IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN PUSAT PELAYANAN INFORMASI DAN PENGADUAN (PINDU)

Hasniah Hasan

Abstract


Pusat Pelayanan Informasi dan Pengaduan (PINDU) di Kabupaten Pinrang merupakan sebuah inovasi di bidang pelayanan informasi dan pengaduan, yang bertujuan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan berintegritas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, implementasi pembentukan PINDU (Pusat Pelayanan Informasi dan Pengaduan) di Kabupaten Pinrang, ditinjau dari dimensi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi, secara umum sudah berjalan baik namun perlu dioptimalkan lagi. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor pendukung, yaitu support (political will), sumberdaya (capacity), dan nilai manfaat (value). Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya kesalahan-kesalahan dan kekeliruan dalam penentuan kanal akses, minimnya keterlibatan pihak non pemerintah, dan penurunan alokasi anggaran PINDU setiap tahunnya. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi berbagai hambatan tersebut adalah membangun suasana politik (political environment) yang kondusif; menjalankan kepemimpinan (leadership) yang baik; melakukan perencanaan (planning) yang komprehensif; membangun sinergitas dengan semua stakeholders; menjalankan transparansi data (transparency/visibility) dalam pelayanan; memberikan alokasi anggaran (budgets) yang memadai; menyediakan sarana prasarana teknologi (technology) pendukung; merangsang serta memotivasi lahirnya inovasi (Innovation) dan kreativitas baru.


Keywords


Implementasi, Pindu, Pelayanan Publik

Full Text:

PDF

References


Indrajit, Eko. 2006. Electronic Government.Yogyakarta: Andi

Manullang. 2009. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Silalahi, Uber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Reflika

Simangunsong, Fernandes. 2016. Metode Penelitian Pemerintahan. Bandung: Alfabeta

Waluyo. 2007. Manajemen Publik : Konsep, Aplikasi dan Implementasinya Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara

Widodo, Joko. 2010. Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v10i2.7869

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.