STRATEGI PENGEMBANGAN ORGANISASI MELALUI BUSINESS MODEL CANVAS
Abstract
Sebagai organisasi yang menangani produksi semen beku untuk inseminasi buatan, UPT Inseminasi Buatan Ternak Provinsi Riau terus berbenah untuk mendukung pelaksanaan tugas dan fungsinya. Salah satu upaya pendekatan dalam membuat suatu pengembangan adalah dengan menggunakan model bisnis. Hal ini penting bagi UPT sebagai unit usaha yang menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) untuk merancang pengembangan layaknya seperti organisasi bisnis dengan sebaik mungkin. Analisis dilakukan dengan pendekatan Business Model Canvas (BMC) dengan mewawancara responden terkait dengan sembilan elemen BMC di UPT.IBT Provinsi Riau. Dari hasil analisis BMC tersebut kemudian dilanjutkan dengan analisis SWOT pada masing-masing elemen BMC untuk dilakukan penyempurnaan, dan kemudian dilakukan perumusan strategi pengembangannya. Hasil analisis mendapatkan bahwa UPT IBT perlu Peningkatan kompetensi pegawai baik yang akan mengelola sistem informasi yang ada di UPT.IBT ataupun kompetensi teknis terkait proses produksi semen beku. UPT.IBT mengusulkan dan mempersiapkan untuk menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) sehingga lebih leluasa dalam menggunakan anggaran sesuai kebutuhan dan dapat meminimalisir alokasi anggaran yang tidak tepat sasaran dan meminimalisir terlambatnya pembelian obat-obatan dan vitamin serta kebutuhan lainnya dalam rangka pemeliharaan Sapi Bull dan proses produksi semen beku. Perbaikan lainnya yaitu dengan diversifikasi produk layanan tidak hanya produksi semen beku sapi bali, tapi juga semen beku sapi jenis lainnya dan semen beku komoditas ternak lainnya seperti kambing, kerbau dan domba serta semen beku sexing.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Andi Kurniawan. 2021. Analisis Kesiapan Penerapan Kebijakan Badan Layanan Umum Daerah Pada Pelabuhan Perikanan Pantai Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Jurnal Good Governance 17(1). 1-18.
Becker J, Algermissen L, Niehaves B. 2006. A procedure model for process oriented e-goverment projects. Business process Management Journal 1(12): 61–75. https://doi. org/10.1108/14637150610643760
Carayannis EG, Sindakis S, Walter C. 2014. Business model innovation as level of organizational sustainability. Journal of Technology transformation 40: 85–104. https://doi. org/10.1007/s10961-013-9330-y
Darmawati A. 2007. Mengelola suatu perubahan dalam organisasi. Jurnal Ilmu Manajemen 3(1): 51–58.
Dian Lieska Ocviany, Aris Jama'an , Buce Akhmad Syafaat , Yulinda Yusar , Irawaty Akib , Agusta Deo Desmon , Joy Mitrady. 2023. Pendekatan Business Model Canvas untuk Menciptakan Peluang Bisnis Non-Diklat di BP3IP Jakarta. Jurnal Penelitian Transportasi Laut 25(2): 118-130.
Dudin MN, Lyasnikov NV, Leont'eva LS, Reshetov KJ, Sidorenko VN. 2015. Business model canvas as a basis for the competitive advantage of enterprise structures in the industrial agriculture. Biosci, Biotech, Res Asia 12(1): 887–894. https://doi. org/10.13005/bbra/1736
Freddy Rangkuti. (2014), Analisis SWOT: Teknik Membedah Kasus Bisnis, Cetakan 18 Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
Freddy Rangkuti. (2016), SWOT Balanced Scorecard, Cetakan 10, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama
Morris L. 2013. Business model warfare: The strategy of business breakthroughs. Journal of Business models 1(1): 13–37.
Nielsen C, Montemari M. 2012. The role of human resource in business model performance: the case of network-based companies. Journal of Human ResourceCostingandAccounting16(2):142–164. https://doi.org/10.1108/14013381211284254
Prahalad CK, Ramaswamy V. 2004. Co-creation experiences: the next practice in value creation. Journal of Interactive Marketing 18(3):5–14. https://doi.org/10.1002/dir.20015
Priyanto D. Strategi pengembangan usaha ternak sapi potong dalam mendukung program swasembada daging sapi dan kerbau tahun 2014. Jurnal Litbang Pertanian 30(3): 108–116.
Purhantara W. 2009. Organizational development based change management. Jurnal Ekonomi dan pendidikan 6(2): 154–166.
Qastharin AR. 2016. Business model canvas for social enterprise. Journal of Business and Economiscs. 7(4): 627–637.
Shafer SM, Smith HJ, Linder JC. 2005. The power of business models. Business Horizons 48(3):199–207.https://doi.org/10.1016/j. bushor. 2004.10.014
Slamet Hari Sutanto, 2018. Posisi Strategis dan Arah Pengembangan Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Menjadi Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) di Pemerintah Provinsi Jawa Timur. Jurnal Analisis Kebijakan dan Pelayanan Publik. 4(2) : 123-138
Sinfield JE, Calder B, Mcconnel, dan S Colson. 2012. How to identify new business models: systematical exploring alternative approaches to value creation can allow companies to find new oppurtunities for growth. Journal of MIT Sloan Management Review 53(2): 85–89.
Umar H. 2010. DesainPenelitianManajemenStrategik: Cara Mudah Meneliti Masalah-Masalah Manajemen Strategik untuk Skripsi, Thesis, dan praktik Bisnis. Jakarta: Rajawali Pers.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i3.8629
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.