IMPLEMENTASI PROGRAM PENANGANAN PENGADUAN LAYANAN PUBLIK

Ayu Oktavianingrum, Agus Widiyarta

Abstract


Penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui Implementasi Program Penanganan Pengaduan “Sambat Nang Cak Eri” dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik di Kelurahan Semolowaru Kota Surabaya yang merupakan salah satu kanal pengaduan yang dibuat dalam perwujudan hak masyarakat sebagai penikmat pelayanan publik. Dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Pemilihan informan adalaha key informan Lurah dan fasilitator program penanganan pengaduan serta informan lain yang masih terkait dengan lingkup kinerja pelayanan. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, sedangkan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa implementasi pelaksanaan yang dilakukan oleh penyelenggara dalam pencapaian target peningkatan kualitas pelayanan publik telah berjalan sesuai dengan 3(tiga) elemen indikator dari David C. Korten, sebagai berikut:1). Elemen program, kesesuaian keseimbangan antara kejelasan strategi yang digunakan kepada warga dalam mencapai tujuan serta harapan dari masyarakat yang tertuang.  2). Elemen pelaksana program, kesesuaian antara program dan organisasi pelaksana. artinya koordinasi antara tugas yang diberikan dengan kemampuan organisasi dalam melaksanakannya harus semaksimal mungkin dan 3). Elemen kelompok sasaran, tujuan program dan hasil yang ditetapkan oleh organisasi pelaksana harus selaras agar tujuan program dapat etrcapai. Pengukuran melalui ketiga indikator telah menghasilkan temuan telah adanya kesesuaian ketiga indikator elemen penelitian. Sehingga penelitian ini diharapkan menjadi temuan baru bahwa layanan pengaduan yang diadakan pemerintah yang dapat menjadi satu bentuk komitmen dalam melihat kualitas pelayanan publik yang terjadi.


Keywords


Implementasi program, penanganan pengaduan, Sambat Nang Cak Eri

References


A. Mandolang, Yosua, Florance Daicy Lengkong, and Salmin Dengo. 2019. “Implementasi Program Keluarga Harapan Di Kecamatan Ranoyapo Kabupaten Minahasa Selatan.” Jurnal Administrasi Publik 5(79): 1–8.

Agung Barok Pratama, Arina Manasikana, Nurul Auliya Fadzlina. 2023. “Efektivitas Layanan Aduan Lapor Bupati Berbasis E-Government Di Kabupaten Pekalongan.” Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik & Bisnis 4(1): 78–96. https://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj/article/view/120%0Ahttps://stia-saidperintah.e-journal.id/ppj/article/download/120/81.

Along, Antonius. 2020. “Kualitas Layanan Administrasi Akademik Di Politeknik Negeri Pontianak.” Jurnal Ilmiah Administrasi Publik 006(01): 94–99.

Andriansyah, Prof, and M Si. 2021. Inovasi Pelayanan Publik Di Era Pandemi COVID-19 Inovasi Pelayanan Publik Di Era Pandemi COVID-19.

Ardina Prafitasari dan Ferida Asih Wiludjeng. 2016. “Jurnal Translitera.” Jurnal Trnslitera (Js)) 2 (1): 31–48.

Berlianto, A., & Muljanto, M. A. (2024). Implementasi Program" Paling Jempol" KTP Untuk Pemula. Jurnal Kebijakan Publik, 15(2), 254-260.

Connolly, D. T., and S. B. Oppenheimer. 1975. “Cell Density-Dependent Stimulation of Glutamine Synthetase Activity in Cultured Mouse Teratoma Cells.” Experimental Cell Research 94(2): 459–64.

Dzulqarnain, Ghulam Zakiyyan, Dine Meigawati, and Yana Fajar Basori. 2022. “Implementasi Program Sustainable Development Goals ( SDGs ) Dalam Upaya Penanggulangan Kemiskinan Di Kota Sukabumi.” PROFESSIONAL: Jurnal Komunikasi & Administrasi Publik 9(1): 109–16.

