JEJARING KEBIJAKAN DALAM MEWUJUDKAN KESETARAAN GENDER

Farina Mahmuda Rahadi, Bayu Priambodo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh isu kesenjangan gender dalam kehidupan publik terutama pada aspek pembangunan yang masih seringkali ditemukan baik di skala nasional, regional, maupun wilayah perkotaan. Surabaya menjadi salah satu kota yang masih mengupayakan terwujudnya kesetaraan gender dalam aspek pembangunan. Pemerintah Kota Surabaya melalui DP3APPKB Kota Surabaya telah merespon isu kesenjangan gender dengan membangun Policy Network dalam penyelenggaraan program KAS-RPA. Policy Network pada program KAS-RPA memiliki keterlibatan dari berbagai aktor mulai dari pemerintah, akademisi, komponen masyarakat, swasta, dan NGO. Penelitian ini ditulis bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan Policy Network dalam mewujudkan kesetaraan gender melalui program KAS-RPA di Kecamatan Rungkut. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian kualitatif-deskriptif yang memiliki fokus penelitian Policy Network menurut (Frans Van Waarden, 1992) yang dilihat dari 7 dimensi yaitu aktor, fungsi, struktur, pelembagaan, aturan bertindak, hubungan kekuasaan dan strategi aktor. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa Policy Network dalam mewujudkan kesetaraan gender melalui program KAS-RPA di Kecamatan Rungkut telah berjalan dengan baik namun tetap perlu dioptimalkan.

Keywords


Jejaring Kebijakan; KAS-RPA; Kesetaraan Gender

References


Abdullah, A., Rahmawati, A., Aisyah, R., Muhammad, M., Fuadi, M., & Ningsih, Y. (2024). Kampung ramah perempuan dan peduli anak RW 01 kelurahan Warugunung Surabaya: optimalisasi dan pendampingan. SELAPARANG: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 8(3), 2804–2814.

Arrohmati, L., & Pertiwi, V. (2024). Implementasi Program Kas-Rpa Kampung Asuh Dalam Mewujudkan Surabaya Kota Layak Anak. Journal Publicuho, 7(1), 10–19. https://doi.org/10.35817/publicuho.v7i1.303

BPS Kota Surabaya. (2021). Indeks Pembangunan Gender (IPG) Kota Surabaya Tahun 2020. Surabaya.

BPS Kota Surabaya. (2024, November). Keadaan Ketenagakerjaan Kota Surabaya Agustus 2024. Badan Pusat Statistik Kota Surabaya, pp. 1–11.

Carlsson, L. (2000). Policy Networks as Collective Action. Policy Studies Journal, 28, 502–520. Retrieved from https://api.semanticscholar.org/CorpusID:26377702

Carlsson, L., & Sandström, A. (2008). Network governance of the commons. International Journal of the Commons, 2(1), 33–54. Retrieved from https://about.jstor.org/terms

Darmawan, A. (2024, December 18). Jumlah Penduduk di Kota Surabaya Menurut Kategori Kelompok (Data 2024). Retrieved January 8, 2025, from databoks.katadata.co.id website: https://databoks.katadata.co.id/demografi/statistik/c97354cd852ed9e/data-bps-2024-21-47-penduduk-kota-surabaya-masih-anak-anak#:~:text=Jumlah%20penduduk%20di%20Kota%20Surabaya%20tercatat%203%2C02%20juta%20jiwa,lebih%20tinggi%20dibanding%20Desember%202021.

DM, M. Y., Yusuf, M. F. D., YD, S. Y. M., Zulkarnaini, Z., & Nasution, M. S. (2022). LAW ENFORCEMENT AGAINST THE CRIME OF BURNING PEAT LANDS IN RIAU PROVINCE. Kanun Jurnal Ilmu Hukum, 24(2), 234-247.

Dinas Pendidikan Kota Surabaya. (2015, August 31). Peringatan Hari Anak Nasional Pemkot Surabaya Ikrarkan Kampung Ramah Anak. Dinas Pendidikan Kota Surabaya. Retrieved from https://dispendik.surabaya.go.id/peringatan-hari-anak-nasional-pemkot-surabaya-ikrarkan-kampung-ramah-anak-2/

Dispendukcapil Kota Surabaya. (2022). Proyeksi Penduduk Kota Surabaya 2023 - 2031. Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya, pp. 1–22. Surabaya: Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya .

