STUDI EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM INDONESIA PINTAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan evaluasi dari implementasi Program Indonesia Pintar di SMA Negeri 1 Kota Medan yang terdaftar di Dinas Pendidikan Provinsi Sumatera Utara. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara mewawancarai, mengamati dan mencatat dokumen yang berkaitan dengan penyelenggaraan program Indonesia Pintar. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan meninjau semua data yang dikumpulkan yang didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori yang dikemukakan oleh Dunn(2003) melalui indikator Brainstorming, Analisis Argumentasi, dan Survei Pemakai. Dari hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa Program Indonesia pintar dalam penyelenggaraannya harus lebih ditingkatkan dalam memverifikasi peserta yang mendaftar Program Indonesia Pintar, karena program ini masih terdapat fenomena kurang tepat sasaran dan ketidakmerataan dalam pemberian dana bantuan Program Indonesia Pintar. Penerima dana bantuan PIP pada SMAN 1 khususnya pada kelas X masih banyak yang belum mendapatkan dana bantuan Program Indonesia Pintar. Salah satu faktor yang mendukung ketidaktepatsasaran yakni Adanya faktor verifikasi data yang tidak sinkron. Sehingga, pada penerima PIP mendapatkan bantuan dana padahal siswa tersebut mampu. Kemudian adanya pemalsukan data yang diberikan calon peserta penerima dengan data yang sudah ada di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Alwasilah, A. C. (2007). Pokoknya menulis. PT. Kiblat BukuUtama.
Arief, I. S., & Zulkarnaini, Z. (2017). Evaluasi Pelaksanaan Program Raskin Dikelurahan Maharatu Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).
Dita, M. A., & Zulkarnaini, Z. Keberlanjutan Multidimensi Pengelolaan Arboretum Gambut. Jurnal Kebijakan Publik, 15(3), 402-407.
Dunn, W. N. (2003). Pengantar Analisis Kebijakan Publik.
Fajri, J., Nastasya, M., & Zulkarnaini, Z. (2024, December). Analisis Implementasi Kebijakan Pengelolaan Sampah Perkotaan: Studi Kasus Perspektif Stakeholder di Kota Pekanbaru. In PROSIDING SENADIKA: Seminar Nasional Akademik (Vol. 1, No. 1, pp. 355-363).
Lomban, B., Sambiran, S., & Waworundeng, W. (2023). Implementasi Program Kartu Indonesia Pintar Di SD Negeri Inpres Desa Kayuwatu Kecamatan Kakas Kabupaten Minahasa. Jurnal Eksekutif, 3(3).
Mahendra, M., & Zulkarnaini, Z. (2021). Implementasi Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Cross-border, 4(2), 623-636.
Milyan. (2023). Implementasi Kebijakan Program Kartu Indonesia Pintar Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan (Studi Pada Dinas Pendidikan Kabupaten Konawe). JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 5134–5324.
Nurfadila, N., Imfyan, H. D., & Zulkarnaini, Z. (2024, December). Efektivitas Kebijakan Penertiban Penambangan Emas Tanpa Izin Dalam Mengurangi Kerusakan Lingkungan Hidup di Kabupaten Kuantan Singingi. In PROSIDING SENADIKA: Seminar Nasional Akademik (Vol. 1, No. 1, pp. 916-926).
Nurrahmadani, S., & Zulkarnaini, Z. (2023). Efektivitas Kebijakan Peraturan Walikota Payakumbuh Nomor 18 Tahun 2021 Tentang Penerimaan Peserta Didik Baru. MOTEKAR: Jurnal Multidisiplin Teknologi dan Arsitektur, 1(2), 180-191.
Putri, I. S., Saragih, M. F., & Zulkarnaini, Z. (2024, December). Evaluasi Peraturan Bupati Karimun Nomor 40 Tahun 2018 Tentang Kebijakan dan Strategi Daerah dalam Pengelolaan Sampah di Kabupaten Karimun. In PROSIDING SENADIKA: Seminar Nasional Akademik (Vol. 1, No. 1, pp. 727-736).
Roestiyah. (2008). Strategi Belajar Mengajar. Rineka Cipta.
Santoso, H. M., Sarjono, Y., & Rohmah, W. (2014). Pengelolaan Bantuan Siswa Miskin Di Smp Muhammadiyah 8 Wonogiri. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 24(2).
Subhan, M., Zulkarnaini, Z., Meiwanda, G., & Putri, R. A. (2022). Analisis Peran Stakeholder dalam Program Siak Hijau di Kabupaten Siak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 439-454.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
Sumartono, S., Yuliani, F., & Zulkarnaini, Z. Implementasi Kebijakan Kurikulum Merdeka Pada Sekolah Penggerak Tingkat Sma Di Kabupaten Rokan Hilir. Jurnal Ilmu Administrasi Negara, 22(1), 65-77.
Suparman, E. (2020). Implementasi Kebijakan Tentang Program Indonesia Pintar Pada Sekolah Menengah Pertama Negeri 1 Salopa Di Dinas Pendidikan Dan Kebudayaan Kabupaten Tasikmalaya. Jurnal Syntax Transformation, 1(2), 18–26. https://doi.org/10.46799/jst.v1i2.14
Zulkarnaini, Z., & Gevisioner, G. (2021). Differences Perception And Interest In Peatland Management Policy. Jurnal Kebijakan Publik, 12(2), 65-72.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i4.8609
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 Jurnal Kebijakan Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.