Analisis Dampak dan Faktor yang Mempengaruhi Kegiatan Ilegal di Taman Nasional Gunung Leuser. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara.

Keban, Y. T. (2004). Enam Dimensi Strategis Administrasi Publik (Konsep, Teori dan Isu) (Revisi). Gava Media.

Lismarini, S. (2016). Pelaksanaan Pengaturan Kawasan Hutan Konservasi Dalam Rencana Tata Ruang Wilayah Provinsi Lampung. 1–68.

Mangkunegara, A. P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mariyani, I., & Suciati, L. P. (2021). Modal Sosial Petani Rehabilitasi dalam Pemulihan Ekosistem Taman Nasional Meru Betiri. Agriekonomika, 10(1), 51–58. https://doi.org/10.21107/agriekonomika.v10i1.9890

Noormalinda, N., Peran, S. B., & Rudy, G. S. (2021). Persepsi Masyarakat Desa Hamak Timur Terhadap Rencana Kegiatan Rehabilitasi Hutan Dan Lahan Di Kawasan Hutan Lindung Gunung Mantiut Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Jurnal Sylva Scienteae, 4(4), 637. https://doi.org/10.20527/jss.v4i4.3939

Safe’i, R., Indriani, Y., Darmawan, A., & Kaskoyo, H. (2019). Status pemantauan kesehatan hutan yang dikelola oleh kelompok tani hutan SHK Lestari : studi kasus Kelompok Tani Hutan Karya Makmur I Desa Cilimus, Kecamatan Teluk Pandan, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Jurnal Silva Tropika, 3(2), 185–198.

Sinambela, L. P. (2012). Kinerja Pegawai : Teori Pengukuran Dan Implikasi. Jakarta: Graha Ilmu.

Subhan, M., Zulkarnaini, Z., Meiwanda, G., & Putri, R. A. (2022). Analisis Peran Stakeholder dalam Program Siak Hijau di Kabupaten Siak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 439-454.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Qadri, F., Yusri, A., & Zulkarnaini, Z. (2023). Pengaruh Kinerja DPRD Terhadap Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) Kabupaten Bengkalis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(6), 6397-6404.

Waskitho, N. T. (2022). Pemberdayaan Masyarakat Sekitar Khdtk Umm Dalam Konservasi Kawasan Hutan Melalui Sistem Agroforestri. Budimas : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.29040/budimas.v4i2.6052

Wiryono. (2021). Pengantar Ilmu Lingkungan (Revisi). November.

Zulkarnaini, Z., & Kurniadi, I. R. (2016). Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja dalam Penertiban Pedagang Kaki Li di Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i2.8506

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.