DP3APPKB Kota Surabaya. (2024). Buku Saku KAS-RPPA. Retrieved from https://dp3appkb.surabaya.go.id/

Frans Van Waarden. (1992). Dimensions and types of policy networks. European Journal of Political Research, 21(1–2), 29–52. https://doi.org/https://doi.org/10.1111/j.1475-6765.1992.tb00287.x

Handayani, D. (2018, September 20). Lomba Kampung Pendidikan Kampunge Arek Suroboyo, Apresiasi Kampung Peduli Anak. Suarasurabaya.Net. Retrieved from https://www.suarasurabaya.net/kelanakota/2018/Lomba-Kampung-Pendidikan-Kampunge-Arek-Suroboyo-Apresiasi-Kampung-Peduli-Anak/?amp

Harwika, D., & Sari, A. (2021). Perlindungan Hukum Terhadap Korban Pelecehan Seksual Di Kosan Umum (Studi Pada Wilayah Rungkut). DiH : Jurnal Ilmu Hukum, 17(2), 192–203. https://doi.org/10.30598/belovol6issue1page48-59

Hayati, & Supartiningsih, S. (2020). Buku Ajar Gender dan Pembangunan. Mataram: Mataram University Press.

Jaen Ermina. (2024, August 23). Roadshow Kampunge Arek Suroboyo, Wujudkan Pemberdayaan Anak dan Perempuan. Rri.Co.Id. Retrieved from https://www.rri.co.id/daerah/922990/roadshow-kampunge-arek-suroboyo-wujudkan-pemberdayaan-anak-dan-perempuan

Kurniawan, A. (2024). Panduan Pelaksanaan Kampunge Arek Suroboyo Ramah Perempuan dan Anak (KAS RPA) 2024 untuk Surabaya Kota Layak Anak dan Responsif Gender.

Kusuma, R., Purnomo, E., & Kasiwi, A. (2020). Analisis Upaya Kota Surabaya Untuk Mewujudkan Kota Hijau (Green City). Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 13–27.

Mahmudah, Zuhriatu, and Agus Widiyarta. "Peran LSM Dalam Penanganan Korban Kekerasan Seksual." Jurnal Kebijakan Publik 14.2 (2023): 220-226.

Miles & Huberman. (2014). Qualitative_Data_Analysis. SAGE.

Palulungan, L. (2020). Perempuan, Masyarakat Patriarki & Kesetaraan Gender (L. Palulungan, G. Kordi, & M. Ramli, Eds.). Makassar: Yayasan Bursa Pengetahuan Kawasan Timur Indonesia (BaKTI). Retrieved from www.batukarinfo.com

Putri, D., Wintari, I., & Pangestu, W. (2024). Strategi Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Kampunge Arek Suroboyo Ramah Perempuan Dan Anak (Kas-Rpa) Di Kota Surabaya. Senandika: Seminar Nasional Administrasi Publik Universitas Sultan Ageng Tirtayasa.

Rita Fiantika, F., Wasil, M., & Jumiyati, S. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif. Retrieved from www.globaleksekutifteknologi.co.id

Safitri, T. (2023, November 20). Pemkot Surabaya Terapkan KAS-RPA untuk Wujudkan Lingkungan Ramah Perempuan dan Anak. Jawapos.Com. Retrieved from https://www.jawapos.com/surabaya-raya/amp/013304486/pemkot-surabaya-terapkan-kas-rpa-untuk-wujudkan-lingkungan-ramah-perempuan-dan-anak

Sudirman, R., Thahir, T., & Suryadi, S. (2022). Jaringan Kebijakan Publik dalam Implementasi Program Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif Sikamaseang di Kabupaten Gowa. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 8(2), 207–222. https://doi.org/10.26618/kjap.v8i2.8369

Toriq, A. (2024, November 15). DPRD Surabaya Minta DP3APPKB Tekan Angka Kekerasan Perempuan dan Anak. Jatim.Nu.or.Id. Retrieved from https://jatim.nu.or.id/parlemen/dprd-surabaya-minta-dp3appkb-tekan-angka-kekerasan-perempuan-dan-anak-N4E0M

Yuliani, F., & Sadad, A. (2022). Peran Aktor Kebijakan Pada Networking Kebijakan Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan. Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 317-322.

Zulkarnaini, Z., & Gevisioner, G. (2021). Differences Perception And Interest In Peatland Management Policy. Jurnal Kebijakan Publik, 12(2), 65-72.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i4.8692

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.