KUALITAS PELAYANAN PELANGGAN DI PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM)

Zumrotun Nafi'ah, Tukiman Tukiman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pelanggan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik berdasarkan survei kepuasan masyarakat. Metode yang digunakan adalah analisa data kuantitatif yang mengoperasionalkan satu variabel mandiri. Populasi dalam penelitian ini merupakan seluruh pelanggan PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik. Menggunakan probability sampling dengan jenis area sample (cluster sampling). Data-data diperoleh melalui kuesioner, observasi,dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan yaitu Editing, Tabulasi dan analisis SKM dan Intrepetasi. Sesuai dengan Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggaraa Pelayanan Publik terdapat 9 unsur yang digunakan dalam Survei Kepuasan Masyarakat yaitu 1. Persyaratan 2. Sistem mekanisme dan prosedur 3. Waktu penyelesaian 4. Biaya 5. Produk spesifikasi jenis pelayanan, 6. Kompetensi pelaksana 7. Perilaku pelaksana 8. Penanganan, pengaduan, saran dan masukan 9. Sarana dan prasarana. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwasanya nilai SKM yang diperoleh oleh PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik adalah 3,080. Jika di rata-rata berada pada nilai Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai SKM PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik memiliki mutu pelayanan B yang artinya kinerja pelayanan pada unit tersebut baik. Hal ini menunjukkan bahwa PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik telah memberikan kepuasan bagi para pelanggannya. 

Keywords


:Kualitas Pelayanan Publik; Survei Kepuasan Masyarakat; PDAM

References


Femita, T. (2015). Kualitas Pelayanan Publik PDAM Kota Surakarta. Faculty of Social and Political Sciences, 2(3), 1–20.

Hardiyansyah. (2018). Pelayanan Publik : (Konsep, Dimensi, Indikator, Dan Implementasinya). Gava Media.

Pasolong, H. (2010). Kepemimpinan Birokrasi. CV. Alfabeta.

Sinaga, M. S., & Muhammad, A. S. (2020). Melalui Survei Kepuasan Masyarakat: Tingkatkan Kualitas Layanan Pendidikan. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 8(2).

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (M. Dr. Ir. Sutopo. S.Pd (ed.); kedua ceta). Alfabeta.

Suharto, S. (2019). Kajian Survey Kepuasan Layanan Publik dan Kebijakan Pemerintah Daerah Propinsi Bengkulu dalam Bidang Kesehatan 2018 (Studi Kualitas Layanan pada Rumah Sakit Umum Daerah di Wilayah Bengkulu) (Fungky (ed.)). Uwais Inspirasi Indonesia.

Suherry, Jenawi, B., Setyadihardja, R., Karim, Z. A., Setiawan, F., & Angraini, R. (2020). Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) Pada Badan Pendapatan Daerah Kabupaten Bintan. Nahkoda:Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(1), 102–112.

Syafirah, L., & Nawangsari, E. R. (2021). Efektivitas Pelayanan Pengaduan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta Kabupaten Gresik. Jurnal Ilmiah Indonesia, 3(2), 6.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2017 Tentang Pedoman Penyusunan Survei Kepuasan Masyarakat Unit Penyelenggara Pelayanan Publik

Peraturan Daerah Kabupaten Gresik Nomor 14 Tahun 2013 Tentang Perusahaan Daerah Air Minum Giri Tirta Kabupaten Gresik




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i3.8022

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.