IMPLEMENTASI APLIKASI SISTEM PELAYANAN RAKYAT SIDOARJO (SIPRAJA)

Rahma Ayu Nurlitha, Lailul Mursyidah

Abstract


Pelayanan publik yang efisien dan transparan menjadi kebutuhan esensial dalam sistem pemerintahan modern. Salah satu inovasi yang diadopsi Pemerintah Kabupaten Sidoarjo adalah aplikasi SIPRAJA, sebuah platform digital yang bertujuan menyederhanakan proses administrasi masyarakat. Namun, di Desa Balonggabus, tingkat pemanfaatan aplikasi ini masih rendah, terutama di kalangan masyarakat lanjut usia. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kendala implementasi SIPRAJA serta merumuskan solusi strategis guna meningkatkan efektivitas penggunaannya. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini menggali data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari perangkat desa, petugas pelayanan, serta masyarakat sebagai pengguna layanan. Analisis dilakukan berdasarkan teori implementasi Edward III yang mencakup aspek komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi antara pemerintah desa dan masyarakat masih perlu ditingkatkan, terutama dalam edukasi bagi warga lanjut usia. Dari aspek sumber daya, tenaga kerja dan fasilitas telah memadai, tetapi ketiadaan anggaran khusus menjadi kendala utama. Sementara itu, petugas pelayanan menunjukkan sikap responsif dan struktur birokrasi telah berjalan sesuai prosedur. Penelitian ini merekomendasikan peningkatan sosialisasi berbasis pendekatan komunitas, optimalisasi pelatihan petugas, serta dukungan anggaran yang lebih konkret. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan adopsi SIPRAJA dan mendukung transformasi digital pelayanan publik di tingkat desa.

Keywords


SIPRAJA, implementasi kebijakan, pelayanan publik, Desa Balonggabus.

References


Abdul Aziz, S. (2016). Implementasi Kebijakan Pengembangan E-Government. Jurnal Kebijakan Publik, Volume 7, 1–98.

Agustino, L. (2006). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung. CV. Alfabeta, 7.

Amalia, Jihan Oktaviani. Putri, T. A. (2019). Perkembangan Asas Umum Pemerintahan yang Baik di Kecamatan Gringsing untuk Meningkatkan Penyelenggaraan Pemerintahan. Jurnal Pasopati, 1(2), 115.

Angraini. (2015). Penerapan E-Government Ditingkat Kabupaten (Case Study Kabupaten Pelalawan Riau). Jurnal Sistem Informasi (JSI), 7(2), 2355–4614. http://ejournal.unsri.ac.id/index.php/jsi/index

Edyanto, E., Agustang, A., Muhammad Idkhan, A., & Rifdan, R. (2021). Implementasi Kebijakan Otonomi Khusus (Otsus) Papua. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 5(4). https://doi.org/10.58258/jisip.v5i4.2577

Hanifah, N. (2014). Memahami Penelitian Tindakan Kelas: Teori dan Aplikasinya. Cetakan Pertama .Bandung: Gd. Percetakan dan Penerbitan.

Hanifah. R., & Choiriyah, I. U. (n.d.). Implementation of Sidoarjo Public Service System (SIPRAJA) in Tambaksumur Village, Waru District, Sidoarjo Regency [ Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoajo (SIPRAJA) di Desa Tambaksumur , Kecamatan Waru, Kabupaten Sidoarjo. 1–11.

Indiahono, D. (2017). Kebijakan Publik Berbasis Dynamic Policy Analysis. Yogyakarta: Gava Media.

Kartika, A., & Iskandar, D. (2021). Meneropong Penerapan E-Government Di Kabupaten Sidoarjo. Wacana: Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Interdisiplin, 276–282.

Kaspul, K., & Zulkarnaini, Z. (2022). Implementasi Penghapusan Aset Kendaraan Dinas Pemerintah Kota Pekanbaru. Policy and Social Review, 2(1), 33-36.

Mandala, E., Setyadiharja, R., & Nurul Mulyani, Jefri, Ri. R. (2016). Implementasi Kebijakan Tentang Penerbitan Surat Persetujuan Berlayar (SPB) (Studi Kasus di Kantor Syahbandar Dan Otoritas Pelabuhan Kijang). JIP (Jurnal Ilmu Pemerintahan) : Kajian Ilmu Pemerintahan Dan Politik Daerah, 1(2), 247–264. https://doi.org/10.24905/jip.1.2.2016.247-264

Maryam, N. S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik.

