KUALITAS PELAYANAN DALAM MENJAMIN PERLINDUNGAN KESEHATAN

Nisa Anastasya Sigalingging, Wiro Oktavius Ginting

Abstract


Progam BPJS di Rumah Sakit Vita Insani masih mengalami berbagai kendala yakni: panjangnya antrian pada rawat inap dan rawat jalan,para petugas medis juga kurang ramah kepada pasien, kurang cepat dan tepatnya pelayanan yang diberikan, adanya tidakan diskriminasi antara pasien BPJS dan pasien umum. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan kesehatan dalam rangka menjamin perlindungan kesehatan bagi peserta BPJS di Rumah Sakit Vita Insani Kota Pematang Siantar. Metode yang digunakan ialah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian untuk dimensi tangible sudah cukup baik karena fasilitas, sarana prasarana dan penampilan pegawai cukup baik dan memadai, meskipun memerlukan peningkatan. Dimensi reliability juga dilakukan dengan cukup baik, karena para pegawai memiliki kemampuan dalam menjalankan tugasnya masing- masing. Dimensi responsiveness memerlukan peningkatan karena pelayanan yang diberikan belum dapat dikatakan cepat dan juga tepat. Dimensi assurance belum dapat dikatakan baik karena belum ada jaminan yang diberikan terkait waktu pelayanan dan dimensi empathy juga masih kurang dalam mendukung kualitas pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit Vita Insani karena para petugas masih memberikan pelayanan dengan sikap yang cuek.


Keywords


Kualitas Pelayanan, Pelayanan Kesehatan, BPJS Kesehatan

References


Anggriani., W., Sophia.(2016). Kualitas Pelayanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan dan Non BPJS Kesehatan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 5(2), 79-84.

Arnas, Y., & Zulkarnaini, Z. (2021). Inovasi Jemput Layani Penderita TBC (Jelita TBC) di Puskesmas Rambah Samo I Kabupaten Rokan Hulu. Cross-border, 4(2), 656-672.

Bandiyono, A., & Hazmi, R. 2016. Kualitas Pelayanan Institusi, Infrastruktur, Kesehatan dan Pendidikan, Serta Kepatuhan Pajak. Jurnal Kebijakan Publik. Vol 7 No. 1

Christina, Widya. (2010). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat

Hardiyansyah.(2018). Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media

Hardani, dkk. (2020). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.

Larasati, Nikken. (2016). Kualitas Pelayanan Program, Jaminan Kesehatan Nasional Dalam Rangka Menjamin Perlindungan Kesehatan Bagi Peserta BPJS di RSUD Dr. M. Soewandhie Kota Surabaya. Jurnal Kebijakan dan Manajemen Publik, 4 (2), 81-93.

Maryam, S. (2016). Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik. Jurnal Ilmu Politik dan Komunikasi, 6 (1), 1-18.

Mayarni, M., Meilani, N. L., & Zulkarnaini, Z. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 11-18.

Murtiana, dkk. (2016). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Kepada Kepuasan Pasien BPJS di RSUD Kota Kendari tahun 2016. Jurnal Ilmu Mahasiswa Kesehatan Masyarakat (JIMKESMAS), 1(4), 1-7.

Nafi'ah, Z., & Tukiman, T. (2022). Kualitas Pelayanan Pelanggan Di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM). Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 252-259.

Nujannah, R., Andi, N & Idris, M. (2017). Manajemen Pelayanan Bagi Peserta BPJS Kesehatan di RSUD Syech Yusuf Kabupaten Gowa. Jurnal Administrasi Publik, 3(1), 62-78.

Pertiwi. (2016). Analisis Perbedaan Kualitas Layanan Pada Pasien BPJS dan Pasien Umum Terhadap Kepuasaan Pasien di Rawat Jalan RSUD Kota Surakarta. Jurnal Ekonomi Manajemen Sumber Daya, 18(2), 113-121.

Praptianingsih, Sri. (2007). Kedudukan Hukum Perawat Dalam Upaya Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Saputra, M., Lenie, M.,Fauzi., & Dian, R. (2015). Program Jaminan Kesehatan Nasional dari Aspek Sumber Daya Manusia Pelaksana Pelayanan Kesehatan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 11(1), 32-42.

Salma, S. A., & Nawangsari, E. R. (2022). Kualitas Pelayanan Publik Pada Mal Pelayanan Publik. Jurnal Kebijakan Publik, 13(2), 170-178.

Solechan. (2019). Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Sebagai Pelayanan Publik. Adminitrative Law & Governance, 2(4), 686- 696.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno, Sobry M & Hadisaputra, Prosmala. (2020). Penelitian Kualitatif. Lombok: Holistica.

Setijaningrum, Erna. (2009). Inovasi Pelayanan Publik. Surabaya: Medika Aksara Globaindo.

Supriatna, Tjahya. (2002). Administrasi Birokrasi dan Pelayanan Publik. Jakarta: Nimas Multima.

Tjiptono, Fandy. (2002). Manajemen Jasa. Yogyakarta: Penerbit Andi Utami.

Umarsyah, D., & Zulkarnaini, Z. (2021). Tipologi Inovasi Sistem Pelayanan Kependudukan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 3(3), 180-188.

Zebua, I, K., Daulay, H., & Madya, F. 2024 Pelayanan Kesehatan Bagi Warga Binaan Permasyarakatan. Jurnal Kebijakan Publik. Vol. 15 No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i2.8468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.