IMPLEMENTASI E-GOVERNMENT PELAYANAN PUBLIK PADA APLIKASI E-KIOS

Yusuf Amrozi, Elfa Cornelia, laily Ainuriyah

Abstract


Aplikasi E-kios merupakan suatu sistem layanan kebijaklan publik pada sejumlah pemerintah daerah untuk mengintegrasikan layanan publiknya. Beberapa pemerintah daerah telah menggunakan termasuk pemerintah kota Surabaya. Meskipun sudah diterapkannya E-kios secara meluas di berbagai wilayah di kota Surabaya, dalam pengimplementasiannya masih belum ada temuan yang baku dalam konteks kendala implementasi yang dihadapi. Dengan demikian diperlukan suatu penelitian untuk memetakan dan mendeskripsikan implementasi E-kios. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan teknik review literatur. Data diambil dari sejumlah penelitian terdahulu yang relevan. Hasil analisis menunjukkan bahwa terdapat sejumlah faktor kekurangan dan kelebihan dalam pengimplementasian E-kios. Hasil dari penelitian juga menunjukkan ada beberapa faktor yang dapat mempengaruhi hasil implementasi seperti; faktor komunikasi, faktor sumber daya, faktor disposisi, faktor struktur birokrasi, dan aktor sasaran pada program E-kios. Hasil penelitian perlu menjadi perhatian pada pemangku kepentingan terkait sebagai bahan perbaikan dalam hal layanan publik di daerah melalui aplikasi E-kios.


Keywords


E-government, pelayanan publik, E-kios

References


Alen, A. A. (2018). Implementasi Program E-Kios di Kecamatan Sukolilo.. http://repository.untag-sby.ac.id/1103/

Aristin, R., & Azizah, R. N. (2018). Implementasi Kebijakan Wajib Belajar Sembilan Tahun di Desa Kadura Timur Sumenep Madura. Jurnal Reformasi, 8(2), 120–135.

Becker, J. (2018). Electronic government. Sistem Informasi, 47(5), 324. https://doi.org/10.1007/BF03251472

Christina, M., Kusuma Negara, I. M., & Suardana, I. W. (2018). Analisis Kebutuhan Tenaga Kerja Reservasi Terhadap Perencanaan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Cv. Can Tour & Travel. Jurnal IPTA, 3(1), 39. https://doi.org

Deni. (2022). Model Komunikasi Tubbs - Konsep - Elemen - PakarKomunikasi.com. https://pakarkomunikasi.com/model-komunikasi-tubbs

Dewi. (2019). Studi Lieratur: Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pendidikan 4.0 | Surani | Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP. https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/psnp/article/view/5797

Edi. (2019). Birokrasi: Definisi Para Ahli, Karakteristik, Jenis, dan Contohnya Halaman all - Kompas.com. https://www.kompas.com/skola/read/2021/07/12/150000969/birokrasi--definisi-para-ahli-karakteristik-jenis-dan-contohnya?page=all

Haqi, F. (2019). Inovasi Pelayanan Publik E-Health Di Dinas Kesehatan Kota Surabaya. Digital Digital Repository Repository Universitas Universitas Jember, 1–73. https://repository.unej.ac.id

Laksmana, H. A., & Darujati, C. (2018). Rancang Bangun Sistem Antrian Online Kecamatan Dengan Pemanfaatan QR-Code Sebagai Media Pembatalan Nomor Antrian (Studi Kasus: Kecamatan Sukolilo Surabaya).

Luis, F., & Moncayo, G. (2018). Kualitas Pelayanan E-Kios Dalam Program Perizinan Terpadu Kecamatan Wonocolo. 1–11.

Mariono, S. (2019). Penerapan E-Government Dalam Pelayanan Publik Di Kabupaten Sidoarjo. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Masram, M. (2018). Manajemen Sumber Daya Manusia dan Implementasi dalam Organisasi. http://www.stiekhad.ac.id/wp-content/uploads/2018/02/BUKU-MSDM.pdf

Nugroho, A. (2021). 4 Fungsi Manajemen, Unsur & Pembahasan Lengkapnya. https://qwords.com/blog/fungsi-manajemen/

Pradina, indah putri, & Yuwono, T. (2019). Surabaya Single Window. Pradhina, Indah Putri, 1–17. https://ssw.surabaya.go.id/

Rahmawati. (2022). Peranan Finansial Technology Dalam Pemberdayaan UMKM di Masa Pandemi COVID-19 di Kota Parepare (Analisi Ekonomi Syarriah). Ekonomi, 8.5.2017, 2003–2005.

Riani, N. K. (2021). Strategi Peningkatan Pelayanan Publik. 1(11), 6.

Suryanto, A. (2018). Pengukuran Dampak Inovasi. http://ppid.lan.go.id/wp-content/uploads/2019/08/INTAN-Pengukuran-Dampak-Inovasi.pdf

Warsito, H. T. (2018). Implementasi Program E-Kios sebagai Inovasi Pelayanan Publik Berbasis Teknologi Informasi di Kelurahan Kebraon Kota Surabaya. Kebijakan Dan Manajemen Publik, 4(2), 8–17. http://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-kmp91c35f67f7full.pdf

Yudhiantara, I., Hakim, A., Muluk, M. R. K., & Noor, I. (2019). Transformasi E-Government Menuju E-Governance Dalam Proses Pelayanan Publik Pada Media Centre Pemerintahan Kota Surabaya. http://repository.ub.ac.id/188500/

Zulmanda, C. A., & Meirinawati. (2018). Kualitas Pelayanan E-LAMPID (Electronic Lahir, Mati, Pindah, Datang) di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Surabaya (Studi pada Pelayanan Pengurusan Akta Kelahiran dan Kematian). Jurnal Mahasiswa Unesa, 6, 1–7




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i3.8015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.