Fatmawati, D. 2017. “Aplikasi Pengaduan Masyarakat Kota Jember Menggunakan Gps Berbasis Android.” (1310651059). http://repository.unmuhjember.ac.id/603/%0Ahttp://repository.unmuhjember.ac.id/603/1/15. ARTIKEL.pdf.

Gunadi, A., & Rusli, Z. (2022). Implementasi Program Pengembangan Pariwisata. Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 260-266.

Henry Restu Putra, Yusuf Pebrianto, Tiris Sudrartono. 2022. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Masyarakat Dalam Pembuatan Keterangan Ahli Waris Di Kantor Kecamatan Banjaran Kabupaten Bandung.” Management Studies and Entrepreneurship Journal 3(3): 1984–1903. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej.

Herman, Achmad, Anita Pahlevi, and Yulianti Said. 2016. “済無No Title No Title No Title.” Kanal 3: 1–23.

Indonesia, Republik. 2009. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 25 Tahun 2009 Tentang Pelayanan Publik.” Bphn.Go.Id 2003(1): 3.

Khairina, AR, and Julianda Nada. 2020. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Perusahaan JNE Cabang Lhokseumwe).” Jurnal Visioner & Strategis 9: 1–5.

Kurniawan, Wahyu, and Karjuni Dt. Maani. 2020. “Implementasi Kebijakan Pembangunan Infrastruktur Jalan Di Kecamatan Tabir Selatan Kabupaten Merangin Dengan Menggunakan Model Donald Van Metter Dan Carl Van Horn.” Jurnal Manajemen dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP) 1(4): 67–78.

Larasati, Putri, Eno, Marantika Sumadi Fibrianti, and Agus Widiyarta. 2020. “Kualitas Pelayanan Pengaduan Pelanggan Secara Langsung Di PDAM ‘Surya Sembada’ Kota Surabaya.” Syntax Idea 2(4): 37.

Marwiyah, Oleh Siti et al. 2021. “Analisis Implementasi Kebijakan Pemerintah Terhadap Masyarakat Di Masa Pandemi Covid-19 (Study Kasus Bantuan Langsung Tunai Dana Desa (Blt-Dd) Di Desa Dringu, Kecamatandringu, Kabupaten Probolinggo).” Cetak) Journal of Innovation Research and Knowledge 1(7): 307. www.bps.go.id.2020.

Mentari, M., & Zulkarnaini, Z. (2017). Implementasi Kebijakan Pengadaan Bus Sekolah Gratis Bagi Pelajar Di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis (Doctoral dissertation, Riau University).

Mentang, Jonathan J.J, Imelda W.J Ogi, and Reitty Samadi. 2021. “Kepuasan Konsumen Pada Rumah Makan Marina Hash In Manado Di Masa Pandemi Covid-19 The Influence Of Product Quality And Service Quality Toward Consumer Satisfaction At Marina Hash In Manado Restaurant The Covid-19 Pandemic Jurnal Emba Vol . 9 No . 4 Oktobe.” Jurnal EMBA 9(4): 680–90.

Mursalim, Siti Widharetno. 2018. “Analisis Manajemen Pengaduan Sistem Layanan Sistem Aspirasi Pengaduan Online Rakyat (LAPOR) Di Kota Bandung.” Jurnal Ilmu Administrasi: Media Pengembangan Ilmu dan Praktek Administrasi 15(1): 1–17.

Novanto, H. E., & Wibawani, S. (2023). Implementasi Program Padat Karya Tunai Desa. Jurnal Kebijakan Publik, 14(2), 179-188.

Nugraha, Ega Salsa et al. 2021. “Implementasi Aplikasi Pengaduan Masyarakat Berbasis Android Pada Gedung DPRD.” JURIKOM (Jurnal Riset Komputer) 8(6): 360.

Nurmayana Siregar. 2022. “Menentukan Model Implementasi Kebijakan Dalam Menganalisis Penyelenggaraan Pelatihan Kepemimpinan Administrator (Pka).” Jisos: Jurnal Ilmu Sosial 1(7): 713–22. https://bajangjournal.com/index.php/JISOS/article/view/3320.

