KINERJA PUSKESMAS DALAM PENYELENGGARAAN PELAYANAN KESEHATAN
Abstract
Puskesmas Sei Langkai Kota Batam merupakan Puskesmas yang memiliki sasaran kesehatan tertinggi dibandingkan dengan puskesmas lainnya yang ada di Kota Batam. Hal tersebut didukung dengan kondisi yang tidak sesuai dengan rasio yang seharusnya pada setiap puskesmas. Sehingga hal tersebut menjadi pengaruh besar bagi Puskesmas Sei Langkai Kota Batam dalam memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat. Oleh karena itu, untuk menciptakan pelayanan yang diharapkan masyarakat dibutuhkannya kinerja yang berkualitas dari Puskesmas Sei Langkai Kota Batam dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengelaborasikan pola kinerja Puskesmas Sei Langkai Kota Batam dalam penyelenggaraan pelayanan kesehatan. Dengan mengacu kepada teori kinerja dari Wibowo yang menjelaskan bahwa optimalnya sebuha kinerja pada organisasi dan lembaga dipengaruhi oleh empat variabel yaitu masukan, proses, luaran dan manfaat yang terkandung dari kinerja tersebut. Peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian menjelaskan bahwa kinerja Puskesmas Sei Langkai Kota Batam dalam menyelenggarakan pelayanan kesehatan sudah cukup baik, namun belum berjalan secara optimal. Hal tersebut dapat dilihat bahwa Puskesmas Sei Langkai Kota Batam yang belum melakukan pengembangan sumber daya manusia secara maksimal, proses perencanaan yang belum terlaksana dengan baik, dan tidak meratanya manfaat yang dirasakan oleh masyarakat dari Kinerja Puskesmas Sei Langkai Kota Batam dalam Penyelenggaraan Pelayanan Kesehatan.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Agustina, R., Dartanto, T., Sitompul, R., Susiloretni, K. A., Suparmi, Achadi, E. L., Taher, A., Wirawan, F., Sungkar, S., Sudarmono, P., Shankar, A. H., Thabrany, H., Agustina, R., Dartanto, T., Sitompul, R., Susiloretni, K. A., Suparmi, Achadi, E. L., Taher, A., … Khusun, H. (2019). Universal health coverage in Indonesia: concept, progress, and challenges. The Lancet, 393(10166), 75–102. https://doi.org/10.1016/S0140-6736(18)31647-7
Amalia, H. (2021). Evaluasi Kinerja Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang. Jurnal Kebijakan Publik, 12(1), 19-26.
Angesti, D., & Indahyati, E. (2023). Evaluasi Kinerja Puskesmas di Dinkes Kabupaten Jombang Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Manajemen Kesehatan Yayasan RS.Dr. Soetomo, 9(1), 10. https://doi.org/10.29241/jmk.v9i1.1207
Brooks, M. I., Thabrany, H., Fox, M. P., Wirtz, V. J., Feeley, F. G., & Sabin, L. L. (2017). Health facility and skilled birth deliveries among poor women with Jamkesmas health insurance in Indonesia: a mixed-methods study. BMC Health Services Research, 17(1), 105. https://doi.org/10.1186/s12913-017-2028-3
Creswell, J. W. (2009). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches, 3rd ed. In Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches, 3rd ed. Sage Publications, Inc. https://us.sagepub.com/en-us/nam/research-design/book270550
Fadhlurrohman, M. I., Purnomo, E. P., & Malawani, A. D. (2020). Analysis of Sustainable Health Development In Indonesia (Sustainable Development Goal’s). Jurnal Kesehatan Lingkungan Indonesia, 19(2), 133–143. https://doi.org/10.14710/jkli.19.2.133-143
Fathani, A. T., Putera, R. E., Asrinaldi, A., Valentina, T. R., Hariyati, D., Holidin, D., & Agustiyara, A. (2023). A systematical review of tourism disaster management: insights from Indonesian’s journey. E3S Web of Conferences, 464, 05002. https://doi.org/10.1051/e3sconf/202346405002
Fauzan, A., Chotimah, I., & Hidana, R. (2019). Implementasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) di Puskesmas Mulyaharja Kota Bogot Tahun 2018. PROMOTOR, 2(3), 172. https://doi.org/10.32832/pro.v2i3.1934
Fauziah, H. (2020). Impact of organizational commitment for tourism supply chain management on organizational citizenship behaviour by mediation of psychological attachment and work alienation in Indonesian tourism industry. International Journal of Supply Chain Management, 9(3), 990–1002. https://api.elsevier.com/content/abstract/scopus_id/85087788453
Handayani, P. W., Pinem, A. A., Azzahro, F., Hidayanto, A. N., & Ayuningtyas, D. (2019). The Information System/Information Technology (IS/IT) practices in the Indonesia health referral system. Informatics in Medicine Unlocked, 17, 100263. https://doi.org/10.1016/j.imu.2019.100263
Haradhan, M. (2018). Qualitative Research Methodology in Social Sciences and Related Subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1), 23–48.
