KINERJA HUMAS DALAM PUBLIKASI INFORMASI MASYARAKAT

Mirda Yuma Eka Putri, Indira Arundinasari

Abstract


Minimnya transparansi dan akuntabilitas pada instansi pemerintah masih menjadi masalah serius dalam pelayanan informasi publik yang sampai saat ini kerap terjadi. Pelayanan informasi publik merupakan seluruh rangkaian kegiatan yang meliputi penyebaran informasi dan dokumentasi kegiatan melalui berbagai macam media, baik elektronik maupun cetak. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan yaitu keterlambatan dalam penyebaran informasi pada media sosial di DPRD Provinsi Jawa Timur, informasi yang wajib dipublikasikan kepada masyarakat ternyata belum seluruhnya tersampaikan, informasi yang tersampaikan hanya bersifat internal dan bukan tentang permasalahan publik atau permasalahan yang sedang di alami masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Kinerja Humas Protokol Sekretyariat DPRD Provinsi Jawa Timur dalam Publikasi Informasi Kepada Masyarakat. Penelitian ini dilakukan dengan jenis penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dokumentasi. Penelitian menggunakan teori Kinerja Organisasi menurut Simanjutak (2011:3) dengan tiga faktor utama yaitu : dukungan organisasi, kemampuan dan efektivitas manajemen, kinerja setiap orang dalam organisasi. Berdasarkan hasil penelitian kemudian disimpulkan bahwa Kinerja Humas Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur dalam publikasi informasi kepada masyarakat sudah cukup baik, walaupun masih terdapat kendala. Adapun faktor penghambat dalam Kinerja Humas Protokol Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur dalam publikasi informasi kepada masyarakat meliputi minimnya  sarana dalam pengambilan gambar kegiatan, kurangnya sumber daya manusia dalam melakukan tugas kinerjanya dan kurangnya kamampuan sdm dalam pengiriman berita informasi.


Keywords


Kinerja, Humas Protokol, Publikasi Informasi

References


Alfarisi, S., & Hasanah, U. (2021). Cybernetics: Journal Educational Research and Social Studies. Cybernetics: Journal Educational Research and Sosial Studies, 2(April), 1– 10.

Arnita Febriana Puryatama, & Tiyas Nur Haryani. (2020). Pelayanan Prima Melalui Penyelenggaraan Mal Pelayanan Publik Di Indonesia. Kybernan : Jurnal Studi Kepemerintahan, 3(1), 40–54.

Basalamah, J., & Ashoer, M. (2020). Konsep Dasar Manajemen. E – Jurnal Riset Manajemen, 146.

Dan, S., Humas, P., Meningkatkan, D., & Pelayanan, K. (2023). Informasi Publik Di Sekretariat Daerah Kota Pangkal Pinang. Kusuma Wati Hidayat PENDAHULUAN Pelayanan informasi yang dibuat dan diterima oleh lembaga publik terkait dengan operasi negara atau lembaga publik lainnya yang sesuai dengan undang-undang , serta . 5(2).

Engkus, Ainyna Rachmadianty Azan, Alliadzar Hanif, & Anisa Tiara Fitr. (2021). Mewujudkan Good Governance Melalui

Pelayanan Publik. Jurnal Dialektika: Jurnal Ilmu Sosial, 19(1), 39–46.

Eva, H., Achmad, Y., & Muslimin, S. (2023). Peran Humas Sekretariat DPRD Kota Palembang Dalam Menyampaikan Informasi Publik. 0147, 86–100.

Hafidz, M., & Hikam, A. L. (2022). Proses Pealayanan Akta Kealhiran Di Kelurahan Baratajaya. 2(05), 33–41.

Hamzali, S. (2022). Pengaruh Pembelajaran Organisasi Dan Inovasi Organisasi Terhadap Kinerja Organisasi. Ekonomi Dan Bisnis, 9(1 Januari), 1–9.

Helwig, N. E., Hong, S., & Hsiao-wecksler, E. T. (n.d.).

Indriastuti, I. (2022). Memahami Kembali Pelayanan Publik Untuk Mewujudkan Tata Pemerintahan Yang Baik (Good Governance). Governance, JKMP (Governance, Jurnal Kebijakan & Manajemen Publik), 10(1), 60–75.

