EVALUASI KINERJA LAYANAN APLIKASI IDENTITAS KEPENDUDUKAN DIGITAL
Abstract
Layanan administrasi di Indonesia secara bertahap bertransformasi menjadi layanan berbasis digital, dengan memanfaatkan platform gawai (smartphone) yang mudah diakses oleh masyarakat. Salah satu inovasi tersebut adalah Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD). Berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 72 Tahun 2023, Aplikasi IKD merepresentasikan KTP-Elektronik secara digital serta menyediakan layanan administrasi di bidang kependudukan dan pencatatan sipil. Namun, tingkat adopsi Aplikasi IKD masih relatif rendah, yaitu hanya sekitar 0–15% dari total populasi di setiap provinsi di Indonesia. Selain itu, penilaian pengguna terhadap Aplikasi IKD di platform Play Store dan App Store juga belum memuaskan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengevaluasi kinerja layanan Aplikasi IKD berdasarkan dimensi-dimensi SERVQUAL, dengan studi kasus di Kota Depok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dimensi responsiveness dan assurance memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan masyarakat yang telah menggunakan Aplikasi IKD. Temuan ini mengindikasikan bahwa kecepatan dalam menyediakan dan menyampaikan layanan administrasi kependudukan, serta jaminan keamanan data dan kualitas layanan, merupakan aspek yang perlu diprioritaskan untuk ditingkatkan oleh penyedia layanan guna meningkatkan kepuasan masyarakat.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Badeuschi, A. (2019). Digital identity: Contemporary challenges for data protection, privacy and non-discrimination rights. Big Data & Society, 1 - 6.
https://doi.org/10.1177/2053951719855091
BBC. (2023, Juli 18). Ratusan juta data Dukcapil Kemendagri diduga bocor, pakar siber: 'Ini peretasan paling parah'. Diambil kembali dari BBC.com: https://www.bbc.com/indonesia/articles/c51v25916zlo
Bella, V. S., & Widodo, D. (2024). Implementasi Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Dalam Menunjang Pelayanan Publik Masyarakat Di Kecamatan Tambaksari. Jurnal SARAQ OPAT, 14-31.
https://doi.org/10.55542/saraqopat.v6i1.833
Creswell, J. W. (2014). Educational Research: Planning, Conducting and Evaluating Quantitative and Qualitative Research. 4th Edition. Essex: Pearson Education Limited.
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches 5th Edition. USA: SAGE Publications.
George, D., & Mallery, P. (2020). IBM SPSS Statistics 26 Step by Step: A Simple Guide and Reference. New York: Routledge.
https://doi.org/10.4324/9780429056765
Hair, J. F., Black, W. C., Babin, B. J., & Anderson, R. E. (2019). Multivariate Data Analysis. Hampshire: Cengage Learning.
Hidayat, R., Rahman, R. N., Perdana, R., & Arbansyah. (2024). Analisis Sentimen Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) Menggunakan Metode Naïve Bayes. Jurnal Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, 129-140.
Kenyon, G. N., & Sen, K. C. (2015). The Perception of Quality: Mapping Product and Service Quality to Consumer Perception. Beaumont: Springer.
https://doi.org/10.1007/978-1-4471-6627-6
Media Indonesia. (2023, Agustus 28). Sudah 4.748 Warga Depok ber-KTP Digital Ditargetkan 400 ribu pada 2023. Diambil kembali dari mediaindonesia.com: 2
Parasuraman, A., Zeithaml, V., & Berry, L. (1985). A Conceptual Model of Servie Quality and Its Implications for Future Research. Journal of Marketing, 41-50. Diambil kembali dari jstor.org:
https://doi.org/10.2307/1251430
Permana, A. (2022, April 13). Mengenal Sistem e-KYC: Manfaat dan Keuntungannya di Era Digital. Diambil kembali dari itb.ac.id: https://www.itb.ac.id/news/read/58560/home/mengenal-sistem-e-kyc-manfaat-dan-keuntungannya-di-era-digital
Romawati, A., Hendrati, I. M., & Wardaya, W. (2024). Peningkatan Cakupan Aplikasi Identitas Kependudukan Digital (IKD) di Kelurahan Wonorejo. Journal of Human and Education, 49-54.
https://doi.org/10.31004/jh.v4i1.515
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: ALFABETA.
Sullivan, C. (2018). Digital identity. From emergent legal concept to new reality. Computer Law & Security Review 34, 723.
https://doi.org/10.1016/j.clsr.2018.05.015
Tjiptono, F. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Yogyakarta: Penerbit Andi.
World Bank. (2022, 11 03). Principles on Identification for Sustainable Development : Toward the Digital Age (English). Diambil kembali dari worldbank.org: https://documents.worldbank.org/en/publication/documents-reports/documentdetail/213581486378184357/principles-on-identification-for-sustainable-development-toward-the-digital-age
Yuhefizar, Y., Utami, D., & Sudiman, J. (2022). An Importance Performance Analysis (IPA) Model: Review E-government Web Portal Quality of Service. Proceedings of the International Conference on Applied Science and Technology on Social Science 2022 (iCAST-SS 2022) (hal. 30 - 34). Samarinda: Atlantis Press.
https://doi.org/10.2991/978-2-494069-83-1_6
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i3.8628
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.