IMPLEMENTASI KEBIJAKAN RETRIBUSI PELAYANAN PARKIR DI TEPI JALAN UMUM

Muhammad Afandi

Abstract


Penelitian ini didesain menggunakan metode kualitatif. Metode tersebut dianggap dapat menemukan masalah yang diteliti karena keterlibatan peneliti dalam proses penelitian dan penelitian kualitatif lebih menekankan makna. Sampel atau informan penelitian ini terdiri dari aparatur di Dinas Perhubungan Kota Palu dan masyarakat sasaran kebijakan. Informan penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive. Pertimbangan menggunakan metode tersebut karena penentuan informan dilakukan secara spesifik kepada informan yang dipilih harus memahami maksud dan tujuan penelitian. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam, dan telaah dokumen tertulis, serta analisis data interaktif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi kebijakan retribusi parkir di tepi jalan umum Kota Palu dinilai kurang optimal, hal tersebut dilihat dari aspek isi kebijakan yang dinilai tidak memberikan pengaruh bagi masyarakat, tidak memberikan manfaat bagi masyarakat, tidak membawa perubahan serta sumberdaya yang dikerahkan kurang memadai. Akan tetapi aspek isi kebijakan yang sudah baik terlihat dari kedudukan pembuat kebijakan serta pelaksana kebijakan tersebut. Aspek konteks implementasi terlibat baik karena tidak ada kekuasaan dan kepentingan tertentu yang terlibat dalam pelaksanaan kebijakan, tidak adanya karakteristik lembaga atau penguasa yang merugikan kelompok sasaran serta mempunyai sikap patuh dan daya tanggap yang baik.


Keywords


Implementasi Kebijakan; Kebijakan; Kebijakan Publik; Retribusi Parkir

References


Asidin, Jinca, M. Y., & Sitepu, G. (2017). An Analysis of The Road Parking At The Area of Laelangi Market In Baubau City, Southeast Sulawesi Province-Indonesia. International Refereed Journal of Engineering and Science (IRJES), 6(1), 53–58.

Aveling, E.-L., Gillespie, A., & Cornish, F. (2015). A qualitative method for analysing multivoicedness. Qualitative Research, 15(6), 670–687. https://doi.org/10.1177/1468794114557991

Barter, P. A. (2012). Off-street parking policy surprises in Asian cities. Cities, 29(1), 23–31. https://doi.org/10.1016/j.cities.2011.06.007

Basri Said, L., & Syafey, I. (2021). The scenario of reducing congestion and resolving parking issues in Makassar City, Indonesia. Case Studies on Transport Policy, 9(4), 1849–1859. https://doi.org/10.1016/j.cstp.2021.10.004

Calthrop, E., & Proost, S. (1998). Road Transport Externalities. Environmental and Resource Economics, 11(3), 335. https://doi.org/10.1023/A:1008267917001

Calthrop, E., Proost, S., & van Dender, K. (2000). Parking Policies and Road Pricing. Urban Studies, 37(1), 63–76. https://doi.org/10.1080/0042098002294

Chamberlain, B. (2009). Phenomenology: A Qualitative Method. Clinical Nurse Specialist, 23(2), 52–53. https://doi.org/10.1097/NUR.0b013e3181996ae5

Farda, M., & Balijepalli, C. (2018). Exploring the effectiveness of demand management policy in reducing traffic congestion and environmental pollution: Car-free day and odd-even plate measures for Bandung city in Indonesia. Case Studies on Transport Policy, 6(4), 577–590. https://doi.org/10.1016/j.cstp.2018.07.008

Feis, I. (2009). Implementasi kebijakan: Perspektif, model dan kriteria pengukurannya. Gema Eksos, 5(1), 218199.

Grindele, M. (1980). Politics and Policy Implementation in the Third World. New Jersey: New Jersey: Princeton University Press.

Ilham, R., Yutanto, H., Shonhadji, N., & Ekaningtias, D. (2020). Analysis of the Acceptance Factor of Android-Based Parking Information Systems in Indonesia. Communications - Scientific Letters of the University of Zilina, 22(2), 97–106.

Mudjanarko, S. W., Sulistio, H., Djakdar, L., & Wicaksono, A. (2013). Behaviour Model of Motor Cycle User in Selecting Parking Location (Case Study in Surabaya City of Indonesia). Journal of Basic and Applied Scientific Researc, 3(7), 842–846.

Nasution. (1996). Metode Penelitian Naturalistik-Kualitatif. Bandung: Tarsito.

Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2016. (2016). Tentang perubahan retribusi parkir di tepi jalan umum.

Solecki, W., Seto, K. C., Balk, D., Bigio, A., Boone, C. G., Creutzig, F., … Zwickel, T. (2015). A conceptual framework for an urban areas typology to integrate climate change mitigation and adaptation. Urban Climate, 14, 116–137. https://doi.org/10.1016/j.uclim.2015.07.001

Woodcock, J., Edwards, P., Tonne, C., Armstrong, B. G., Ashiru, O., Banister, D., … Roberts, I. (2009). Public health benefits of strategies to reduce greenhouse-gas emissions: Urban land transport. The Lancet, 374(9705), 1930–1943. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(09)61714-1




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i1.8002

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.