KUALITAS PELAYANAN PUBLIK PENGURUSAN SERTIFIKAT TANAH

Mario Kiki Manurung, Tunggul Sihombing

Abstract


Kualitas pelayanan dari Badan Pertanahan Nasional sering dikeluhkan oleh masyarakat, terutama dari sisi pelayanan, terlebih  yang berada di kantor-kantor Badan Pertanahan Nasional yang berada daerah-daerah. Beberapa permasalahan yang kerap muncul dan terjadi dalam pelayanan ialah permasalahan terkait dengan biaya, waktu serta sikap yang diberikan oleh pemberi layanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui serta mendeskripsikan kualitas pelayanan pengurusan sertifikat tanah oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tapanuli Utara. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dan informasi dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Data dan informasi yang didapat, dianalisisi secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry tahun 1990, yang meliputi dari 5 variabel yaitu, tangible, reliability, responsiveness, assurance dan empathy. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan dalam pendaftaran sertifikat tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Tapanuli Utara sesuai dengan menggunakan pendekatan teori kualitas pelayanan menurut Zeithaml, Parasuraman dan Berry tahun 1990 masih belum diterapkan  maksimal. Karena dari variabel responsiveness dan empathy, pelayanan yang diberikan masih sangat belum maksimal dan maih jauh dari kata sempurna. Berbeda dengan variabel tangible, reliability dan assurance  sudah berjalan dengan tepat sesuai dengan peraturan yang ditetapkan.


Keywords


Kualitas pelayanan; sertifikat tanah; BPN

References


Ahmad, Mansyur. 2010. Teori-teori Mutakhir Administrasi Publik. Yogyakarta: Rangkang Education

Arnas, Y., & Zulkarnaini, Z. (2021). Inovasi Jemput Layani Penderita TBC (Jelita TBC) di Puskesmas Rambah Samo I Kabupaten Rokan Hulu. Cross-border, 4(2), 656-672.

Ekawati, R. J., Santoso, B., & Sos, S. (2013). Pengaruh Kualitas Pelayanan MMC (Muhammadiyah Medical Centre) Terhadap Kepuasan Mahasiswa (Analisis Regresi Tingkat Kepuasan Mahasiswa FKI UMS) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Hamzah, Amir 2019. Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Literasi Nusantara

Mahendra, M., & Zulkarnaini, Z. (2021). Implementasi Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Cross-border, 4(2), 623-636.

Marsella, Ami (219). Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pelanggan Pengguna Parkir Sepeda Motor di Gedung Parkir Mall Kudus. Unversitas Maritim AMNI Semarang.

Mayarni, M., Meilani, N. L., & Zulkarnaini, Z. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 11-18.

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Nafi'ah, Z., & Tukiman, T. Kualitas Pelayanan Pelanggan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 252-259.

Napitupulu, Paimin. 2007. Seri Ilmu Pemerintahan: Pelayanan Publik dan Customer Satisfaction. Bandung: Alumni

Ndraha, Taliziduhu. 2000. Ilmu Pemerintahan. Jakarta: Rineka Cipta

Pasolong, Harbani. 2017. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta

Riyanda, Rico. (2017). Faktor-Faktor Yang Menghambat Kinerja Pelayanan Publik di Dinas Kependuduakn dan Pencatatan Sipil Kota Batam. Jurnal Niara. 9(2). 75-90

Rohman, dkk. 2010. Reformasi Pelayanan Publik. Malang : Avveroes Press

Sinambela, Lijan Poltak. 2006. Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara

Sutedi, Adrian. 2014. Peralihan Hak Atas Tanah Dan Pendaftarannya. Jakarta : Sinar Grafik

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian, Kuantitatif, Kualitatif dan Campuran. Bandung: Aflabeta

Sutanto, Oni. (2017). Representase Feminisme Dalam Film “SPY”. Jurnal E-Komunikasi. 5(1).

Syafiie, Inu Kencana. 2010. Ilmu Administrasi Publik. Jakarta: Rineka Cipta

Umarsyah, D., & Zulkarnaini, Z. (2021). Tipologi Inovasi Sistem Pelayanan Kependudukan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 3(3), 180-188.

Wahyuni, Hari. (2019). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Kerja dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Dosen. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan. 7(2). 154-162

Wardhani, W., Arenawati, A., & Listyaningsih, L. (2018). Kualitas Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah Oleh Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Serang (Doctoral dissertation, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa).

Wibowo. 2017. Perilaku dalam Organisasi. Depok: Raja Grafindo Persada

Widuri, A. ., & Maesaroh, M. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Sertifikat Tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 5(4), 33-47.

Zainal, Said. 2019. Kebijakan Publik. Jakarta: Salemba Humanika

Zubaedah, Siti. (2018). Implementasi Kebijakan Pembuatan hak Milik Atas Tanah di Kabu-paten Ogan Komering Ulu. Jurnal Peme-rintahan Dan Politik Global. 3(2). 73-76.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i2.8459

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.