IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KERJASAMA PENGELOLAAN PARKIR

Dhanang Ksatrio Witjaksono, Sri Wibawani

Abstract


Kondisi pengelolaan parkir di Kabupaten Sidoarjo cenderung belum terkelola dengan baik. Hal ini ditandai oleh rendahnya capaian penerimaan retribusi parkir setiap tahunnya. Dari kendala yang ada, upaya yang dapat dilakukan terkait pengoptimalan implementasi Perda No 17 Tahun 2019 ini Pemerintah Kabupaten Sidoarjo bersama pihak swasta menyelesaikan permasalahan parkir yang ada di Kabupaten Sidoarjo. Tujuan Penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana Implementasi kebijakan kerja sama pengelolaan parkir di Kabupaten Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini menganalisis enam faktor yang mempengaruhi proses implementasi kebijakan menurut Van Meter dan Van Horn dantaranya adalah 1) Tujuan kebijakan dan standar yang jelas, 2) Sumber daya, 3) Kualitas hubungan interorganisasional, 4) Karakteristik lembaga/organisasi pelaksana, 5) Lingkungan politik, sosial, dan ekonomi, 6) Disposisi/tanggapan atau sikap para pelaksana. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teori dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah Dinas Perhubungan telah mengimplementasikan kebijakan kerja sama parkir di Kabupaten Sidoarjo dengan bermitra bersama PT Indonesia Sarana Servis. Namun dalam pelaksaksanaanya memiliki beberapa hambatan yang menghambat keberhasilan implementasi. Dalam kesimpulannya, implementasi kebijakan kerja sama pengelolaan parkir di Kabupaten Sidoarjo telah membawa dampak positif dalam beberapa aspek, seperti penerapan teknologi elektronik parkir dan peningkatan perputaran ekonomi. Namun terdapat tantangan dalam hal koordinasi, interpretasi tujuan kebijakan, dan hubungan antarinstansi yang perlu diperhatikan dan ditingkatkan untuk mencapai hasil yang lebih optimal.


Keywords


Implementasi, pengelolaan parkir, kerjasama, koordinasi

References


Andani, A. T. V., Setyowati, E., &Amin, F. (2019). Implementasi Program Pelayanan One Day Service dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Badan Pertanahan Nasional Kota. Jurnal Ilmiah Administrasi Publik, 5(3), 328–336.

Anggara, S. (2014). Kebijakan Publik (I ed.). Pustaka Setia.

Arwanto, C. P., & Sri, W. (2022). Implementasi Smart Economy Dalam Pemberdayaan Industri Kecil Menengah Kota Kediri Menuju Smart City. PERSPEKTIF, 451–459.

Astuti, R. S., Warsono, H., & Rachim, A. (2020). Collaborative Governance dalam Perspektif Administrasi Publik. Semaarang: Universitas Diponegoro Press.

Budiawan, Afrizal, & Najmuddin. (2019). Analisis Implementasi Kebijakan Kerja sama Pengelolaan Parkir Dalam Mewujudkan Good Governance Pengelolaan Parkir Di Kota Solok.

Fatimah, S., & Rodiyah, I. (2018). Implementasi Kebijakan Parkir Berlangganan di Kabupaten Sidoarjo . JKMP , 155 - 171.

Florence, S. (2018). Inovasi Pelayanan Publik (Studi tentang Surabaya Intelligent Transport System dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Publik di Dinas Perhubungan Kota Surabaya). Manajemen dan Kebijakan Publik UNAIR, 6(2), 1–8

Kerangka Acuan Kerja (KAK) Pelaksanaan Pengelolaan Parkir -Melalui Kerjasama Pihak Ketiga Pemerintah Kabupaten Sidoarjo Provinsi Jawa Timur 2021

Kusmayadi, N., & Hertati, D. (2022). Implementasi Kebijakan Penanggulangan Hiv/Aids. Jurnal Kebijakan Publik. 13(2). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i2.8004

Mahendra, M., & Zulkarnaini, Z. (2021). Implementasi Peraturan Walikota Pekanbaru Nomor 19 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pengelolaan Pelayanan Informasi dan Dokumentasi di Lingkungan Pemerintah Kota Pekanbaru. Cross-border, 4(2), 623-636.

Mentari, M., & Zulkarnaini, Z. (2017). Implementasi Kebijakan Pengadaan Bus Sekolah Gratis Bagi Pelajar di Kecamatan Mandau Kabupaten Bengkalis (Doctoral dissertation, Riau University).

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldaña, J. (2014). Qualitative data analysis: a methods sourcebook. USA: Arizona State University.

Moleong, L. J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nanang, H. (2012). Jejaring untuk Membangun Kolaborasi Sektor Publik. Jejaring Administrasi Publik.

Nugrahani, F. (2014). Metode Penelitian Kualitatif dalam Penelitian. Solo: Cakra Books.

Novanto, Hidayat Eko, and Sri Wibawani. Implementasi Program Padat Karya Tunai Desa. Jurnal Kebijakan Publik, no. 2,

Pradana, G. W., Eprilianto, D. F., & Ramadhana, M. R. (2021). Kebijakan Parkir Elektronik Sebagai Salah Satu Wujud Penerapan Smart City Di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen dan Kebijakan Publik, 6(2), 110 - 123. From https://doi.org/10.14710/gp.6.2.2021.110%20-%20123

Puspitasari, Reni & Mudana, I. (2017). Kajian Penataan Parkir di Badan Jalan Kota Cirebon. Warta Penelitian Perhubungan. 29. 105. 10.25104/warlit.v29i1.457.

Putong, L., & Wahyudi, K. (2022). Implementasi program Bantuan Sosial Tunai Pada UMKM. Jurnal Kebijakan Publik, 13(4), 338. https://doi.org/10.31258/jkp.v13i4.8158

Rukmana, N. S., & Susanti, G. (2016). Kerja sama Publik Dan Swasta Dalam Pengelolaan Parkir Di Kota Makassar. JAKPP (Jurnal Analisis Kebijakan & Pelayanan Publik), 127-135.

Rye, T. (2011). Manajemen Parkir: Sebuah Kontribusi menuju Kota yang Layak Huni. In Transportasi Berkelanjutan: Panduan Bagi Pembuat Kebijakan di Kota-kota Berkembang. Eschborn, Germany and Development (BMZ): Federal Ministry for Economic Cooperation .

Situmorang, C. H. (2016). Kebijakan Publik: Teori Analisis, Implementasi dan Evaluasi Kebijakan. Social Secururity Development Institute (SSDI).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tachjan, H. (2006). Implementasi kebijakan publik. AIPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i4.8330

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.