IMPLEMENTASI PEMBENTUKAN PUSAT PELAYANAN INFORMASI DAN PENGADUAN (PINDU)
Abstract
Pusat Pelayanan Informasi dan Pengaduan (PINDU) di Kabupaten Pinrang merupakan sebuah inovasi di bidang pelayanan informasi dan pengaduan, yang bertujuan untuk mewujudkan tata pemerintahan yang baik dan berintegritas. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Peneliti menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis data yaitu reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan (conclusion drawing). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, implementasi pembentukan PINDU (Pusat Pelayanan Informasi dan Pengaduan) di Kabupaten Pinrang, ditinjau dari dimensi komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi, secara umum sudah berjalan baik namun perlu dioptimalkan lagi. Hal tersebut dipengaruhi oleh faktor pendukung, yaitu support (political will), sumberdaya (capacity), dan nilai manfaat (value). Sedangkan faktor penghambatnya adalah adanya kesalahan-kesalahan dan kekeliruan dalam penentuan kanal akses, minimnya keterlibatan pihak non pemerintah, dan penurunan alokasi anggaran PINDU setiap tahunnya. Adapun upaya yang dilakukan dalam mengatasi berbagai hambatan tersebut adalah membangun suasana politik (political environment) yang kondusif; menjalankan kepemimpinan (leadership) yang baik; melakukan perencanaan (planning) yang komprehensif; membangun sinergitas dengan semua stakeholders; menjalankan transparansi data (transparency/visibility) dalam pelayanan; memberikan alokasi anggaran (budgets) yang memadai; menyediakan sarana prasarana teknologi (technology) pendukung; merangsang serta memotivasi lahirnya inovasi (Innovation) dan kreativitas baru.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Indrajit, Eko. 2006. Electronic Government.Yogyakarta: Andi
Manullang. 2009. Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Ghalia Indonesia
Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya Silalahi, Uber. 2012. Metode Penelitian Sosial. Bandung: Reflika
Simangunsong, Fernandes. 2016. Metode Penelitian Pemerintahan. Bandung: Alfabeta
Waluyo. 2007. Manajemen Publik : Konsep, Aplikasi dan Implementasinya Dalam Pelaksanaan Otonomi Daerah. Jakarta: Bumi Aksara
Widodo, Joko. 2010. Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayumedia
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v10i2.7869
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Jurnal Kebijakan Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.