ELEMEN KEBERHASILAN E-GOVERNMENT PADA APLIKASI GRESIKPEDIA

Arinal Haq, Arimurti Kriswibowo

Abstract


Kabupaten Gresik memiliki inovasi berbasis e-government yaitu aplikasi Gresikpedia dan berhasil mendapatkan penghargaan pada kategori website pemkab terbaik dalam acara Beritajatim Digital Award. Aplikasi Gresikpedia juga telah berhasil menurunkan angka pengangguran di Kabupaten Gresik secara berturut-turut dari tahun 2020 hingga 2023, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana elemen keberhasilan e-government pada aplikasi Gresikpedia di bidang ketenagakerjaan Kabupaten Gresik. Pendekatan pada penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan studi kasus yang dijabarkan secara deskriptif. Pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah teori elemen keberhasilan e-government menurut Mohsen A. Khalil, Bruno D. Lanvin dan Vivek Chaudhry (2002) yang terdiri dari lima elemen yakni reformasi proses, kepemimpinan, investasi strategis, kolaborasi dan keterlibatan masyarakat. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan aplikasi Gresikpedia sudah berhasil diterapkan dengan baik. Hal ini dikarenakan hanya dua aspek yang menunjukkan hasil yang masih kurang yaitu pada elemen kolaborasi dan elemen keterlibatan masyarakat. Sehingga hal tersebut masih menjadi tantangan untuk Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik agar dapat memberikan perhatian khusus terhadap kedua elemen tersebut agar penyelenggaraan e-government melalui aplikasi Gresikpedia dapat berjalan lebih optimal. Penelitian ini diharapkan menjadi pertimbangan untuk Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik agar dapat meningkatkan kolaborasi secara formal dengan berbagai pihak yang berkepentingan untuk mendapatkan masukan yang lebih bervariasi serta dukungan yang lebih kuat dalam pengembangan aplikasi Gresikpedia dan dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dalam proses evaluasi dan pengembangan aplikasi Gresikpedia agar dapat memastikan sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Keywords


Inovasi, pelayanan publik, pemerintahan elektronik, Gresikpedia

References


Abdussamad, Z. (2021). Metode Penelitian Kualitatif (P. Rapanna (ed.)). CV. Syakir Media Press.

Alim, M. S., & Ibrahim, R. (2024). Optimalisasi Kualitas Pelayanan Publik di Era Digital Desa Moluo Kab. Gorontalo Utara. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 4(2), 3793–3802.

Arnas, Y., & Zulkarnaini, Z. (2021). Inovasi Jemput Layani Penderita TBC (Jelita TBC) di Puskesmas Rambah Samo I Kabupaten Rokan Hulu. Cross-border, 4(2), 656-672.

Chofifah. (2023). Tren Positif! Tingkat Pengangguran di Gresik Terus Menurun dalam 3 Tahun Terakhir. Gresiksatu.Com. https://www.gresiksatu.com/author/chofifahqn/

Cook, G., Matthews, M., & Irwin, S. (2009). Innovation in the Public Sector: Enabling Better Performance, Driving New Directions. ACT: Australian National Audit Office.

Fadilla, A. N., & Meirinawati. (2016). Inovasi Layanan Informasi Perkara Gerbang Pesan Singkat (Gps) Dalam Rangka Meningkatkan Kualitas Pelayanan Di Pengadilan Agama Mojokerto. Ilmu Administrasi Negara, FISH, UNESA, 4(10), 1–9.

Febiyanti, S. Y., & Kriswibowo, A. (2023). Evaluasi Electronic Government Dalam Meningkatkan Kinerja Pelayanan Publik. PUBLIC POLICY (Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis), 4(2), 301–312.

Gioh, A. (2021). Pelayanan Publik E-Government Di Dinas Komunikasi Informatika Kabupaten Minahasa. Jurnal Politico, 10(1), 1–14.

