IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN UNTUK PENINGKATAN MINAT BACA MASYARAKAT

Revo Prambudi Adha, Hendra Koeswara, Desna Aromatica

Abstract


Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang masih mengalami berbagai permasalahan dalam menjalankan tugasnya sebagai agen pelaksana kebijakan perpustakaan. Artikel ini bertujuan untuk melihat implementasi dan kinerja kebijakan tentang perpustakaan dalam upaya peningkatan minat baca yang dimiliki masyarakat di Kota Padang. Dengan menggunakan acuan teoritis Van Meter dan Van Horn terkait Implementasi Kebijakan yang terdiri dari enam variabel yang mempengaruhi implementasi dari kebijakan. Data dikumpulkan melalui wawancara, dokumentasi dan observasi, serta dilakukan analisis secara kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Hasil dari penelitian yang didapatkan menunjukkan bahwa terdapat beberapa faktor yang membuat implementasi dan kinerja kebijakan tentang perpustakaan di Kota Padang tidak berjalan dengan baik yaitu keterbatasan SDM berkompeten di bidang perpustakaan yang dimiliki oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Padang, Sarana serta prasarana yang yang dimiliki masih belum memadai akibat kurangnya APBD yang dimiliki oleh pemerintah, komunikasi dan promosi perpustakaan yang dilaksanakan kurang optimal, sikap masyarakat yang masih menganggap pendidikan belum begitu penting, serta kondisi ekonomi masyarakat akibat pandemi Covid-19 mempengaruhi fokus masyarakat sehingga menyebabkan minat baca masyarakat menjadi rendah

Keywords


Implementasi Kebijakan Publik, Kebijakan Perpustakaan

References


Achmad Qorni Novianto. (2021). Kebijakan pengembangan koleksi Perpustakaan: Formulasi, implementasi, hingga evaluasi. Shaut Al-Maktabah : Jurnal Perpustakaan, Arsip Dan Dokumentasi, 13(2), 46.

Deddy Mulyadi. (2016). Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik Berbasis Analisis Bukti untuk Pelayanan Publik. In Alfabeta (Rev. 2). Alfabeta.

Lexy J. Moleong. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. PT Remaja Rosdakarya.

Matthew B. Miles, A. M. H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. UI Press.

Meutia, I. F. (2017). Analisis Kebijakan Publik.

Raharjo, M. (2017). Studi Kasus dalam Penelitian Kualitatif : Konsep Dan Prosedurnya. 13–14.

Rahimah Hayuni, N. (2017). Faktor-faktor yang mempengaruhi rendahnya tingkat kunjungan di perpustakaan. Jurnal Ilmu Informasi Perpustakaan Dan Kearsipan, 6(1), 141–146.

Sugiyono. (2017). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D (Cetakan 26). Alfabeta.

Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 43 Tahun 2007 Tentang Perpustakaan.

Van Meter, D. S., & Van Horn, C. E. (1975). The Policy Implementation Process: A Conceptual Framework. Administration & Society, 6(4), 445–488.

Yudisman, S. N., & Rahmi, L. (2020). Kebijakan Pengembangan Koleksi Di Perpustakaan Sekolah Tinggi Pembangunan Masyarakat Desa (STPMD) Yogyakarta. UNILIB : Jurnal Perpustakaan, 11(2), 108–117.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i1.7985

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.