Mauliddia, A. N., & Hertati, D. (2023). Implementasi Kebijakan Perlindungan Kekerasan Seksual. Jurnal Kebijakan Publik, 15(2), 303-308.

Miles, M.B, Huberman, A.M, dan Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis, A Methods Sourcebook, Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press

Mohi, W. K., & Botutihe, N. (2020). Strategi Pemerintah Daerah dalam Meningkatkan Pelayanan pada Masyarakat Melalui Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik. Publik (Jurnal Ilmu Administrasi), 9(2), 115. https://doi.org/10.31314/pjia.9.2.115-124.2020

Mulyono. (2009). Model Implementasi Kebijakan George Edward III

Musaddad, A. A., Faizin Ahzani, W. K., Susilowati, M., & Arif, L. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation, 1(6), 206–213. https://doi.org/10.46799/jst.v1i6.76

Nugraha, Muldiyana. (2018). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Proses Pembelajaran. Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan UIN Banten: Tarbawi, 4, 27-44.

Nurrahman, A., Dimas, M., Ma’sum, M. F., & Ino, M. F. (2021). Pemanfaatan Website Sebagai Bentuk Digitalisasi Pelayanan Publik di Kabupaten Garut. Jurnal Teknologi dan Komunikasi Pemerintahan, 3(1), 78–95. https://doi.org/10.33701/jtkp.v3i1.2126

Ningtias, M. N. T., & Mursyidah, L. (2024). Implementation of Sidoarjo People’s Service System (SiPraja). Indonesian Journal of Public Policy Review, 25(1), 1–12. https://doi.org/10.21070/ijppr.v25i1.1365

Ridwan, M., & Nurhakim, S. (2014). Implementasi E-Government Dalam Mewujudkan Transparansi. XI, 403–422.

Putri, S. S., Yulianti, T., & Susiantoro, A. (2022). Implementasi Kebijakan Publik Melalui Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo Di Desa Tambak Sumur. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01), 281–285.

Sugiyono. (2013). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sulila, I. (2015). Implementasi Dimensi Layanan Publik Dalam Konteks Otonomi Daerah.Cetrakan Pertama. Yogyakarta: CV. Budi Utama.

Sumartono, S., Yuliani, F., & Zulkarnaini, Z. Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Penggerak Tingkat Sma Di Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 22(1), 65-77.

Syafiie, I. K. (2016). Sistem Administrasi Negara Republik Indonesia (SANRI). Bandung: PT. Bumi Aksara.

Syakira, A., & Zulkarnaini, Z. (2025). Efektivitas Pengembangan Program Ekoeduwisata Mangrove di Desa Pangkalan Jambi Kecamatan Bukit Batu Kabupaten Bengkalis. Innovative: Journal Of Social Science Research, 5(1), 2358-2367.

Veny Alfi Aprilia, H. S. (2023). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (Sipraja) Di Desa Banjarbendo Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. Jurnal Noken: Ilmu-Ilmu Sosial, 9(1), 1–10. https://doi.org/10.33506/jn.v8i2.2444

Widodo, J. (2010). Analisis Kebijakan Publik, Konsep dan Aplikasi Analisis Kebijakan Publik. Malang: Bayu Media.

Winarno, B. (2005). Teori & proses Kebiajakn Publik. Yogyakarta: Media Pressindo.

Winarno, B. (2016). Kebijakan Publik Era Globalisasi (Teori, Proses dan Studi Kasus Komparatif) (Cetakan Pe). Jakarta: PT. Buku Seru.

Yunaningsih, A., Indah, D., & Eryanto Septiawan, F. (2021). Upaya Meningkatkan Kualitas Layanan Publik Melalui Digitalisasi. Altasia: Jurnal Pariwisata Indonesia, 3(1), 9–16. https://doi.org/10.37253/altasia.v3i1.4336

Zulkarnaini, Z., Sadad, A., & Bedasari, H. (2023). Peningkatan Kompetensi Pengelola Arboretum Gambut Berbasis Eduwisata Di Kabupaten Bengkalis. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 153-157.

Zulkarnaini, Z. R., Nasution, M. S., Rinto, M., & Mashur, D. Policy Design For Peatland Management Based On Public-Private Partnership.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i4.8711

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.