PELAYANAN KESEHATAN BAGI WARGA BINAAN PEMASYARAKATAN

Ilman Karyanus Zebua, Harmona Daulay, Faizal Madya

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memberikan gambaran, analisis, dan penilaian menyeluruh terkait penyediaan layanan kesehatan bagi warga binaan pemasyarakatan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Gunungsitoli. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui wawancara dengan pihak berwenang dan tahanan di lapas tersebut. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan kesehatan di Lapas Kelas IIB Gunungsitoli masih belum memenuhi standar yang diharapkan. Terdapat hambatan-hambatan yang dapat diamati dalam lima dimensi utama kualitas layanan, termasuk ketidakterpenuhan standar fasilitas, ketersediaan obat yang tidak mencukupi, dan kekurangan tenaga kesehatan, terutama pada jam-jam tertentu. Tantangan signifikan juga terletak pada masalah kepercayaan, ketepatan waktu dalam layanan kesehatan, dan biaya perawatan medis tambahan yang belum ditanggung secara memadai. Kurangnya perhatian dan empati dari tenaga kesehatan juga menjadi masalah bagi para narapidana dan tahanan. Dengan demikian, untuk meningkatkan kualitas layanan kesehatan di Lapas Kelas IIB Gunungsitoli, diperlukan tindakan untuk memperbaiki fasilitas, meningkatkan persediaan obat-obatan, memastikan keandalan dan daya tanggap layanan, serta menanggulangi kurangnya tenaga kesehatan professional.

Keywords


Kualitas; hambatan; pelayanan; kesehatan; warga binaan

References


Arifat, N. (2018). Pemenuhan Hak Atas Kesehatan Dan Makanan Yang Layak Bagi Warga Binaan Perempuan Hamil (Studi Pada Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Kelas Iib Yogyakarta). Dspace.uii.ac.id. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/5593

Ashraff, M., & Subroto, M. (2022). Implementasi Pelayanan Kesehatan Bagi Narapidana Disabilitas Di Lapas Kelas Iia Purwokerto. Hukum Responsif, 13(1), 101-111. http://dx.doi.org/10.33603/responsif.v13i1.6715

Haryono, T. J. S., Kinasih, S. E., & Mas’udah, S. (2013). Akses dan informasi bagi perempuan penyandang disabilitas dalam pelayanan kesehatan reproduksi dan seksualitas. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 26(2), 65-79. https://journal.unair.ac.id/download-fullpapers-mkp29d2a43bf3full.pdf

Kusumadinata, A. A., & Fitriah, M. (2017). Strategi komunikasi pelayanan publik melalui program pos pemberdayaan keluarga. Jurnal Aspikom, 3(2), 225-238. https://www.jurnalaspikom.org/index.php/aspikom/article/view/130

Lestari, R. D. (2021). Perlindungan Hukum bagi Pasien dalam Telemedicine. Jurnal Cakrawala Informasi, 1(2), 51-65. https://doi.org/10.54066/jci.v1i2.150

Magenta, Y. A., & Wibowo, P. W. (2022). Dampak Pola Tata Letak Bangunan Lapas Terhadap Perawatan Tahanan/Narapidana Pada Lapas Kelas Iib Slawi. Jurnal Justitia: Jurnal Ilmu Hukum Dan Humaniora, 9(4), 1793-1805. http://dx.doi.org/10.31604/justitia.v9i4.1793-1805

Maghfirani, K., & Nurhafifah, N. (2022). Pemenuhan Hak Pelayanan Kesehatan Bagi Narapidana Di Lembaga Pemasyarakatan Perempuan Klas IIB Sigli. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bidang Hukum Pidana, 6(3), 266-273. https://jim.usk.ac.id/pidana/article/view/22895

Mayarni, M., Meilani, N. L., & Zulkarnaini, Z. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 11-18.

Novryan, M. C., & Subroto, M. (2023). Analisis Pelayanan Kesehatan bagi Narapidana Lanjut Usia di Lembaga Pemasyarakatan. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 12(2), 457-463. https://doi.org/10.19109/intelektualita.v12i002.19820

Nugroho, M., & Halik, A. (2016). Penerapan standar pelayanan publik pada kelurahan di wilayah kota kediri. JHP17: Jurnal Hasil Penelitian, 1(2), 251-266. https://core.ac.uk/download/pdf/229336105.pdf

Parasuraman, A., Berry, L. L., & Zeithaml, V. A. (1993). More on improving service quality measurement. Journal of Retailing, 69(1), 140–147. https://doi.org/10.1016/s0022-4359(05)80007-7

Putra, W. D. (2020). Efektivitas Pelayanan Kesehatan Bagi Warga Binaan Sebagai Bagian Dari Pemenuhan Hak Di Lembaga Pemasyrakatan (Studi Kasus Lapas Kelas IIa Pekanbaru) (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Rizky, A., & Zulkarnaini, Z. (2016). Efektivitas Pelayanan Penanganan Pasien di Instalasi Gawat Darurat (Igd) Rumah Sakit Umum Daerah Petala Bumi Kota Pekanbaru (Doctoral dissertation, Riau University)

Silvia, F. (2018). Pelayanan prima dan kepuasan pelanggan di kantor pelayanan perbendaharaan negara (KPPN) Makassar II (Doctoral dissertation, FIS).

Suraja, Y. (2019). Pengelolaan Rekam Medis Pada Fasilitas Pelayanan Kesehatan. Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan, 4(1), 62-71. https://doi.org/10.36914/jak.v4i1.191

Suryadi, A. R., & Anwar, U. (2022). Optimalisasi Pemberian Hak Pelayanankesehatan Bagi Narapidana Dalam Keadaan Overcrowded di Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Semarang. Sosioedukasi Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 11(2), 168-178. https://doi.org/10.36526/sosioedukasi.v11i2.2233

Syamsuri, S. (2021). Politik Hukum Pemerintah terhadap Kebijakan Remisi. Sol Justicia, 4(2), 130-140. https://doi.org/10.54816/sj.v4i2.452

Telaumbanua, R. F. (2020). Peran Tenaga Kesehatan dalam Melaksanakan Pelayanan Kesehatan WBP Rutan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 9(1), 205-212. https://doi.org/10.35816/jiskh.v11i1.247

Yufianda, A. N., Suarda, I. G. W., Wildana, D. T., Tanuwijaya, F., & Prihatmini, S. (2023). Dampak Overcrowded Lembaga Pemasyarakatan Terhadap Upaya Pemenuhan Hak Kesehatan Warga Binaan Pemasyarakatan Di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Lembaga Pemasyarakatan Kelas I Malang). Jurnal Penegakan Hukum Indonesia, 4(1), 72-93. https://doi.org/10.51749/jphi.v4i1.102




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i1.8463

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.