RESPONSIVITAS PENANGANAN DRAINASE UNTUK PENANGGULANGAN BANJIR

Yuni Indah Sari, Asima Yanty Sylvania Siahaan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menelaah dan mendeskripsikan secara mendalam bagaimana responsivitas Dinas SDABMBK dalam memberikan pelayanan penanganan permasalahan drainase sebagai infrastruktur penanggulangan banjir di Kota Medan. Metode yang digunakan yaitu penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan triangulasi data sebagai teknik keabsahan data. Penelitian menggunakan teori responsivitas dengan indikator respon-sivitas dari Dwiyanto yang diantaranya yaitu pengaduan masyarakat, sikap aparat birokrasi dalam merespon penga-duan dari masyarakat, penggunaan pengaduan dari masyarakat sebagai referensi bagi perbaikan penyelenggaraan pelayanan masa mendatang, tindakan aparat birokrasi untuk memberikan kepuasan pelayanan kepada masyarakat, dan penggunaan jasa dalam sistem yang berlaku. Hasil penelitian menunjukan bahwa komunikasi ataupun interaksi secara langsung yang intens menjadi hal terpenting sebagai bentuk responsivitas dalam sikap aparat briokrasi merespon pengaduan masyarakat. Penggunaan teknologi saja seperti media sosial sebagai komunikasi secara tidak langsung dengan masyarakat dinyatakan masih kurang. Sehingga dalam merespon pengaduan masyarakat sangat diperlukan komunikasi atau interaksi secara langsung antara Dinas dengan masyarakat yang terdampak banjir. Selain itu berbagai tindakan dalam menjawab keluhan masyarakat juga menjadi hal terpenting sebagai bentuk responsivitas Dinas SDABMBK. Hal tersebut dapat dilihat dalam tindakan serta kegiatan perbaikan, peningkatan dan pembangunan infrastruktur saluran drainase yang mulai digencarkan pada tahun ini.


Keywords


Responsivitas; Drainase; Penanggulangan Banjir

References


Ainy, N. Z., & Rino Ardhian Nugroho. (2017). Responsivitas Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kota Surakarta dalam Menangan Keluhan Masyarakat Mengenai Pelayanan Penerangan Jalan Umum. Jurnal Administrasi Publik (JAP).

Herdini, F., & Widiyarta, A. (2020). Responsivitas Pelayanan Publik Dalam Menangani Keluhan Pelanggan Di Perusahaan Daerah Air Minum (Pdam) Kabupaten Nganjuk. Public Administration Journal of Research, 2(1).

Kartini, N. M., Mahsyar, A., & Ma’ruf, A. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Papa Sehat di SDN 81 Kalukubodo Kabupaten Takalar. Jurnal Unismuh, 1(3), 921–934. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index

Khoiriyah, L. S., & Alkadafi, M. (2020). Kinerja Organisasi Publik Dalam Mencapai Target Sasaran. Jurnal Kebijakan Publik, 11(2), 97-104.

Mahsyar, A. (2011). Masalah Pelayanan Publik di Indonesia Dalam Perspektif Administrasi Publik. Otoritas : Jurnal Ilmu Pemerintahan, 1(2), 81–90. https://doi.org/10.26618/ojip.v1i2.22

Mayarni, M., Meilani, N. L., & Zulkarnaini, Z. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 11-18.

Mashur, D., Zulkarnaini, Z., Sadad, A., Meiwanda, G., & Rusli, Z. (2023, December). Policy Development Corporate Social Responsibility (CSR) based on Village Sustainable Development Goals (SDGs) in Bukit Batu District Bengkalis Regency. In Iapa Proceedings Conference (pp. 132-153).

Putri, A. H. E. (2021). Responsivitas Pelayanan Dinas Pekerjaan Umum Dan Penataan Ruang Kota Surakarta Dalam Penanganan Permasalahan Prasarana Drainase Di Kelurahan Sewu, Kecamatan Jebres, Kota Surakarta. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik (JI@P), 10(1).

Putri, I. S., Saragih, M. F., & Zulkarnaini, Z. (2024, December). Evaluasi Peraturan Bupati Karimun Nomor 40 Tahun 2018 Tentang Kebijakan dan Strategi Daerah dalam Pengelolaan Sampah di Kabupaten Karimun. In PROSIDING SENADIKA: Seminar Nasional Akademik (Vol. 1, No. 1, pp. 727-736).

Ratna Kurniasih, D., & Parawangi, A. (2022). Responsivitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat Di Kepolisian Sektor Kecamatan Uluere Kabupaten Bantaeng. KIMAP: Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik, 3(2), 459–472. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index

Sofianti, M., Malik, I., & Elfiansyah Parawu, H. (2021). Responsivitas Pelayanan Pengaduan Masyarakat Di Kantor Kepolisian Sektor Alla Kabupaten Enrekang. Kajian Ilmiah Mahasiswa Administrasi Publik (KIMAP), 2(4), 1195–1214. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/kimap/index

Solenski, V., Andri, S., & Zulkarnaini, Z. (2024). Kinerja Sumber Daya Aparatur RSUD Arifin Achmad Provinsi Riau. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(4), 5372-5379.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.

Suripin. (2004). Sistem Drainase Perkotaan yang Berkelanjutan. Andi.

Vairza, O. (2022). Responsivitas Dinas Pariwisata dalam Pengembangan Wisata Pemandian Pulau Batu Kota Pematang Siantar. Universitas Sumatera Utara.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i4.8607

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2025 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.