PERAN PEMERINTAH MENINGKATKAN KUALITAS PROFIL PELAJAR PANCASILA

Deviana Nur Azizah, Dede Sri Kartini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran Pemerintah Kota Tangerang dalam melaksanakan Program Sekolah Penggerak guna meningkatkan kualitas Profil Pelajar Pancasila di sekolah dasar pada 2021-2023. Permasalahan utamanya adalah belum optimalnya pengimbasan nilai-nilai Profil Pelajar Pancasila pada ekosistem pendidikan secara luas. Faktor penyebab yang menghambat keberlangsungan peran pemerintah dalam penerapan Program Sekolah Penggerak adalah kurangnya pemahaman sumber daya manusia terkait pembelajaran paradigma baru, keterbatasan sarana prasarana, kesenjangan keterampilan teknologi, kurangnya anggaran, mindset pendidik yang sulit berubah, serta sebagian kepala sekolah yang mendekati masa pensiun. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teori peran pemerintahan yang mencakup lima aspek: pelayan masyarakat, fasilitator, pendamping, mitra, dan penyandang dana. Data dikumpulkan melalui studi literatur, studi lapangan, wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan informan dari Dinas Pendidikan Kota Tangerang, Kepala Sekolah Penggerak, Fasilitator, serta Wali Murid. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Kota Tangerang telah menjalankan perannya melalui penyediaan informasi, penguatan sarana prasarana, pelatihan guru, supervisi rutin, pengalokasian dana, serta kolaborasi dengan masyarakat dan instansi terkait. Hal ini berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan literasi, numerasi, dan karakter siswa, yang sejalan dengan tujuan Program Sekolah Penggerak dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila.

Keywords


Program Sekolah Penggerak; Peran Pemerintah; Profil Pelajar Pancasila

References


Abdoellah, A. Y., & Rusfiana, Y. (2016). Teori dan Analisis Kebijakan Publik. Alfabeta.

Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. Syakir Media Press.

Aditya, Y., Idris, A., & As, A. (2019). Peran Dinas Pendidikan dalam Program Penyelenggaraan Pendidikan Gratis di Sekolah Dasar Negeri 016 Kota Samarinda. EJournal Ilmu Pemerintahan, 7(1), 507–518.

Astawa, I. N. T. (2017). Memahami Peran Masyarakat dan Pemerintah dalam Kemajuan Mutu Pendidikan di Indonesia. Jurnal Penjaminan Mutu, 3(2), 197–205. https://doi.org/10.25078/jpm.v3i2.200

Astiti, K. A., Indrawan, P. A., & Bali, E. N. (2022). Empowering SDM Sekolah Penggerak Melalui Pembelajaran Berdiferensiasi. Journal of Social Empowerment, 3(7), 111–118. https://doi.org/10.21137/jse.2022.7.2.4

Budiman, J., Irfan, M., & Malino, T. M. M. (2022). Implementasi Program Sekolah Penggerak (PSP) Tahun 2021 di SDN 23 Menyumbung Kabupaten Sintang, Kalimantan Barat. JURNAL PENDIDIKAN DASAR PERKHASA: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 8(2), 87–104. https://doi.org/10.31932/jpdp.v8i2.1581

Hamid, H. (2020). Manajemen Pemerintahan Daerah. Garis Khatulistiwa.

Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan: Konsep, Teori dan Aplikasinya. Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (LPPPI).

Indra, M., Yuhanidah, H., Putri, A. N., Arifatunissa, M., Padli, H., Khasanah, U., Rakhman, F., Kurniawan, Y. J., Isnaini, M., Harahap, T. K., Trisnawati, S. N. I., & Hermawan, S. (2021). Merdeka Belajar Melalui Sekolah Penggerak. Tahta Media Group.

Khofifah, B., & Syaifudin, M. (2023). Analisis Kebijakan Pemerintah Mengenai Sekolah Penggerak. JIP (Jurnal Inovasi Penelitian), 3(8), 7405–7410.

Kuncoro, M. (2021). Otonomi & Pembangunan Daerah: Reformasi, Perencanaan, Strategi, dan Peluang. Penerbit Erlangga.

Nasution, A. F. (2023). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Harfa Creative.

Nursyamsudin, & Jaelani, M. N. G. (2021). Penguatan Literasi dan Numerasi. Direktorat Sekolah Menengah Atas.

Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4). https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237 ISSN

Rauf, R. (2018). Asas Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah (Dekonsentrasi, Desentralisasi, dan Tugas Pembantunya). Zanafa Publishing.

Ridha, A. (2016). Desentralisasi Pendidikan (Sebagai Upaya Pemerataan Pendidikan). El-Rusdy, 1(2), 127–148.

Sakdiah, H., Rahimi, A., Darlis, A., Ammar, S. A., & Daulay, D. A. (2023). Sekolah Penggerak Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 692–697.

Sari, D. C., Siregar, R. T., Silalahi, M., Butarbutar, M., Silitonga, H. P., Alam, H. V., Abidin, A. Z., Falimu, & Rahmat, A. (2020). Manajemen Pemerintahan. Ideas Publishing.

Sari, E. (2019). Manajemen Lingkungan Pendidikan: Implementasi Teori Manajemen Pendidikan pada Pengelolaan Lingkungan Sekolah Berkelanjutan. Uwais Press.

Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., Anitawati, Kandi, S., & Tracey, Y. H. (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Sihombing, U. (2001). Konsep dan Pengembangan Pendidikan Berbasis Masyarakat. In F. Jalal & D. Supriadi (Eds.), Reformasi Pendidikan dalam Konteks Otonomi Daerah (pp. 190–192). Adicita Karya Nusa.

Syafiie, I. K. (2020). Pengantar Ilmu Pemerintahan. PT Refika Aditama.

Syafi’i, F. F. (2021). Merdeka Belajar: Sekolah Penggerak. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DASAR “Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat 5.0,” 39–49.

Thahir, B. (2019). Kebijakan Sosial dan Otonomi Daerah. Jurnal Kebijakan Pemerintahan, 2(2), 91–102. https://doi.org/10.33701/jkp.v2i2.909

Zuchron, D. (2021). Tunas Pancasila 2021. Direktorat Sekolah Dasar dan Direktorat Jenderal PAUD, Dikdas dan Dikmen.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i4.8698

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.