Irma, Y. A., & Zulkarnaini, Z. (2022). Efektivitas Pelayanan Publik Pada Layanan Oke Masyarakat Keliling (Lomak) di Kecamatan Rumbai Barat Kota Pekanbaru. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 530-539.

Kabupaten Gresik. Peraturan Bupati Gresik Nomor 23 Tahun 2021 Tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik Dalam Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah, 31 (2021). Gresik.

Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi. Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia Nomor 15 Tahun 2014 tentang Pedoman Standar Pelayanan, 14 (2014). Jakarta.

Khalil, M. A., Lanvin, B. D., & Chaudhry, V. (2002). The E-Government Hanbook for Developing Nations. In The World Bank (Issue November).

Kurnia, S. D., & Zulkarnaini, Z. (2022). Inovasi Siap Nikah Kartu Keluarga Selesai Dibuat (Sini Kakek Seleb) Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Payakumbuh. Jurnal Hukum, Politik Dan Ilmu Sosial, 1(4), 116-128.

Kurniawati, M., & Prastyawan, A. (2023). Evaluasi Program Aplikasi Gresikpedia di Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Gresik Evaluation of the Gresikpedia Application program at the Gresik Disrict Communication and Information. 1, 327–340.

Laili, S. N., & Kriswibowo, A. (2022). Elemen Sukses Penerapan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan. Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 295.

Moleong, L. J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif (Revisi). PT. Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Pusat. Undang-undang (UU) Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik, 32 (2009). Jakarta.

Pemerintah Pusat. Peraturan Presiden Nomor 95 Tahun 2018 tentang Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, 110 (2018). Jakarta.

Peraturan Wali Kota Probolinggo Nomor 107 Tahun 2021 Tentang Sistem Informasi Probolinggo Smart Digital Melayani Masyarakat Di Lingkungan Pemerintah Kota Probolinggo, 9 (2021).

Rozikin, M., Hesty, W., & Sulikah, S. (2020). Kolaborasi dan E-Literacy: Kunci Keberhasilan Inovasi E-Government Pemerintah Daerah. Jurnal Borneo Administrator, 16(1), 61–80.

Sellfia, N. R., Dayat, U., & Aryani, L. (2022). Inovasi pelayanan publik berbasis e-government dalam aplikasi sampurasun Purwakarta. Kinerja, 18(4), 590–598. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.10363

Setiawati, W. (2023). Peran Teknologi Informasi dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Bandung. Grin: Gerbang Riset Inovasi, 1(2), 78–84.

Sitompul, N. R., & Widiyarta, A. (2023). Penerapan Aplikasi Salaman (Selesai dalam Genggaman) dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan di Kota Bandung. NepRespublica: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 5(1), 220–230.

Susanto, D., Puspita, I., & Pramono, T. (2021). Kualitas Pelayanan Publik melalui Aplikasi SAKTI. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Administrasi Negara, 5(2), 227–238.

Syahdilla, N. R., & Zulkarnaini, Z. (2022). Inovasi Pelayanan Pajak Melalui Smart Tax Di Bapenda Kota Pekanbaru. Cross-border, 5(2), 1461-1468.

Umarsyah, D., & Zulkarnaini, Z. (2021). Tipologi Inovasi Sistem Pelayanan Kependudukan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik, 3(3), 180-188.

United Nation E-Government Knowledgebase. (2022). Ranking Indonesia dalam E-Governmnent Development Index. Publicadministation.Un.Org. https://publicadministration.un.org/egovkb/en-us/Data/Country-Information/id/78-Indonesia

Wibowo, A. F., & Fanida, H. E. (2019). Inovasi Pengaduan Online Melalui Apalan ( Aplikasi Layanan Pengaduan Pengguna Jalan ). Publika Administrasi Negara, 7(4), 1–8.

Wiranti, N. E., & Adnan, M. F. (2023). Kolaborasi Pemerintah dan Masyarakat dalam Pengawasan Administrasi Publik melalui SP4N-LAPOR. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 8(4), 4180–4186.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i3.8512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.