DINAMIKA PEMBENTUKAN KOALISI PARTAI POLITIK PADA PILKADA

Fhisilmi Kaffah, Hasanuddin Hasanuddin, Auradian Marta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dinamika dalam pembentukan koalisi partai politik pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Kuantan Singingi tahun 2020 dan faktor yang mempengaruhi terbentuknya koalisi. Teori yang digunakan adalah teori koalisi menurut Arend Lijphart (1999) yang mengelompokkan kedalam 6 (enam) jenis koalisi yaitu Minimal Winning Coalition, Minimum Size Coalitions, Bargaining Coalitions, Minimal Range Coalitions, Minimal Connected Winning Colaitions, dan Policy-Viable Coalitions. Lokasi penelitian ini di Kabupaten Kuantan Singingi, Provinsi Riau. penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara dan penelusuran dokumen. Hasil penelitian yang didapatkan adalah pembentukan koalisi partai politik pada pemilihan kepala daerah Kabupaten Kuantan Singingi berlangsung secara dinamis dan bersifat cair. Pertama, koalisi yang mendukung Andi Putra dan Suhardiman Amby termasuk jenis koalisi Minimum Size Coalitions yang terbentuk karena adanya motif kesamaan pandangan figur pemimpin yang ideal dan kesamaan agenda. Kedua, koalisi yang mendukung Mursini dan Indra Putra termasuk kedalam jenis koalisi Minimum Size Coalitions yang terbentuk karena motif kesamaan pandangan figur pemimpin ideal dan opportunitis praktis. Ketiga koalisi yang mendukung pasangan Halim dan Komperensi yang masuk kedalam jenis Minimal Winning Coalitions yang terbentuk karena motif opportunitis praktis. Koalisi yang terjadi tidak memperhatikan kedekatan ideologi antar partai namun lebih mementingkan pada maksimalisasi kekuasaan dan keuntungan.


Keywords


Dinamika, koalisi partai politik, pilkada

References


Agustino, L. (2014). Politik lokal & otonomi daerah. Penerbit Alfabeta.

Aisah Putri Budiarti, D. K. K. (2021). Partai Politik dan Pemilu Serentak 2019: Kandidasi dan Koalisi. Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. CV Jejak (Jejak Publisher).

Choy, A. M. C. T. E. K. (2007). Democratic Action Party of Malaysia and the Politics of Opposition Coalition Building.

De Winter, L., & Dumont, P. (2006). Parties into government: Still many puzzles. Handbook of party politics, 175–188.

Debus, M. (2008). Party Competition and Government Formation in Multilevel Settings: Evidence from Germany1. Government and Opposition, 43(4), 505–538.

Gaffar, J. M., & Budiarti, R. T. (2012). Politik hukum pemilu. Konstitusi Press (Konpress).

Gamson, W. A. (1961). A theory of coalition formation. American sociological review, 373–382.

Hartono, J. (2018). Metoda Pengumpulan dan Teknik Analisis Data. Andi Offset.

Heywood, A. (2000). Key concepts in politics. Palgrave Basingstoke.

Ibrahim, A. (2013). Dinamika politik lokal: konsep dasar dan implementasinya. Penerbit Mandar Maju.

Key, V. O. (1964). Parties, politics and pressure groups. New York: Crowell.

Khodijah, S., & Subekti, V. S. (2020). Dinamika Pembangunan Koalisi Partai Politik Pengusung Calon Tunggal Pemilihan Kepala Daerah Kabupaten Lebak Tahun 2018. Nakhoda: Jurnal Ilmu Pemerintahan, 19(2), 177–187.

Lijphart, A. (1999). Patterns of democracy: Government forms and performance in thirty-six countries. Yale university press.

Mahpudin, M., Hamid, A., & Dewi, S. K. (2018). Dinamika Koalisi Partai Politik dalam Pencalonan Kepala Daerah pada Pilkada Banten 2017.

Mamik, M. (2014). Metodologi Kualitatif. Zifatama Publisher. Zifatama Publisher.

Mayrudin, Y. M. (2017). Dinamika Partai Politik Dan Positioning Ideologi: Studi Tentang Pergeseran Positioning Ideologi Partai-Partai Politik Peserta Pemilu 2014. Journal of Governance, 2(2).

Noor, F. (2020). Demokrasi dan Oligarki. Jakarta: Bibliosmia Karya Indonesia.

Nurhasim, M. (2020). Distorsi dan Problematik Pemilu Serentak 2019. Airlangga University Press. D

Pamungkas, S., & Parlindungan, U. (2011). Partai politik: teori dan praktik di Indonesia. Institute for Democracy and Welfarism.

Riau Pos. (2021). KPU Kuansing Tetapkan Bupati dan Wabup Terpilih. Diambil dari https://riaupos.jawapos.com/kuantan-singingi/20/02/2021/246422/kpu-kuansing-tetapkan-bupati-dan-wabup-terpilih.html

Rukin. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakad Media Publishing.

Sadiah, D. (2015). Metode Penelitian Dakwah Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif.

Sugiarto, E. (2017). Menyusun proposal penelitian kualitatif: Skripsi dan tesis: Suaka media. Diandra Kreatif.

Susan, N., & Singgih, D. S. (2023). Interest as a mode of reality: Answering the crisis of digital society Kepentingan sebagai mode realitas: Menjawab krisis masyarakat digital. Masyarakat, Kebudayaan dan Politik, 36(1), 88–100.

Wijaya, H. (2019). Analisis Data Kualitatif: Sebuah Tinjauan Teori & Praktik. Sekolah Tinggi Theologia Jaffray.

黄田恬FoongHolly. (2017). 新两线旧局限: 马国民主行动党与马来政党关系变迁= Rising two-coalition system with past constraints: the history of relationships between Democratic Action Party (DAP) and Malay political parties in Malaysia.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i4.8367

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.