IMPLEMENTASI PENYELENGGARAAN PENDIDIKAN GRATIS
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mengetahuidan menganalisis implementasi kebijakan penyelenggaraan pendidikan gratis di Kabupaten Siak studikasus Peraturan Bupati No. 12 Tahun 2012 dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian initeori yang digunakan adalah teorinya Grindle dan Edward III yang menjelaskan bahwa implementasikebijakan dilihat dari isi kebijakan dan lingkungan kebijakan yang berefek pada hasil kebijakan.Sedangkan untuk meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi implementasi kebijakan dilihat darikomunikasi, sumber daya, disposisi dan struktur birokrasi. Penelitian ini dilaksanakan di KabupatenSiak, Dimana yang menjadi informan dalam penelitian ini adalah informan kunci yaitu anggota DPRDbidang pendidikan, Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah, Guru dan informan pelengkap yaitu KomiteSekolah, Dewan Pendidikan, wali murid. Dimana tehnik penentuan informan yang digunakan adalahpurposive sampling, yaitu pemilihan informan berdasarkan tujuan penelitian yang telah ditetapkan.Dalam melakukan pengumpulan data digunakan metode observasi dan wawancara kepada informanpenelitian. Setelah data terkumpul kemudian dianalisa dengan menggunakan analisa deskriptif kualitatif.Setelah dilakukan penelitian ditemukan bahwa implementasi penyelenggaraan pendidikan gratis diKabupaten Siak masih belum berjalan dengan baik dan faktor yang cenderung mempengaruhiimplementasi penyelenggaraan pendidikan gratis di Kabupaten Siak adalah faktor komunikasi.
Kata Kunci: kebijakan, implementasi, penyelenggaraan, program pendidikan gratis
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v5i3.2220
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2014 Jurnal Kebijakan Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.