STRATEGI PENGENDALIAN TERMINAL BAYANGAN
Abstract
Fenomena terminal bayangan di Indonesia menggambarkan kompleksitas masalah sistem transportasi publik yang memerlukan solusi konkret untuk memenuhi kebutuhan mobilitas masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk merumuskan rekomendasi strategi dalam pengendalian terminal bayangan. Jenis penelitian ini adalah sequential exploratory mixed methods design dengan metode pengumpulan data melalui wawancara terhadap 15 informan yang mencakup pegawai dari Balai Pengelola Transportasi Darat, Dinas Perhubungan, Terminal Resmi Tipe A, Kepolisian, dan Organisasi Angkutan Darat. Selain itu, metode pengumpulan data juga dilakukan melalui observasi di beberapa lokasi terdampak, dan kuesioner disebarkan kepada 228 pengguna terminal bayangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengguna terminal bayangan didominasi oleh berbagai lapisan masyarakat dengan kebutuhan mobilitas yang beragam, seperti pedagang, pelajar, petani, dan ibu rumah tangga. Faktor-faktor seperti aksesibilitas, biaya, dan kecepatan menjadi pertimbangan utama masyarakat dalam memilih terminal bayangan sebagai opsi transportasi. Rekomendasi strategi pengendalian terminal bayangan yang efektif yang dihasilkan dalam penelitian ini yaitu; Pertama, penguatan regulasi dan penegakan hukum yang lebih tegas terhadap terminal bayangan untuk mengurangi kemacetan dan meningkatkan keamanan lalu lintas. Kedua, peningkatan infrastruktur dan fasilitas di terminal resmi guna meningkatkan kualitas layanan dan menarik pengguna untuk beralih dari terminal bayangan. Ketiga, perluasan integrasi teknologi terkini dalam operasional transportasi, seperti pemanfaatan aplikasi mobile untuk informasi real-time dan pembayaran elektronik, yang dapat meningkatkan efisiensi dan kenyamanan bagi pengguna. Keempat, peningkatan keamanan dan keselamatan. Kelima, kampanye kesadaran dan edukasi publik. Keenam, penyediaan insentif bagi pengguna terminal resmi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Akin, Darcin. Kara, Derya. 2020. Multicriteria analysis of planned intercity bus terminals in the metropolitan city of Istanbul, Turkey. Transportation Research Part A 132, 465 – 489.
Bastyan, E. (2017). Analisa Kualitas Bongkar Muat di PT Terminal Petikemas Surabaya dengan Metode Servqual dan QFD. (Thesis). Institut Tekhnologi Sepuluh Nopember: Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi.
Buran, Busra. Ercek, Mechmet. 2023. Bus type selection with fuzzy approach for public transportation. Journal Systems and Soft Computing. Vol. 5. 1 – 10.
Cervero, R. and Golub, A. (2007). Informal transport: A global perspective. Transport Policy Volume 14, Issue 6, November 2007, Pages 445-457
Comfort, Paul. 2024. The New Future of Public Transportation. USA: SAE International.
Farghani, Azmi Nofal. Judiantono, Tonny. 2023. Evaluasi Efektivitas Terminal Penumpang Cileunyi. Jurnal Riset Perencanaan Wilayah dan Kota. Vol. 03 (01). 83 – 90.
Heriadi, R. Herianto, D. dan Sulistyorini, R. (2021). Analisis Dampak Terminal Bayangan Terhadap Kinerja Lalu Lintas di Bundaran Tugu Radin Intan Rajabasa Ruas Jalan Soekarno Hatta – Natar. JRSDD, Edisi September 2021, Vol.9, No.3, Hal:449-460(p-ISSN:2303-0011)(e-ISSN:2715-0690)
ITDP (2019). Public Transport Reform Guideline for Indonesian Cities.
Laili et al. 2023. Implementasi Kebijakan Rancang Bangun Bus Pada Transportasi Publik di Terminal Arjosari. Jurnal Respon Publik. Vol. 01 (11), 45 – 54.
Nurfadillah. Sani, Kiki Rasmala. Wahid, Abdul. 2023. Kebijakan Transportasi Publik Dalam Meningkatkan Pelayanan Terhadap Masyarakat: Studi Kasus Penggunaan Transjogja. Jurnal Administrasi Negara. Vol. 11 (01), 54 – 66.
Ode, Samsul. Mote, Margaretha. Taufiqurachman. 2023. Implementasi Transportasi Terintegrasi di Perkotaan. Jurnal Kebijakan Publik. Vol. 14 (03), 337 – 343.
Permata, Alifianka. Tukiman. 2023. Implementasi Kebijakan Suroboyo Bus Sebagai Transportasi Publik. Jurnal Aplikasi Kebijakan Publik dan Bisnis. Vol. 04 (02). 425 – 442.
Picarelli, Erika. Rinaldi, Marco. D’Ariano, Andrea. Viti, Francesco. 2020. Model and Solution Methods for the Mixed-Fleet Multi-Terminal Bus Scheduling Problem. Transportation Research Procedia. Volume 47. 275 - 282.
Putri, R. A. Hidayat, R. dan Khumayah, S. (2014) Analisis Pengawasan Kepala Terminal untuk Optimalisasi Fungsi Terminal Sumber di Kabupaten Cirebon. Jurnal Publika, Volume 2 Nomor 2 | Edisi Juli-Desember 2014
Kanapi, M.R.N. (2020). Pengaruh Keberadaan Terminal Bayangan Pasar Rebo Terhadap Keadaan Wilayah Sekitar. Jurnal Geografi Dan Pengajarannya Issn 1412 – 6982.
Lemke, T. (2000). Foucault, Governmentality, and Crituque. Paper presented at the Rethinking Marxism Conference, University of Amherst, September 21-24.
Muhammad, dan Murwono, D., (2021). Analisis Kemunculan Terminal Bus Bayangan Dengan Trayek Antarkota Antarprovinsi Di Wilayah Kota Bekasi.
Rosidah. 2019. Analisis Prosedur Pelayanan Kendaraan Angkutan Umum di Terminal Tipe A Rajabasa Kota Bandar Lampung. Jurnal Sosial dan Humanis Sains. Vol. 04 (02), 98 – 104.
Sihombing, Margaretha. Siahaan, Asima. 2024. Pengawasan Keselamatan Jalan Pada Angkutan Kota. Jurnal Kebijakan Publik. Vol. 15 (01), 102 – 107.
Wu, Yuelin. Poon, Mark. Yuan, Zhenzhou. Xiao, Qingyu. 2022. Time-dependent customized bus routing problem of large transport terminals considering the impact of late passengers. Transportation Research Part C: Emerging Technologies. Volume 143.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i2.8484
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.