KINERJA ORGANISASI PUBLIK DALAM MENCAPAI TARGET SASARAN

Laili Salamatul Khoiriyah, Muammar Alkadafi

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisa kinerja organisasi public pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau dan untuk mengetahui hambatan yang dialami dalam mencapai target sasaran kinerjanya. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan jumlah 10 informan penelitian. Hasil analisis dari penelitian ini yaitu Kinerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau dikatakan baik berdasarkan pada indikator menurut Agus Dwiyanto dan sasaran kinerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Riau, dibuktikan dengan menurunnya tingkat pengangguran terbuka dan adanya masyarakat transmigrasi yang tidak dibina lagi. Dalam menanggapi keluhan tenaga kerja dan masyarakat, Dinas berusaha merespon dengan cepat sesuai dengan prosedur kerja dalam penyelesaian kasus pengaduan dan melakukan pertimbangan terlebih dahulu sebelum bertindak memenuhi keluhan dari masyarakat transmigrasi. Dinas sudah melakukan program pelatihan, pemagangan, dan job fair untuk menurunkan tingkat pengangguran terbuka. Dengan adanya kepuasan masyarakat terhadap tugas yang dilaksanakan, artinya Dinas ini telah bertanggungjawab dan konsisten atas tugasnya untuk memenuhi kehendak masyarakat.


Keywords


Kinerja, Organisasi Publik, Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi

References


Akbar Rusdi, 2012. Performance Measurement in Indonesia: TheCase of Local Government, Pacific Accounting Review, 24 (3).

Baker, K. R., & Trietsch, D. 2009. Principles of Sequencing and Scheduling. Canada: John Wiley & Sons Inc.

Bastian, Indra. 2001. Akuntansi Sektor Publik di Indonesia. Yogyakarta: BPFE.

Dwiyanto,Agus. 2006. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta: PPSK-UGM.

Ella Wargadinata, 2017. Kualitas Pengukuran Kinerja Organisasi Publik, Jurnal

Sosiohumaniora, 19 (2)

Hanifah, Indri. 2018. Kinerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi dalam Melaksanakan Program PenguranganAngka Pengangguran di Kota Bogor. Jurnal Governasi, 4 (1).

Mardiasmo. 2009. Akuntansi Sektor Publik. Yogyakarta: Andi.

Mihaiu Diana Marieta, Opreana Alin, Cristecu Marian,2010, Efficiency Efectiveness And Performance of The Public Sector, Romanian Journal of Economic Forecasting,4 (2).

Nawawi Uha, Ismail. 2010. Budaya Organisasi Kepemimpinan & Kinerja. Jakarta: Prenadamedia Group.

Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta. Sedarmayanti. 2007. Manajemen Sumber Daya Manusia. Bandung: RefikaAditama.

Simamora, Henry. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN.

Surjadi. 2009. Pengembangan Kinerja Pelayanan Publik. Bandung: Refika Aditama.

Wibowo. 2011. Manajemen Kinerja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Zauhar, Soesilo. 2005. Birokrasi, Birokratisasi dan Post Bureaucracy. Malang: Unibraw.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v11i2.7918

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.