SUSTAINABILITY INNOVATION DALAM PENERAPAN E-GOVERNMENT

Rahmanul Rahmanul, Meyzi Heriyanto, Adianto Adianto

Abstract


Semakin meningkatanya jumlah penduduk di setiap wilayah juga akan beriringan dengan meningkatnya kebutuhan akan pelayanan publik. Dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik kearah yang lebih baik pemerintah menerapkan konsep E-Government pada beberapa instansi nya. Konsep E-Government mengharuskan pengaplikasian teknologi pada setiap penyelenggaraan sistem pemerintahannya. Untuk mewujudkan konsep E-Government maka dibutuhkan inovasi-inovasi di dalam penyelenggaraan pelayanan tersebut, terutama pelayanan dibidang kesehatan. Salah satu instansi pemerintah yang bergerak dibidang kesehatan yaitu Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru yang mana dalam beberapa penyelenggaraan pelayanannya menggunakan konsep E-Government, salah satunya yaitu layanan Sistem Informasi Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (SILAPIS KETAN). Oleh sebab itu tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menganalisis Sustainability Innovation dalam penerapan E-Government di Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, dan menganalisis faktor penghambat dalam penerapan E-Government di Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru. Jenis penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi yang bersifat deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam pelaksanaannya, dari beberapa indikator yang telah ditetapkan bahwa inovasi SILAPIS KETAN dapat bersifat berkelanjutan, dikarenakan inovasi tersebut merupakan suatu layanan yang cukup penting dalam menghindari terjadinya insiden pada pasien di Rumah Sakit Daerah Madani Kota Pekanbaru. Namun disamping itu masih diperlukan beberapa perbaikan agar inovasi tersebut dapat berjalan lebih optimal.


Keywords


Sustainability innovation, e-government, pelayanan

References


Amri, U., Adianto, A., & As’ari, H. (2022). Kebijakan Inovasi dalam Penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kota Dumai. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 12201-12207.

Andhika, L. R. (2020). Kajian Literatur: Studi Pemetaan Sistematis Indikator Inovasi Sektor Publik. Jurnal Litbang Sukowati : Media Penelitian Dan Pengembangan, 3(2), 112. https://doi.org/10.32630/sukowati.v3i2.150

Ardhiyansyah, A., Sulistyowati, N. W., Hidayati, N., & Handayani, E. (2023). Inovasi Berkelanjutan: Pendekatan Kolaboratif untuk Mengatasi Tantangan Sosial-Ekonomi di Provinsi Jawa Barat. Jurnal Pengabdian West Science, 2(06), 460-467.

Basri, Z. (2018). Inovasi Pelayanan Kesehatan Melalui Program Brigade Siaga Bencana di Kabupaten Bantaeng [Universitas Hasanuddin]. https://doi.org/10.1051/matecconf/201712107005

Blowfield, B. M., Visser, W., & Livesey, F. (2007). Sustainability Innovation Mapping the Territory. 2, 1–14.

Creswell, J. W., & Clark, V. L. (2017). Designing and conducting mixed methods research. (3 ed.). Sage publications.

Daud A. (2020). Sistem Pelaporan dan Pembelajaran Keselamatan Pasien Nasional (SP2KPN).”. Jakarta Kementeri Kesehat Republik Indones.

Dhamanti I, Leggat S, Barraclough S. (2020) Practical and cultural barriers to reporting incidents among health workers in Indonesian public hospitals. J Multidiscip Healthc.13:351–9.

Elsi, S. D., Bafadhal, F., & Rahman, R. (2020). Inovasi Kebijakan Publik Dalam Pengembangan Badan Usaha Milik Desa. Jurnal Kebijakan Publik, 11(2), 71-76.

Eprilianto, D. F., Sari, Y. E., & Saputra, B. (2019). Mewujudkan Integrasi Data Melalui Implementasi Inovasi Pelayanan Kesehatan Berbasis Teknologi Digital. Journal of Public Sector Innovations, 4(1), 30-37.

Horne, James C. Van. (2017). Prinsip-Prinsip Manajemen Keuangan. Edisi Ketiga. Jakarta: Salemba Empat.

Kania, R., & Senalasari, W. (2019). Konsep Inovasi Sosial Pada Organisasi Profit. In Prosiding Industrial Research Workshop and National Seminar (Vol. 10, No. 1, pp. 974-981).

Kusumasari, B., Setianto, W. A., & Pang, L. L. (2018). A Study on Digital Democracy Practice: Opportunities and Challenges of e-Health Implementation in Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 22(1), 1. https://doi.org/10.22146/jsp.28863

Mayarni, M., Meilani, N. L., & Zulkarnaini, Z. (2021). Kualitas Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 11-18.

Putu, N., Rosalina, D., & Narsa, H. (2018). Inovasi Pelayanan : Telaah Literatur Perbandingan Sektor Privat dan Sektor Publik. 2, 60.

Revilia, S. A., & Widiyarta, A. (2022). Efektivitas Pelayanan Sim Corner Pada Era New Normal. Jurnal Kebijakan Publik, 13(4), 425-430.

Sari, K. D. A., & Winarno, W. A. (2012). Implementasi E-Government Systemdalam Upaya Peningkatan Clean and Good Governance Di Indonesia. Jurnal Ilmu Sosial dan Politik, XI(1), 1–19.

Salmasi S, Khan TM, Hong YH, Ming LC, Wong TW. Medication errors in the Southeast Asian countries: A systematic review. PLoS One. 2015;10(9):1–19.

Shediac-Rizkallah, M. C., & Bone, L. R. (1998). Planning far the sustainability of community-based health programs: Conceptual frameworks and future directions for research, practice and policy. Health Education Research, 13(1), 87–108. https://doi.org/10.1093/her/13.1.87

Silalahi, E. M., Manar, D. G., & Astuti, P. (2022). Keberlanjutan Inovasi Online Single Submission (Oss) Yang Dikelola Dinas Penanaman Modal Dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (Dpmptsp) Kota Medan. Journal of Politic and Government Studies, 11(3)

Sri Wahyu Wijayanti. (2008). Inovasi Pada Sektor Pelayanan Publik. Jurnal Administrasi Publik. Vol. IV (4),

Sugiyono, (2007), Metode Penelitian administrasi. Bandung: CV. Alfabeta

World Health Organization (WHO). Patient safety making health care safer. World Health Organization. 2017.

Yusrizal, Y., Heriyanto, M., & RFS, H. T. (2018). Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). JIANA (Jurnal Ilmu Administrasi Negara), 16(2), 96-103.

Zacher, Lech W. (2007), E-Government in the Information Society, pada: Anttiroiko, Ari-Veiko and Matti Malkia (eds.), Encyclopedia of Digital Government, Volume IHershey: Idea Group




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i4.8342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.