EVALUASI KEBIJAKAN KAMPUS MERDEKA PROGRAM PRAKTISI PENGAJAR

Abdul Rahman, Winda Dwi Astuti Zebua, Evi Satispi, Tiara Nurul Hidayah, Zahriatul Aini

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tingginya angka pengangguran di Indonesia dan masih sulitnya dunia usaha/dunia industri mendapatkan lulusan perguruan tinggi dalam negeri yang siap bekerja, sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis secara evaluatif bagaimana kebijakan Kampus Merdeka pada program Praktisi Mengajar Tahun 2022. Penelitian ini termasuk jenis kualitatif yang menggunakan metode deskriptif dengan 2 jenis data yaitu data primer dan data sekunder. Sementara itu, analisis penelitian ini menggunakan statistik deskriptif, dengan basis data utama berasal dari hasil survei terhadap: Mahasiswa, Praktisi, Koordinator Perguruan Tinggi, dan Dosen seluruh Indonesia yang sekaligus menjadi subjek penelitian. Sementara itu, metode analisis data menggunakan pendekatan Miles & Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian, dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa hasil evaluasi kebijakan Kampus Merdeka pada program Praktisi Mengajar belum sepenuhnya optimal. Meskipun banyak hasil positif yang telah dicapai, antara lain: pelaksanaan program yang relevan dengan kebutuhan mahasiswa, peningkatan pengetahuan dan keahlian mahasiswa, dukungan kepemimpinan bagi praktisi dari institusi/perusahaan, efektifitas onboarding session bagi praktisi, dukungan dan kesiapan yang memadai dari pimpinan perguruan tinggi, dan tingkat kepuasan dosen yang tinggi terhadap platform pemilihan praktisi. Namun terdapat juga beberapa temuan yang mengurangi hasil positif tersebut seperti: kurang puasnya mahasiswa terhadap pelaksanaan program dan praktisi, kurang jelasnya informasi pencairan honor bagi praktisi, kurang selarasnya kurikulum kebijakan Kampus Merdeka dengan kurikulum program studi, dan masih ada praktisi yang memiliki Nomor Induk Dosen Nasional. Hasil-hasil penelitian tersebut diharapkan berimplikasi pada perbaikan tata kelola dan substansi kebijakan pada program Praktisi Mengajar di gelombang/masa yang akan datang.


Keywords


Evaluasi kebijakan; Kampus Merdeka; kebijakan publik; praktisi pengajar

References


Amrhein, V., Trafimow, D., & Greenland, S. (2019). Inferential statistics as descriptive statistics: There is no replication crisis if we don’t expect replication. The American Statistician, 73(sup1), 262–270.

Anggraini, S., Palupi, A., Hadi, K., & Arsyad, A. T. (2022). Analisis Dampak Program Pertukaran Pelajar Merdeka Belajar Kampus Merdeka Terhadap Mahasiswa Internal. Jurnal Al Azhar Indonesia Seri Ilmu Sosial, 3(2), 442660.

Apoko, T. W., Hendriana, B., Umam, K., & Handayani, I. (2022). The Implementation of Merdeka Belajar Kampus Merdeka Policy: Students’ Awareness, Participation, and Its Impact. Journal of Education Research and Evaluation, 6(4).

Bennett, S., Lockyer, L., & Agostinho, S. (2018). Towards sustainable technology‐enhanced innovation in higher education: Advancing learning design by understanding and supporting teacher design practice. British Journal of Educational Technology, 49(6), 1014–1026.

Budiarti, A., Cangara, H., & Wahid, U. (2022). KOMUNIKASI ANTARBUDAYA MAHASISWA PESERTA PROGRAM INDONESIAN INTERNATIONAL STUDENT MOBILITY AWARDS (IISMA) DI RUSIA. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 21(1), 106–119.

De Wit-de Vries, E., Dolfsma, W. A., van der Windt, H. J., & Gerkema, M. P. (2019). Knowledge transfer in university–industry research partnerships: a review. The Journal of Technology Transfer, 44, 1236–1255.

Directorate General of Higher Education. (2020). Guidebook of Learning Independent-Independent Campus. In Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. http://dikti.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2020/04/Buku-Panduan-Merdeka-Belajar-Kampus-Merdeka-2020

Gravetter, F. J., & Forzano, L.-A. B. (2018). Research methods for the behavioral sciences. Cengage learning.

Hazin, M., & Rahmawati, N. W. D. (2023). Implementation of Policy “Praktisi Mengajar” in Higher Education. Journal Of Education And Teaching Learning (JETL), 5(1), 1–13.

Indrawati, S. M., & Kuncoro, A. (2021). Improving competitiveness through vocational and higher education: Indonesia’s vision for human capital development in 2019–2024. Bulletin of Indonesian Economic Studies, 57(1), 29–59.

Kaputa, V., Loučanová, E., & Tejerina-Gaite, F. A. (2022). Digital transformation in higher education institutions as a driver of social oriented innovations. Social Innovation in Higher Education, 61–85.

