TRANSPARANSI DANA DESA DALAM MEWUJUDKAN GOOD GOVERNANCE

Aliana Karin Putri Haikal, Siti Hazzah Nur

Abstract


Lemahnya transparansi dalam menyelenggarakan dana desa menjadi salah satu penyebab masih banyaknya kasus-kasus korupsi dan penyelewengan dana oleh oknum-oknum Kepala Desa yang tidak bertanggungjawab, khususnya di Kabupaten Padang Lawas Utara. Tujuan yang akan dicapai melalui penelitian ini adalah melihat dan mengkaji lebih dalam bagaimana proses transparansi berjalan di dalam pengelolaan dana desa di Desa Ujung Batu Jae dalam mewujudkan tata pemerintahan yang baik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan di Desa Ujung Batu Jae, Kabupaten Padang Lawas Utara. Data yang diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif dengan meninjau semua data yang dikumpulkan dengan didukung oleh hasil wawancara dengan pendekatan teori transparansi oleh Kristianten bahwa transparansi pengelolaan dapat diukur melalui indikator penyediaan akses informasi yang jelas terkait perencanaan, prosedur dan pertanggungjawaban, adanya musyawarah melibatkan masyarakat, keterbukaan proses, dan keterbukaan informasi tentang dokumen-dokumen pengelolaan keuangan desa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pemerintah Desa Ujung Batu Jae belum sepenuhnya transparan didalam proses pengelolaan namun dibeberapa aspek tertentu Pemerintah Desa sudah berupaya semaksimal mungkin untuk menciptakan keterbukaan informasi pengelolaan dana desa.


Keywords


Dana desa; transparansi pengelolaan dana desa; pemerintah desa

References


Anugrah, A., Mahsyar, A., & Burhanuddin. (2021). Keterbukaan Informasi Publik Dalam Pengelolaan Dana Desa Di Kabupaten Gowa. JPPM: Journal of Publik Policy and Management, 3(1), 53-63.

Bonaldy, S., Lengkong, F., & Londa, V. (2018). Transparansi Pengelolaan Dana Desa Di Desa Paslaten Kecamatan Kauditan Kabupaten Minahasa Utara. Jurnal Administrasi Publik, 4(54), 1-11.

Dewi, D., & Adi, P. (2019). Transparansi, Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Keuangan Dana Desa Terhadap Pembangunan Desa Di Desa Candirejo Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Jurnal Edunomika, 3(2), 287-299.

Ehsan, M. (2003). Orgin, Ideas and Practice of New Publik Management: Leason for Developing Countries. Asian Affairs, 25(3): 30-48.

Ekawati, N., Agustar, A., & Analia, D. (2022). Penggunaan Dana Desa dan Implikasinya terhadap Indeks Desa Membangun (IDM). Jurnal Kebijakan Publik, 13(2), 185-192.

Fatri, L., Insan, A., Fahrezi, B. A. A., Hardianto, C., Sinurat, N., & Saepudin, E. (2022). Urgensi Transparansi Publik Pada Kasus Kelangkaan Minyak Goreng. Jurnal Kebijakan Publik, 13(2), 114-121.

Julita, E., & Abdullah, S. (2020). Transparansi Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Di Kecamatan Sukakarya Kota Sabang). Jurnal Ilmiah Ekonomi Akuntansi, 5(2), 213-221.

Jumrah, S. (2013). Analisis keterbukaan informasi dalam mendukung pelayanan publik dikantor camat Kecamatan Kaway XVI Kabupaten Aceh Barat. Skripsi Universitas Teuku Umar.

Kloot, L. & Martin, J. (2001). Local Government Accountability: Explaining The Differences. Journal Accounting, Accountability and Performance, 7(1), 51-72.

Miftahudin. (2018). Akuntabilitas dan Transparansi Pemerintah Desa Terhadap Pengelolaan Dana Desa. Skripsi Universitas Islam Indonesia.

Ngakil, I., & Kaukab, M. (2020). Transparansi dan Akuntabilitas Pengelolaan Keuangan Desa di Kabupaten Wonosobo. Journal of Economic, Management, Accounting and Technology, 3(2), 92-107.

Pusida, A., Rares, J., & Mambo, R. (2021). Transparansi Pengelolaan Dana Desa Oleh Pemerintah Dalam Pelaksanaan Pembangunan Di Desa Kuma Selatan Kecamatan Essang Selatan Kabupaten Kepulauan Talaud. JAP, 108(7), 58-68.

Posumah, P., Pioh, N., & Kimbal, A. (2022). Transparansi Anggaran Dana Desa Dalam Penanganan Covid-19 (Studi Di Desa Kanonang Tiga Kecamatan Kawangkoan Kabupaten Minahasa). Jurnal Governance, 2(1), 1-13.

Sahira, N. I., & Zulkarnaini, Z. (2023). Tata Kelola Destinasi Wisata Melalui Sistem Informasi Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (SIPAREKRAF) di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kampar. JAMPARING: Jurnal Akuntansi Manajemen Pariwisata dan Pembelajaran Konseling, 1(2), 55-62.

Wardani, P. (2021). Akuntabilitas Dan Transparansi Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Kasus Desa Kademangan Kabupaten Jombang. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FEB Universitas Brawijaya, 9(2), 1-19.

Wulandari, S.M., Yuliandari, E., & Rusniani. (2022). Partisipasi Masyarakat Dalam Pengelolaan Dana Desa (Studi Di Desa Pucanggading, Kecamatan Bandar, Kabupaten Batang). Souvereignty: Jurnal Demokrasi dan Ketahanan Nasional, 1(4), 745-757.

Walyati, F. (2020). Pengaruh Partisipasi Masyarakat, Kompetensi dan Sistem Pengendalian Internal terhadap Pengelolaan Dana Desa di Kecamatan Muntilan. Journal Business and Economics, 3(17), 270-284.

Yoppi, J., Mina, R., & Fality, F. (2021). Keterbukaan Informasi Publik Terhadap Penggunaan Dana Desa Sebagai Upaya Transparansi Pengelolaan Keuangan Desa. Jurnal Hukum Samudra Keadilan, 16(2), 218-230.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i1.8449

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.