Ivana, N. Y., & Kurniawan, B. (2022). Implementasi Kebijakan Keterbukaan Informasi Publik Di Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu Kabupaten Lamongan. Jurnal Publika, 10(3), 995–1008.

Juru, N. A., & Gorda, E. S. (2021). Analisis Struktur Organisasi Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Buleleng. Perspektif, 10(1), 239–247.

Kaharuddin. (2021). Equilibrium : Jurnal Pendidikan Kualitatif : Ciri dan Karakter Sebagai Metodologi. Jurnal Pendidikan, IX(1), 1–8.

Kartika, S., Abdi, A., & Nasrulhaq, N. (2023). Strategi Kehumasan Dalam Pelayanan Informasi Publik Di Pusat Pelatihan Dan Pengembangan Dan Kajian Manajemen Pemerintahan Lembaga Administrasi Negara. Kolaborasi : Jurnal Administrasi Publik, 9(1), 72–85.

Luthfia Amanda. (2022). Peran Humas Sebagai Fasilitator Publikasi Informasi dan Dokumentasi Di Perguruan Tinggi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 13(1), 1–5.

Muttaqin, G. F. (2018). Pengaruh Pendelegasian Wewenang Terhadap Kinerja Organisasi. Jurnal Riset Akuntansi Terpadu, 11(2), 159–176.

Ngabito, F. M., & Potale, I. (2023). Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kinerja Pelayanan Publik di Kantor Satuan Administrasi Manunggal Satu Atap (SAMSAT) Kabupaten Gorontalo Utara. PUBLIKA : Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 9(1), 40–46.

Nur’aini, R. D. (2020). Penerapan Metode Studi Kasus Yin Dalam Penelitian Arsitektur Dan Perilaku. INERSIA: LNformasi Dan Ekspose Hasil Riset Teknik SIpil Dan Arsitektur, 16(1), 92–104.

Pande Putu Regina Maharani, Tedi Erviantono, G.

P. (2020). Strategi humas, protokol dan publikasi dprd kabupaten badung dalam mewujudkan good governance di kabupaten badung. Pande Putu Regina Maharani, Tedi Erviantono, Gede Indra Pramana, 1(1), 1–8.

Rahmawati, N. (2020). Literasi Legislasi Anggota Dprd Provinsi Jawa Timur Periode 2019- 2024. Journal of Civics and Moral Studies, 5(1), 16–30.

Rianto, P., & Indonesia, U. I. (2020). Modul metode penelitian kualitatif (Issue July).

S. Wanto, M., Ihsan Mattalitti, M., & Lampasa, Y. (2022). Aktivitas Publikasi Humas Terhadap Peningkatan Kinerja Anggota DPRD Kota Kendari. Parabela: Jurnal Ilmu Pemerintahan & Politik Lokal, 1(1), 29–48.

Saputra, E. K. O. (2023). Manajemen siaran pers sebagai bentuk strategi komunikasi pelayanan kehumasan lembaga pemerintahan. 4(1), 38–48.

Sinambela, E. A., & Darmawan, D. (2021). Pengaruh Total Quality Management dan Manajemen Pengetahuan terhadap Kinerja Organisasi. CEMERLANG : Jurnal Manajemen dan Ekonomi Bisnis, 1(4), 1–12.

Subhan, M., Zulkarnaini, Z., Meiwanda, G., & Putri, R. A. (2022). Analisis Peran Stakeholder dalam Program Siak Hijau di Kabupaten Siak. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 8(22), 439-454.

Sun, L., & Zhang, Y. (2023). Heliyon Research on the impact of information interaction between government and media on the dissemination of public opinion on the internet. Heliyon, 9(6), e17407.

Surahmat, A. E., & Aminah, S. (2022). Analisis Kinerja Humas dalam Keterbukaan Informasi pada Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Wajo. Jurnal Ada Na Gau: Public …, 3(1), 922–929.

https://ojs.univprima.ac.id/index.php/jang pa/article/view/334

Suryantoro, B., & Kusdyana, Y. (2020). Analisis Kualitas Pelayanan Publik Pada Politeknik Pelayaran Surabaya. Jurnal Baruna Horizon, 3(2), 223–229.

Zulkarnaini, Z., & Kurniadi, I. R. (2016). Kinerja Satuan Polisi Pamong Praja dalam Penertiban Pedagang Kaki Lima di Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University).




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i2.8485

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.