DIGITALISASI LAYANAN DALAM PENCEGAHAN KEKERASAN ANAK

Afifatudz Dzurriyah, Singgih Manggalou

Abstract


Setiap anak berhak atas kelangsungan hidup, tumbuh kembang, dan perlindungan dari kekerasan demi kesejahteraan mereka yang membutuhkan dukungan dari pemerintah. Hal ini karena kasus kekerasan terhadap anak terus meningkat dari tahun ke tahun. Penelitian ini dilakukan atas dasar adanya fenomena peningkatan kasus kekerasan anak yang disebabkan faktor keluarga dan kurangnya pengetahuan tentang pengasuhan anak. Fenomena tersebut menjadi dasar bagi Pemerintah meluncurkan layanan PUSPAGA sebagai langkah terdekat dalam pencegahan kasus kekerasan anak pada lingkup keluarga yang dapat diakses melalui digital, khususnya di Kota Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses Digitalisasi Layanan Puspaga Dalam Pencegahan Kekerasan Anak di Kota Surabaya yang dianalisis berdasarkan lima elemen fokus teori inovasi oleh Rogers yaitu: keunggulan relatif, kesesuaian, kerumitan, kemampuan uji coba, dan kemudahan diamati. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan proses digitalisasi layanan puspaga telah berjalan dengan baik dengan adanya inovasi aplikasi SIAP PPAK yang terintegrasi secara digital melalui layanan konseling. Meskipun masih terdapat kendala yang ditemui yaitu pemahaman masyarakat terhadap teknologi digital khususnya aplikasi SIAP PPAK serta kendala jaringan, tetapi dapat diatasi dengan sosialisasi lebih intensif oleh Fasilitator Puspaga serta penyediaan fasilitas tambahan bagi masyarakat pengguna layanan apabila terkendala jaringan.


Keywords


Inovasi digital; PUSPAGA; Kekerasan anak; SIAP PPAK

References


Agustina, K., & Widiyarta, A. (2023). Inovasi Program Aplikasi Jatirenggo Layanan Terpadu Online. Jurnal Kebijakan Publik, 14(4), 470. https://doi.org/10.31258/jkp.v14i4.8298

Ariani, N. W. T., & Asih, K. S. (2022). Dampak Kekerasan Pada Anak. Jurnal Psikologi MANDALA 2022, 6(1), 69–78.

Aryani, D. I., & Elhada, N. I. (2021). Kekerasan Terhadap Anak; Strategi Pencegahan Dan Penanggulangannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan Dan Pemikiran Islam, 4(2), 171–189.

Boreel, M. S., Meigawati, D., & Amirulloh, M. R. (2022). Implementasi Program Puspaga (Pusat Pembelajaran Keluarga) dalam Upaya Pencegahan Kekerasan Pada Anak Di Kota Sukabumi. Jurnal Inovasi Penelitian, 3(3), 5377–5388.

BPS Kota Surabaya. (2022). Kecamatan Mulyorejo Dalam Angka 2022. Badan Pusat Statistik Kota Surabaya.

DP3APPKB Pemkot Surabaya. (2023). User Guideline SIAP PPAK (pp. 1–63). ppa-dp3appkb.surabaya.go.id. https://ppadp3appkb.surabaya.go.id/tentang/userguide

Faisea, F., Maulidi, M. Z., & Arif, L. (2020). Strategi Pemerintah Kota Surabaya Dalam Pengembangan Kebijakan Kabupaten/Kota Layak Anak Di Kota Surabaya. Syntax Idea, 2(6), 16–25. https://doi.org/https://doi.org/10.46799/syntax-idea.v2i6.338

Hafzari, A. D., & Kriswibowo, A. (2023). Policy Output Analysis Pada Pencegahan Kekerasan Anak. 11(2), 104–117.

Mahmudah, Z., & Widiyarta, A. (2023). Peran Lsm Dalam Penanganan Korban Kekerasan Seksual. Jurnal Kebijakan Publik, 14(2), 220. https://doi.org/10.31258/jkp.v14i2.8228

Maolana, P., Maruao, T. F. A., Hidayani, A., Wijaya, C. S., & Ardiansyah, F. (2020). Penerapan Inovasi Pelayanan PubliK GO-DOK Di Kota Tasikmalaya. Ministrate: Jurnal Birokrasi Dan Pemerintahan Daerah, 2(1), 22–28. https://doi.org/10.15575/jbpd.v2i1.8022

Melinda, M., Syamsurizaldi, & Kabullah, M. I. (2020). Innovation of Online Population Administrative Services (PADUKO) by The Department of Population and Civil Registration of Padang Panjang City. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 202–216. https://doi.org/10.35967/njip.v19i2.115

Murhadi, & Ponidi. (2020). Digitalisasi Sekolah Melalui Pengembangan Website dan Layanan Sekolah Berbasis Teknologi Informasi. Jurnal INTEK, 3(1), 62–69. http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/intek/article/view/567

Nova, F. A., & Prathama, A. (2023). Peran UPTD Perlindungan Perempuan dan Anak dalam Penanganan Tindak Kekerasan Anak di Kota Surabaya. 5(1), 231–243.

Nurrahman, A., Dimas, M., Ma’sum, M. F., & Ino, M. F. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik Di Kabupaten Garut. Jurnal Teknologi Dan Komunikasi Pemerintahan, 3(1), 78–93. http://ejournal.ipdn.ac.id/JTKP

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 91 Tahun 2021 tentang Pembinaan Inovasi Pelayanan Publik. 2021. Jakarta peraturan.bpk.go.id

Prabowo, H., Suwanda, D., & Syafri, W. (2022). Inovasi Pelayanan pada Organisasi Publik. In Y. P. Santoso & N. N. Muliawati (Eds.), PT Remaja Rosdakarya (1st ed.).

Ramadhan, T., & Diniyah, N. (2022). Efektivitas Pusat Pembelajaran Keluarga (Puspaga) Dalam Pencegahan Kasus Kekerasan Pada Anak Di Tangerang Selatan. Sahaja: Journal Shariah And Humanities, 1(2), 109–119.

Salsabila, N. P., & Mayarni. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Menuju Smart City Madani Di Kecamatan Bukit Raya Kota Pekanbaru. Reformasi: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 11(2), 109–119. https://doi.org/DOI: 10.33366/rfr.v%vi%i.2596

Silaban, E. (2023). Memutus Rantai Kekerasan Terhadap Anak. Diakses 09 20, 2023, from ombudsman.go.id: https://ombudsman.go.id/artikel/r/pwkinternal--memutus-rantai-kekerasan-terhadap-anak#:~:text=Menurut%20World%20Health%20Organization%20(WHO,pun%20tidak%20dapat%20membahayakan%20kesehatan%2C

SIMFONI-PPA. (2023). Data Kasus Kekerasan. Diakses 09 24, 2023, from kemenpppa.go.id: https://kekerasan.kemenpppa.go.id/ringkasan

Sinta, A. N., & Hertati, D. (2023). Inovasi Aplikasi Klampid New Generation (KNG) dalam Meningkatkan Pelayanan Administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Journal of Governance Innovation, 5(2), 193–209. https://doi.org/10.36636/jogiv.v5i2.2795

Syahputri, F. B., & Casiavera. (2022). Peran Puspaga Dalam Pencegahan Kekerasan Pada Anak. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan), 9(02), 177–187. https://doi.org/http://doi.org/10.21009/JKKP.092.05

Yunaningsih, A., Diani Indah, & Fajar Eryanto Septiawan. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia : Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i2.8487

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.