OPTIMALISASI PENGAWASAN LARANGAN IMPOR PAKAIAN BEKAS
Abstract
Permasalahan impor pakaian bekas di Kota Tanjung Balai menyebabkan pelaku UMKM dan industri tekstil terancam gulung tikar karena kalah saing dengan barang bekas. Pemerintah melalui Kementerian Perdagangan telah melarang impor pakaian bekas sebagai respons terhadap protes tersebut, namun kebijakan ini belum berjalan efektif. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pengawasan kebijakan larangan impor pakaian bekas demi melindungi pelaku UMKM dan industri tekstil di Kota Tanjung Balai. Untuk itu, penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Selain itu, penelitian ini juga menggunakan studi literatur sebagai sumber data dan analisis data dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengawasan larangan impor pakaian bekas di Kota Tanjung Balai belum optimal karena standar pelaksanaan yang belum memadai, kurangnya transparansi informasi, dan wewenang penindakan yang belum jelas. Untuk meningkatkan pengawasan, disarankan untuk mengatur wewenang pengawasan secara sentral, meningkatkan transparansi informasi, serta memperkuat tenaga, sarana, dan sanksi yang diperlukan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif. CV. Syakir Media Press.
Amanda, N. S., & Aslami, N. (2022). Analisis Kebijakan Perdagangan Internasional. Journal Economy and Currency Study (JECS), 4(1), 14–23. https://doi.org/10.51178/jecs.v4i1.358
Anugrah, A. R. S. (2023). Sinkronisasi Kebijakan Kelapa Sawit Berkelanjutan. Jurnal Kebijakan Publik, 14(3), 319–319. https://doi.org/10.31258/jkp.v14i3.8310
Apriliyanti, R., Ayuni, R. D., Sari, S., Novianti, L. D., & Kuncoro, D. (2023). Sosialisasi Ekonomi Kreatif Berbasis Digital: Strategi Promosi Produk Lokal Bagi Komunitas Kreatif Banjarbaru. SWARNA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(6), 693–700. https://doi.org/10.55681/swarna.v2i6.643
Arifah, R. N. (2016). Kendala-Kendala Pencegahan Perdagangan Pakaian Bekas Impor di Kota Malang. Journal de Jure, 7(1), 89. https://doi.org/10.18860/j-fsh.v7i1.3513
Asnah, A., & Sari, D. (2020). Perekonomian Indonesia (Indonesian Economy). SSRN Electronic Journal. https://doi.org/10.2139/ssrn.3551583
Baladiah, R. S. P., & Silviana, A. (2023). Peran Direktorat Jenderal Bea dan Cukai Bandar Lampung Terhadap Larangan Impor Pakaian Bekas. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 23(1), 900–900. https://doi.org/10.33087/jiubj.v23i1.2905
Birahayu, D. B. (2020). Penegakan Hukum terhadap Penyelundupan Pakaian Bekas . Perspektif Hukum, 20(1), 156–167. https://doi.org/10.30649/ph.v20i1.81
Creswell, J. W. (2014). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches (4th ed.). Sage Publications Ltd.
Fauzi, I., Ikhsan, F., & Triristina, N. (2021). Dampak Garmen Impor Bekas Terhadap Daya Beli Produk Garmen Lokal : (Jual beli Garmen Impor Bekas Dengan Garmen Indonesia Tahun 2018 – 2019). NiCMa: National Conference Multidisplinary , 1(1), 46–57.
Hidayat, N., Surya, A., Restina, R., & Purwaningsih, T. (2022). Penguatan Literasi Digital Untuk Meningkatkan Umkm Dalam Mendukung Desa Wisata Di Cirumpak Kabupaten Tangerang. Kreatif, 2(4), 106–115. https://doi.org/10.55606/kreatif.v2i4.765
Khairiyah, N., & Zulkarnaini, Z. (2021). Efektivitas Pelaksanaan Program Satu Keluarga Satu Sarjana Oleh Baznas di Kabupaten Kampar. Ministrate: Jurnal Birokrasi dan Pemerintahan Daerah, 3(3), 258-266.
Kholim, F. A., Angelia, A., & Naelayara, S. A. (2023). Juridical Review of the Trade in Imported Used Clothing and Its Relationship to Consumer Protection Law (Case Study at Mangga Dua Shopping Center). AURELIA Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Masyarakat Indonesia, 2(2), 1225–1232. https://doi.org/10.57235/aurelia.v2i2.727
Putri, M. R., & Sienarta, K. B. (2023). Pemediasian Antara Pengaruh E-Wom Terhadap Repurchase Intention Dengan Mediasi Brand Image Pada Produk Skincare Merek Lokal Indonesia Yang Ada Di E-Commerce. Parsimonia: Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Bisnis/PARSIMONIA : Jurnal Akuntansi, Manajemen, Dan Bisnis, 10(2), 100–109. https://doi.org/10.33479/parsimonia.v10i2.779
Qurrotaayun, B., Putri, M. L. E., Ferdiansyah, Y. P., & Wikansari, R. (2024). Dampak Pelarangan Impor Pakaian Bekas (Thrift) terhadap Pedagang di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1326–1337. https://doi.org/10.31004/jptam.v8i1.12557
Rahman, R. A. (2024). Digital Marketing Communication Strategies In The Era Of Disruption. Jurnal Kebijakan Publik, 15(2), 261–266. https://jkp.ejournal.unri.ac.id/index.php/JKP/article/view/8522/7017
Rahmawati, D., & Nawangsari, E. R. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Pada UMKM Kampung Kue. Jurnal Kebijakan Publik, 14(4), 507–507. https://doi.org/10.31258/jkp.v14i4.8348
Rapii, M., Jailani, H., & Utomo, D. P. (2022). Perekonomian Indonesia. CV Jejak (Jejak Publisher).
Setiyani, D., Destyarini, N., & Prastyanti, R. A. (2023). Law Enforcement Against Imported Used Clothing Trade Prohibition at Hartono Trade Center. Al-Manhaj/Al-Manhaj : Jurnal Hukum Dan Pranata Sosial Islam, 5(2), 1767–1778. https://doi.org/10.37680/almanhaj.v5i2.3432
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan : (pendekatan kuantitatif, Kualitatif Dan R & D). Alfabeta.
Tumangger, A. I. (2023). Strategi Adaptasi Pengusaha Thrifting Menghadapi Larangan Impor Pakaian Bekas. Jurnal Multidisiplin Indonesia, 2(9), 3076–3087. https://doi.org/10.58344/jmi.v2i9.581
Vara, R., & Gultom, E. R. (2023). Larangan Jual Beli Pakaian Bekas Impor (Thrift) oleh Pemerintah Ditinjau dari Perspektif Negara Kesejahteraan. Indonesia Berdaya, 4(3), 1137–1146. https://doi.org/10.47679/ib.2023534
Widiastini, N. M. A., Rahmawati, P. I., & Arsa, I. K. S. (2023). Menjaga Keberlanjutan Produk Lokal dan Keuangan Keluarga: Peran Perempuan Sebagai Penganyam Bambu di Desa Sidetapa Buleleng Bali Utara. Jurnal Kajian Bali, 13(1), 153–153. https://doi.org/10.24843/jkb.2023.v13.i01.p08
Zain, H. M., & Agustin, D. A. C. (2023). Kebijakan Pemerintah Terkait Larangan Impor Baju Bekas (Analisis Framing pada Tempo.co dan Media Indonesia). Promedia (Public Relation Dan Media Komunikasi), 9(2). https://doi.org/10.52447/promedia.v9i2.7202.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i3.8584
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.