E-READINESS AKTOR PELAKSANA DALAM PENERAPAN NING YAONAH

Shofwatun Nailul Isti'anah, Bagus Nuari Harmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis e-readiness Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang dalam penerapan NING YAONAH sehingga dapat diketahui faktor-faktor yang perlu diperbaiki guna meningkatkan kualitas layanan. Metode penelitian yang digunakan adalah mixed method dengan desain explanatory sequential. Sampel dalam penelitian ini adalah 35 pegawai yang terlibat langsung dalam pelayanan NING YAONAH yaitu Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil dan Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas dan 2 pegawai yang paling mengetahui tentang NING YAONAH. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah survey, wawancara, dan studi kepustakaan. Teknik analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan model analisis data interaktif. Penelitian ini juga menggunakan pemeringkatan e-government readiness Center for International Development Harvard University (2019) yang terdiri dari empat kategori yaitu belum siap, cukup siap, siap, dan sangat siap. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jombang siap dalam penerapan NING YAONAH, dilihat dari penilaian e-government readiness Al-Osaimi et al menggunakan framework STOPE dengan lima domain penilaian yaitu 1) strategy, e-readiness berkategori siap namun perlu roadmap TIK sebagai petunjuk arah mewujudkan rencana strategis 2) technology, e-readiness berkategori siap namun masih diperlukan sosialiasi secara menyeluruh, software yang ter-upgrade, evaluasi terukur, serta peningkatan kualitas dan kuantitas sumber daya manusia 3) organization, e-readiness berkategori siap namun perlu landasan hukum secara khusus mengenai NING YAONAH dan kebijakan manajemen risiko 4) people, e-readiness berkategori siap namun tetap diperlukan peningkatan kemampuan TIK pegawai kedepannya dan mendorong pegawai untuk memperoleh sertifikasi TIK 5) environment, e-readiness berkategori siap namun perlu peningkatan kemampuan berbahasa inggris pegawai dan dibentuknya unit penelitian dan pengembangan.


Keywords


E-Government, E-Readiness, Framework STOPE, NING YAONAH

References


Abidin, R. J., Irfan, M., Alam, C. N., & Azis, M. A. (2021). Level of readiness of users of integrated information systems at UIN Sunan Gunung Djati Bandung using framework Strategy, Technology, Organization, People, Environment (STOPE). IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 1098(3), 1–6. https://doi.org/10.1088/1757-899x/1098/3/032112

Andhika, J. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Bagi Penyelenggaraan Pelayanan Publik. Ombudsman.Go.Id. https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--dampak-pandemi-covid-19-bagi-penyelenggaraan-pelayanan-publik

Chaharani, N. A., Adi, T. P., & Hasmi, D. L. (2020). Penerapan Aplikasi Pendaftaran Antrian Paspor Online (Apapo) Dalam Perspektif E-Government. Jurnal Kebijakan Publik, 11(2), 55–112. https://doi.org/10.31258/jkp.11.2.p.83-88

CID Harvard. (2019). Readiness for Networked World A Guide for Developing Countries. 1–22. http://unpan1.un.org/intradoc/groups/public/documents/APCITY/UNPAN004060.pdf

Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. In SAGE Publications.

Dispendukcapil Kabupaten Jombang. (2022). Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKjIP) Tahun 2022.

Dispendukcapil Kabupaten Jombang. (2024). Layanan Online Untuk Dispenduk Capil Kabupaten Jombang. https://dukcapil.jombangkab.go.id/yaonah/

Fibrian, I. D., & Prihandoko. (2019). Analisis Readiness Sistem Informasi Kepegawaian. SAINTEKBU: Jurnal Sains Dan Teknologi, 11(2), 45–54. https://doi.org/10.32764/saintekbu.v11i2.356

Irawati, I., & Munajat, E. (2018). Electronic government assessment in West Java Province, Indonesia. Journal of Theoretical and Applied Information Technology, 96(2), 365–381.

Irene, K., & Zuva, T. (2018). Assessment of E-Learning Readiness in South African Schools. 2018 International Conference on Advances in Big Data, Computing and Data Communication Systems, IcABCD 2018, Mcl, 1–7. https://doi.org/10.1109/ICABCD.2018.8465444

Kausar, S., Said, M. M., & Sekarsari, R. W. (2022). E-Readiness Dalam Penerapan Online Single Submission (OSS) Di Kota Malang (Studi Kasus pada Dinas Tenaga Kerja, Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DISNAKER PMPTSP) Kota Malang). Jurnal Respon Publik, 14(8), 26–34.

