PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DI BANK SAMPAH

Trio Saputra, Nurpeni Nurpeni, Widia Astuti, Harsini Harsini, Sri Roserdevi Nasution, Eka Eka, Sulaiman Zuhdi

Abstract


Penelitian ini tentang bagaimana Partisipasi Masyarakat dalam Pengelolaan Sampah di Bank Sampah Kota Pekanbaru. Fenomena yang ditemukan dalam penelitian ini yaitu masih rendahnya partisipasi masyarakat dan pengetahuan dalam mengelola sampah, dan kurangnya sosialisasi yang diberikan dari pemerintah maupun bank Sampah itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor penghambat partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Bank Sampah dan bagaimana sosialisasi kepada masyarakat Kota Pekanbaru. Penelitian ini menggunakan Metode Penelitian Kualitatif dengan pendekatan fenomenologis. Pengumpulan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung. Hasil dari penelitian ini belum terciptanya kota bersih tanpa sampah pada partisipasi masyarakat dalam pengelolaan sampah di Bank Sampah Kota Pekanbaru dikarenakan sosialisasi yang melum merata dilakukan dan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap sampah

Keywords


Partisipasi, Pengelolaan, Sampah

References


Andreeyan, R. (2014). Studi tentang partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan pembangunan di kelurahan sambutan kecamatan sambutan kota samarinda. eJournal Adm. Negara, 2(4).

Astuti, R. D., & Nisa, D. M. K. (2021). Penghambat Niat dan Perilaku Masyarakat Aktif dalam Kegiatan Bank Sampah. JRST (Jurnal Riset Sains dan Teknologi), 5(1), 45-51.

Damanhuri, E.,& Padmi, T. (2010). Pengelolaan sampah. Diktat kuliah TL, 3104,5-10.

Fahrudin, A. (2012). Pemberdayaan, Partisipasi dan Penguatan Kapasitas Masyarakat. Bandung: Humaniora.

Harapan, k., & Tarakan, K. (2019). Implementasi Pengelolaan Sampah.

Kurniaty, D. R., & Rizal, M. (2011). Pemanfaatan hasil pengelolaan sampah sebagai alternatif bahan bangunan konstruksi. SMARTek, 9(1).

Matondang, Z., Djulia, E., Sriadhi, S., & Simarmata, J. (2019). Evaluasi Hasil Belajar. Yayasan Kita Menulis.

Mustafa. (2014). Gerakan Membangun Bersama Masyarakat. Cirendeu: Yamiba

Nabiilah, A. (2021). Partisipasi Masyarakat Dalam Mengelola Sampah Rumah Tangga Melalui Program Bank Sampah Sekar Wangi Di Kelurahan Sukamaju Kecamatan Cilodong Kota Depok Provinsi Jawa Barat (Doctoral Dissertation, Ipdn Jatinangor).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i3.8073

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.