COLLABORATIVE GOVERNANCE DALAM PENGEMBANGAN DESA WISATA

Ardhia Mafaza, Kristina Setyowati

Abstract


Dalam rangka mengembangkan Desa Wisata di Kawasan Borobudur, pemerintah melalui Kementerian Badan Usaha Milik Negara membentuk Program Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Kawasan Borobudur. Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi adanya proses collaborative governance dalam Program Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Borobudur Kabupaten Magelang. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penentuan sampel dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis data Miles and Huberman. Hasil penelitian menunjukan bahwa collaborative governance diantara para stakeholder dalam Program Balai Ekonomi Desa (Balkondes) di Desa Borobudur Kabupaten Magelang sudah berjalan dengan baik yang ditandai dengan para stakeholder sudah menjalankan tugas pokoknya secara maksimal berdasarkan 8 indikator kolaborasi dari De seve. Hanya saja terkait entitas administratif dalam perjanjian kerjasama hanya mengatur antara PT. Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko (PT. TWC) selaku BUMN pendamping dan sponsor, dan Pemerintah Desa Borobudur melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), belum menjelaskan terkait keterlibatan PT. Manajemen CBT Nusantara (PT. MCN) yang sekarang selaku pengelola Program Balkondes. Sehingga boundary dan exclusivity dalam governance belum menyebutkan semua pihak yang terlibat dalam kolaborasi.


Keywords


Collaborative Governance, Pengembangan Desa Wisata, Program Balkondes

Full Text:

PDF

References


Ansell, C., & Gash, A. 2007. Collaborative Governance in Theory and Prctice. Journal of Public Administration Research and Theory, 1-30.

Demartoto, A. 2009.Pembangunan Pariwisata Berbasis Masyarakat. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Emerson, K., Nabatchi, T., & Balogh, S. 2011. An Integrative Framework for Collaborative Governance.Journal of Public Administration Research and Theory.

Kurniawan, S. 2017. Mengembangkan Ekonomi Kerakyatan Lewat Balkondes. https:// www.antarafoto.com/foto-cerita/ v1513314033/mengembangkanekonomi-kerakyatan-lewat- balkondes.

Peraturan Menteri Badan Usaha Milik Negara Nomor PER-09/MBU/07/2015 tentang Program Kemitraan dan Program Bina Lingkungan Badan Usaha Milik Negara

Sudarmo. 2011. Isu-Isu Administrasi Publik dalam Perspektif Governance.Surakarta: Smart Media.

Winasis, A., & Setyawan, D. 2016. Efektivitas Program pengembangan Desa Wisata Melalui Kelembagaan Dalam Peningkatan Sumber Daya Alam (SDA). JISIP: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Vol. 5, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v11i1.7883

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.