INOVASI KEBIJAKAN PUBLIK DALAM PENGEMBANGAN BADAN USAHA MILIK DESA

Sutri Destemi Elsi, Faizah Bafadhal, Rahman Ahmad

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan serta menganalisis inovasi kebijakan dan pelayanan publik Pemerintah Desa Tanjung Lanjut Kabupaten Muaro Jambi khususnya dalam pengembangan BUMDes sehingga dapat menggerakkan roda perekonomian masyarakat. Inovasi kebijakan publik adalah sebuah keniscayaan yang harus dilakukan untuk mengatasi problematika yang hadir di tengah masyarakat. Dalam sudut pandang kajian kebijakan publik dan pelayanan publik dapat tergambar bahwa Pemerintah Desa Tanjung Lanjut telah mengembangkan beberapa strategi pengembangan BUMDes yang mengantarkan desa ini menjadi desa percontohan di Kabupaten Muaro Jambi meskipun harus menghadapi berbagai hambatan. Namun demikian pada dasarnya hambatan itu akan melahirkan sebuah konsep baru dalam proses kebijakan dan pelayanan publik.

 


Keywords


Inovasi Kebijakan, Pelayanan Publik, BUMDes, Desa Tanjung Lanjut

References


Agunggunanto,dkk.2016. Pengembangan Desa Mandiri Melalui Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Jurnal Dinamika Ekonomi dan Bisnis. 3(1): 1-10.

Aqmarina. 2017. Keberadaan Badan Usaha Milik Desa(Bumdes) terhadap Kesejahteraan Masyarakat Desa Ponggok, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa Tengah. Skripsi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Diponegoro. Semarang.

Alkadafi. 2014. Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengelolaan Kelembagaan Badan Usa ha Mil ik Des a Men uju As ean Economic Community 2015. Jurnal El- Riyasah, 1(1): 1-15.

Atik & Ratminto. 2005. Manajemen Pelayanan: Disertai dengan Pengembangan Model K o nsep tual , Pe ner apan C it izen ’s Charter san Standar Pelayanan Minimal. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Dunn, William N., 2000, Pengantar Analisis Kebijakan Publik, Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

E. Koswara, 2002, Otonomi Daerah, Untuk Demokrasi dan Kemandirian Rakyat, Jakarta: Candi Cipta Paramuda.

Friedrick, Carl J ., 1963, Man and His Government, New York: McGraw Hill.

Hardiyansyah, 2011. Kualitas Pelayanan Publik Konsep, Dimensi, Indikator dan Implementasinya. Yogyakarta: Gava Media.

Leo, Agustino, 2006, Politik dan Kebijakan Publik, Bandung: AIPI Bandung. Luankali,

Perbadus, 2007, Analisis Kebijakan dalam Proses Pengambilan Keputusan, IPDN Depdagri.

Pusat Kajian Dinamika Sistem Pembangunan. 2007. Buku Panduan Pendirian dan Pengelolaan Badan Usaha Milik Desa. Departemen Pendidikan Nasional. Fakultas Ekonomi. Universitas Brawijaya.

Sinambela, Lijan Poltak. dkk, 2011 Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta:Bumi Aksara

Suharno. 2010, Dasar-dasar Kebijakan Publik (Kajian Proses dan Analisis Kebijakan).

Yogyakarta: UNY Press.

Suharto, Edi, 2005, Analisis Kebijakan Publik, Bandung: Alfabeta.

Umi Hidayati, dkk. 2015. Analysis of Education and Training Needs To Increase BUMDes ManagementCapacityinDevelopingBusiness Units. Jurnal Bisnis dan Manajemen. 7 (23): 1-20.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v11i2.7917

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.