Pamella, Ingla et al. 2022. “Analisis Efektifitas Aplikasi Wargaku Surabaya Dalam Menunjang Pelayanan Publik Masyarakat Kota Surabaya.” Publika 11(1): 1553–68.

Peraturan Pemerintah RI. 2018. “PP No. 2 Tahun 2018 Tentang Standar Pelayanan Minimal.” Kementerian Hukum dan HAM: 1–35. https://peraturan.bpk.go.id/Home/Details/67029/pp-no-2-tahun-2018.

Pratiwi, nuning. 2017. “Penggunaan Media Video Call Dalam Teknologi Komunikasi.” Jurnal Ilmiah DInamika Sosial 1: 213–14.

PS76/2013 et al. 2013. “Peraturan Presiden Republik Indonesia Nomor 76 Tahun 2013 Tentang Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik.” Presiden Republik Indonesia 2013.

Putri Gunawan, Silvia Eka Ramadhani, and Diana Hertati. 2022. “Inovasi Pelayanan Pengaduan Masyarakat Melalui Aplikasi Wargaku Berbasis Android Di Dinas Komunikasi Dan Informatika Kota Surabaya.” Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi 22(3): 1360.

Putri, S. A., & Nawangsari, E. R. (2023). Implementasi Program Electronic Traffic Law Enforcement. Jurnal Kebijakan Publik, 14(2), 205-212.

Ramdhana Prasetya, D., Domai, T., & Indah Mindarti, L. (2021). Analisis Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Rangka Pelayanan Publik (Studi Pada Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Malang). Jap, 2(1), 1151–1158.

Ramadhani, Yesa Cahayaning. 2023. “Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Perekonomian Indonesia.” Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis 14(2): 200–212.

Rijali, Ahmad. 2019. “Analisis Data Kualitatif.” Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah 17(33): 81.

Sabeni, H., & Setiamandani, E. D. (2020). Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik. JISIP : Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 9(1), 43–52.Sabeni, Hiasinta, and Emei Dwinanarhati Setiamandani. 2020. “Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik.” JISIP : Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik 9(1): 43–52.

Sabrina, R., & Zulkarnaini, Z. (2016). Implementasi Program Wajib Belajar 12 Tahun di Kabupaten Indragiri Hulu (Doctoral dissertation, Riau University).

Santoso, Cuher, and Sri Suwitri. 2017. “Manajemen Pengaduan Masyarakat Di Pusat Pengelolaan Pengaduan Masyarakat (P3M) Kota Semarang.” Journal of Public Policy and Management Review 7(1): 39–53. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/jppmr/article/view/19022.

Sirhan, Fikri, Wiyani Wahyu, and Suwandaru Agung. 2016. “Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Mahasiswa (Studi Pada Mahasiswa Strata I Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Merdeka Malang).” Jurnal Bisnis dan Manajemen 3(1): 120–34. https://media.neliti.com/media/publications/75420-ID-pengaruh-kualitas-pelayanan-terhadap-kep.pdf.

Surabaya, Keputusan Walikota, T I M Pengawasan, and Cagar Budaya. 2009. “Walikota Surabaya.” 1965(031): 3–8.

Suryantoro, Bambang, and Yan Kusdyana. 2020. “Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya.” Jurnal Baruna Horizon 3(2): 223–29.

Triantaka, G. M., & Griadhi, N. M. A. Y. (2015). Pengaduan Masyarakat Sebagai Bentuk Partisipasi dan Peningkatan Pelayanan Publik untuk Mewujudkan Pemerintahan yang Baik. Kertha Negara: Journal Ilmu Hukum, 03(02), 1–5. https://ojs.unud.ac.id/index.php/Kerthanegara/article/view/13076

Yaelasari, Mila, and Vera Yuni Astuti. 2022. “Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Cara Belajar Siswa Untuk Semua Mata Pelajaran (Studi Kasus Pembelajaran Tatap Muka Di SMK INFOKOM Bogor).” Jurnal Pendidikan Indonesia 3(07): 584–91.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i3.8499

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.