Keramati, A., Behmanesh, I., & Noori, H. (2018). Assessing the impact of readiness factors on e-government outcomes: An empirical investigation. Information Development, 34(3), 222–241. https://doi.org/10.1177/0266666916685603

Lengkong, O., Likuayang, K., & Rondonuwu, G. (2023). Pengukuran E-Readiness Menggunakan Framework Stope Pada Penerapan Tilang Elektronik Kota Manado. Jurnal TeIKa, 13(1), 87–98.

Mayarni, M., Meilani, N. L., & Zulkarnaini, Z. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 11-18.

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Kebijakan: Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112. https://www.journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/view/2898%0Ahttps://www.journal.unpas.ac.id/index.php/kebijakan/article/download/2898/1285

Nugroho, R. A. (2020). Kajian Analisis Model E-Readiness Dalam Rangka Implementasi E-Government. Masyarakat Telematika Dan Informasi : Jurnal Penelitian Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 65–78. https://doi.org/10.17933/mti.v11i1.171

Nugroho, R. A., & Purbokusumo, Y. (2020). E-Government Readiness: Penilaian Kesiapan Aktor Utama Penerapan E-Government di Indonesia. Iptek-Kom, 22(1), 1–17.

Pramono, S. E. (2021). Kajian Kesiapan (E-Readiness) Kecamatan Dalam Penerapan E-Government Kota Semarang. Jurnal Riptek, 15(2), 8–18. https://doi.org/10.35475/riptek.v15i2.131

Rohmatin, B. (2020). Tetap Melayani saat Pandemi Covid-19, Disdukcapil Jombang Go Digital. Radarjombang.Jawapos.Com. https://radarjombang.jawapos.com/politik-pemerintahan/66991965/tetap-melayani-saat-pandemi-covid19-disdukcapil-jombang-go-digital?page=2

Rudiansyah, Y. A., Argenti, G., & Febriantin, K. (2022). Kualitas pelayanan administrasi kependudukan pada masa pandemi covid 19 di dinas kependudukan dan pencatatan sipil. Kinerja, 18(4), 513–520. https://doi.org/10.30872/jkin.v18i4.9837

Saputri, & Meirinawati. (2022). Inovasi Pelayanan Ning Yaonah (Nikmatnya Ngantri Dan Pelayanan Online Mudah) Untuk Menciptakan Kepuasan Masyarakat Oleh Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Jombang. Publika, 123–134. https://doi.org/10.26740/publika.v10n1.p123-134

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Penerbit Alfabeta.

Sukma, R. M. (2021). Ning Yaonah Permudah Urusan Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Majalahsuarapendidikan.Com. https://www.majalahsuarapendidikan.com/2021/11/ning-yaonah-permudah-urusan.html

Syabrina, E., Dani, R., Afriyanni, & Gevisioner. (2022). Kesiapan Penerapan Sistem Pembayaran Retribusi Pelayanan Persampahan/Kebersihan (Rpp/K) Non Tunai Readiness for Implementation of the Non-Cash Waste/Cleather Service Retribution (Rpp/K) Payment System. Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 216–222. https://jkp.ejournal.unri.ac.idhttps//jkp.ejournal.unri.ac.id

Syahputri, T. D. Y., Githa, D. P., & Pratama, I. P. A. E. (2021). E-Readiness of Integrated Information Systems Using STOPE Framework in Udayana University. Jurnal Ilmiah Merpati (Menara Penelitian Akademika Teknologi Informasi), 9(1), 13–22. https://doi.org/10.24843/jim.2021.v09.i01.p02

Syamsuddin, R., & Fuady, M. I. N. (2020). Upaya Penguatan Badan Penelitian dan Pengembangan serta Inovasi Daerah di Kota Palopo. Jurnal Wawasan Yuridika, 4(1), 63–79. https://doi.org/10.25072/jwy.v4i1.326

Syahdilla, N. R., & Zulkarnaini, Z. (2022). Inovasi Pelayanan Pajak Melalui Smart Tax Di Bapenda Kota Pekanbaru. Cross-border, 5(2), 1461-1468.

Umarsyah, D., & Zulkarnaini, Z. (2021). Tipologi Inovasi Sistem Pelayanan Kependudukan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik, 3(3), 180-188.

Zubaidah, E., Monalisa, Rusadi, S., & Handoko, T. (2024). E-Readiness Analysis to Accelerate Transformation Towards E-Government in Regional Government in Indonesia. Jurnal Bina Praja, 16(1), 37–53.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i3.8505

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.