PERAN PENDAMPING PROGRAM DALAM MENGATASI KEMISKINAN

Fajar Siddik, R. Sally Marisa Sihombing

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa kasus yang ditemui pada program keluarga harapan diantaranya adanya istilah program keluarga harapan hanyalah sebuah program yang menunda kemiskinan tapi tidak memberantas kemiskinan itu sendiri. Beberapa yang menjadi penyebab terjadinya hal tersebut kurang kompetennya petugas dari pendamping PKH dan kurang pedulinya masyarakat penerima manfaat dalam mengatasi angka kemiskinan pada didirinya. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deksriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Kemudian informan yang digunakan dalam penelitian ini adalah keluarga penerima manfaat dan masyarakat miskin yang belum menerima PKH di kelurahan Binjai. Teknik analisis data yang digunakan, berdasarkan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan dan verivikasi data. Sedangkan teknik keabsahan data  menggunakan triangulasi data. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa pelaksanaan program keluarga harapan di kelurahan binjai kecamatan medan denai fasilitator, pelaksanaan program sudah dilakukan dengan sangat baik oleh pendamping PKH yaitu memotoring mereka yang menerima bantuan harapan dan juga memotivasi para penerima keluarga manfaat. Dari segi pendidikan sendiri pendamping pkh dikelurahan binjai melakukan pertemuan minimal seminggu sekali kepada penerima manfaat yaitu memberikan pembelajaran berupa modul kepada keluarga penerima manfaat. Dari segi perwakilan masyarakat sendiri pendamping PKH membantu dan mendampingin para penerima manfaat apabila ada keluhan yang terjadi pada mereka seperti menggunakan lembaga luar untuk membantu para penerima manfaat sendiri.

 


Keywords


Program Keluarga Harapan, Pendamping PKH, Keluarga Penerima Manfaat

References


Armstrong, M. (2014). Armstrong's Handbook of Human Resource Management Practice. Kogan Page Publishers

Alfaritdzi, R, M., & Prathama, Ananta. 2023. Peran Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP) dalam Mengurangi Angka Pengangguran. Jurnal Kebijakan Publik. Vol 14, No. 1

Biddle, B. J. (1979). Role Theory: Expectations, Identities, and Behaviors. Academic Press

George H.Mead. (1934). Mind Self And Society. Printed in the united of America.

Gerungan, W.A. 2010. Metode Penelitian Kualitatif: Filsafat dan Teori. Jakarta: Rajawali Pers.

Hikmat, R.H. (2018). Pedoman Pelaksanaan Program Keluarga Harapan Tahun 2019. Jakarta: Kementrian Sosial Republik Indonesia.

Itang. (2015). Faktor-Faktor Penyebab Kemiskinan. Jurnal Keislaman., Kemasyarakatan, dan Kebudayaan. Vol 16 No.1.

Iswanti, S. I. S., & Zulkarnaini, Z. (2022). Peran Pemerintah Desa Dalam Pengembangan Objek Wisata Pulau Tilan Di Kepenghuluan Rantau Bais Kecamatan Tanah Putih Kabupaten Rokan Hilir. PUBLIKA: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(1), 92-103.

Jannah, I. N., & Zulkarnaini, Z. (2023). Efektivitas Program Bantuan Langsung Tunai-Dana Desa (BLT-DD) Di Desa Sungai Beras Hilir Kecamatan Lubuk Batu Jaya Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(15), 248-258.

Juberbin, Joshua. 2023. Tindak Pidana Pemalsuan Data Verifikasi Dan Validasi Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2011 Tentang Penangan Fakir Miskin. Jurnal Lex Privatum. Vol.11 No.1.

Khairiyah, N., & Zulkarnaini, Z. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program Satu Keluarga Satu Sarjana Oleh Baznas di Kabupaten Kampar. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 3(3), 258-266.

Lonergan, Bernard J. 1992. Insight: A Study of Human Understanding. Toronto: University of Toronto Press.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya

Melati, M., & Zulkarnaini, H. (2021). Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Pasir Pengaraian. Journal Publicuho, 4(1), 19.

Made, A.P. (2017). Teori Peran Dan Konsep Expectation-GAP Fungsi Pengawasan Dalam Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Ekonomi dan Keuangan. Vol 2 No.4.

Marini, M.D. (2018). Implementasi Program Keluarga Harapan Dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Miskin. Jurnal Humaniora. Vol 2 No.1.

Maulida, E.P. Aminudin, Achmad. 2022. Analisis Peran Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Sungai Serut. Jurnal Multidisiplin Dehasen. Vol.1 No.3.

Prawoto, Nano. (2009). Memahami Kemiskinan Dan Strategi Penanggulangannya. Jurnal Ekonomi Dan Studi Pembangunan. Vol.9 No.1.

Putong, L, B., & Wahyudi, K, E. (2022). Implementasi Program Bantuan Sosial Tunai pada UMKM. Jurnal Kebijakan Publik. Vol 13, No. 4

Rangga, Dimas. 2022. Penyalahgunaan Wewenang Dalam Tindak Pidana Korupsi Yang Dilakukan Oleh Pendamping Sosial Program Keluarga Harapan (PKH). Jurnal indonesia hukum dan pemerintah sosial politik. Vol.2 No.3.

Subhan, M., Zulkarnaini, Z., Meiwanda, G., & Putri, R. A. (2022). Analisis Peran Stakeholder dalam Program Siak Hijau di Kabupaten Siak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 439-454.

Sutanto, E. M. (2012). Administrasi Publik: Perspektif Baru dan Penerapannya di Indonesia. Pustaka Pelajar.

Turner, R. H. (1978). The Role and the Person. American Journal of Sociology, 84 (1), 1-23




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i2.8472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.