Khoiriyah, L. S., & Alkadafi, M. (2020). Kinerja Organisasi Publik Dalam Mencapai Target Sasaran. Jurnal Kebijakan Publik, 11(2), 97-104.
Kristiansen, S., & Santoso, P. (2006). Surviving decentralisation? Health Policy, 77(3), 247–259. https://doi.org/10.1016/j.healthpol.2005.07.013
Newman, J., Barnes, M., Sullivan, H., & Knops, A. (2004). Public Participation and Collaborative Governance. Journal of Social Policy, 33(2), 203–223. https://doi.org/10.1017/S0047279403007499
Putri, C. D., Kusdarini, K., & Putera, R. E. (2021). Analisis Kinerja PDAM Kota Padang Panjang dalam memberikan Pelayanan Air Bersih untuk Masyarakat Kota Padang Panjang. Jurnal Public Policy, 7(1), 47. https://doi.org/10.35308/jpp.v7i1.3184
Raharjo, M., Eliyana, A., Saputra, P., Anggraini, R. D., Budiyanto, S., & Anwar, A. (2024). Identification of Factors Determining the Success of Health Care at Correctional Institutions in Indonesia. International Journal of Public Administration, 47(5), 313–327. https://doi.org/10.1080/01900692.2022.2117379
Rahayuningsih, Y., Anggraini, Y., & Listyaningsih, L. (2018). Implementation Quality Level of Health Public Service Policy in Banten Province Local Hospital (RSUD). Jurnal Bina Praja, 10(1), 121–134. https://doi.org/10.21787/jbp.10.2018.121-134
Razy, F., & Ariani, M. (2022). Analysis of the Juridical Protection of the Most Traditional Health Laws in the Perspective of the Law of the Republic of Indonesia Number 36 of 2009 Concerning Health. International Journal of Law and Public Policy, 4(1), 10–15. https://doi.org/10.36079/lamintang.ijlapp-0401.276
Ritz, A., Brewer, G. A., & Neumann, O. (2016). Public Service Motivation: A Systematic Literature Review and Outlook. Public Administration Review, 76(3), 414–426. https://doi.org/10.1111/puar.12505
Sari, F. E., & Zulkarnaini, Z. (2021). Employee Performance Improvement through Additional Employee Income (TPP) at the Sentajo Raya District, Kuantan Singingi Regency, Riau Province. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Malikussaleh (JSPM), 2(2), 163-174.
Saguni, D. S., Widyawati, & Muhammad Hidayat Djabbari. (2023). Pengaruh Kinerja Pegawai Terhadap Kualitas Pelayanan di Puskesmas Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone. Jurnal Administrasi Publik, 19(1), 146–164. https://doi.org/10.52316/jap.v19i1.136
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. CV. Alfabeta.
Sukma, M., Ponto, I. S., & Patty, J. T. (2023). Analisis Kinerja Pelayanan Kesehatan Tenaga Medis Di Puskesmas Air Besar Negeri Batu Merah Kecamatan Sirimau Kota Ambon Provinsi Maluku. Professional: Jurnal Komunikasi Dan Administrasi Publik, 10(1). https://doi.org/10.37676/professional.v10i1.3740
Wibowo, W. (2016). Manajemen Kinerja. Rajawali Press.
Wijayati, D. J., Purnomo, E. P., & Fathani, A. T. (2023). Mental health issue during the COVID-19 pandemic. International Journal of Public Health Science (IJPHS), 12(2), 803. https://doi.org/10.11591/ijphs.v12i2.22286
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v15i2.8415
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Jurnal Kebijakan Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.