Kustini, T. (2022). STUDENT’S ENTHUSIASM IN LEARNING SPEAKING AND LISTENING THROUGH SKILL SHARING FROM “PRAKTISI MENGAJAR”(CASE STUDY IN PROFESSIONAL LISTENING AND SPEAKING SUBJECT). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, 4, 518–524.

Malik, R. S. (2018). Educational challenges in 21st century and sustainable development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 9–20.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2018). Qualitative data analysis: A methods sourcebook. Sage publications.

Ministry of Education, C. R. and T. (2022). Teaching Practitioner Program Handbook (1st ed.). Ministry of Education, Culture, Research, and Technology.

Mohajan, H. K. (2018). Qualitative research methodology in social sciences and related subjects. Journal of Economic Development, Environment and People, 7(1), 23–48.

Mõttus, R., Wood, D., Condon, D. M., Back, M. D., Baumert, A., Costantini, G., Epskamp, S., Greiff, S., Johnson, W., & Lukaszewski, A. (2020). Descriptive, predictive and explanatory personality research: Different goals, different approaches, but a shared need to move beyond the Big Few traits. European Journal of Personality, 34(6), 1175–1201.

Musyaffi, A. M., Gurendrawati, E., Purwohedi, U., Zakaria, A., Anwar, C., Widawati, Y., & Nugroho, A. S. (2022). Pengembangan literasi keuangan digital melalui program praktisi mengajar. PERDULI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(02), 55–66.

Pandey, P., & Pandey, M. M. (2021). Research methodology tools and techniques. Bridge Center.

Pedro, F., Subosa, M., Rivas, A., & Valverde, P. (2019). Artificial intelligence in education: Challenges and opportunities for sustainable development.

Puspitawati, L., Solihat, M., Prayoga, I., & Surya, A. (2023). Survey Tingkat Pengetahuan Serta Kesiapan Dosen dan Mahasiswa dalam Pelaksanaan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. JAMP: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan, 6(1), 66–75.

Qorib, M., & Harfiani, R. (2021). Independent Campus Policy In The New Normal Era. Proceeding International Seminar Of Islamic Studies, 2(1), 13–20.

Rahman, A., Mawar, M., Bariyah, O. N., & Setyaningrum, I. (2022). Sosialisasi Kebijakan Kampus Merdeka Program Praktisi Mengajar pada Perguruan Tinggi Penyelenggara Pendidikan Vokasi. Bubungan Tinggi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(4), 1248–1256.

Rahman, A., Sahar, A. R., Putra, F., & Diliawan, R. (2018). Does Leadership Background Matter In Performance Of Local Government? 2018 Annual Conference of Asian Association for Public Administration:" Reinventing Public Administration in a Globalized World: A Non-Western Perspective"(AAPA 2018), 541–550.

Rahman, A., Zebua, W. D. A., Satispi, E., & Kusuma, A. A. (2021). Policy Formulation in Integrating Vocational Education Graduates with the Labor Market in Indonesia. Jurnal Studi Pemerintahan, 12(3), 331–371. https://doi.org/10.18196/jgp.123141

Riniati, W. O. (2022). Exploring 21st-Century Critical Skills Needed for Preparing New Students for Indonesian International Student Mobility Awards. KnE Social Sciences, 7–11.

Sa’diyah, M., Nurhayati, I., Endri, E., Supriadi, D., & Afrianto, Y. (2022). The implementation of independent learning independent campus: The new paradigm of education in Indonesia.

Salamah, U., Amini, S., & Navisa, F. D. (2023). Independent Learning-Independent Campus: From the Perspective of Justice and Utilitarian Theories.

Sesmiarni, Z., & Ismail, F. (2022). MENGEMBANGKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENERAPKAN PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI MELALUI KOMUNITAS PRAKTISI. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), 463–469.

Setyobakti, M. H., Cahyaningati, R., & Ermawati, E. (2022). Model Pembelajaran Program Wirausaha Merdeka Terhadap Minat Wirausaha Mahasiswa. Progress Conference, 5(2), 306–311.

Siedlecki, S. L. (2020). Understanding descriptive research designs and methods. Clinical Nurse Specialist, 34(1), 8–12.

Suardi, S., & Nur, S. (2022). Strengthening Character In The Teaching Campus Program At The Jaya Negara Elementary School, City Of Makassar. JED (Jurnal Etika Demokrasi), 7(1), 28–37.

Suranto, S., Sulistyanto, A., & Marimin, A. (2022). PROGRAM MAGANG WIRAUSAHA MERDEKA MENINGKATKAN MENTAL BERDAYA WIRAUSAHA MAHASISWA. BUDIMAS: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 4(2), 530–535.

Susanti, N., Ronando, E., Basyarach, N. A., Sulistyawati, D. H., & Widiasih, W. (2022). Analysis of the effect of the MBKM Internship Program and Certified Independent Study (MSIB) on university performance Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya. Technium Soc. Sci. J., 27, 579.

Wulan, E. P. S., Saragi, N., Galingging, I., & Ambarita, M. K. (2023). Dampak Mata Kuliah Modul Nusantara Terhadap Mahasiswa Program Pertukaran Mahasiswa Merdeka (PMM). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 5(1), 5959–5963.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i4.8356

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.