IMPLEMENTASI TRANSPORTASI PUBLIK TERINTEGRASI DI PERKOTAAN
Abstract
Transportasi Publik merupakan pelayanan dasar yang diberikan oleh pemerintah untuk menunjang mobilitas masyarakat dan menjadi sesuatu hal yang penting bagi kehidupan manusia. Pentingnya transportasi publik ini terlihat pada semakin bertambah pesatnya pertumbuhan penduduk di pemukiman kota besar, dengan bertambahnya pertumbuhan penduduk kebutuhan pelayanan jasa angkutan umum atau transportasi publik secara masal adalah sebagai solusi untuk membantu mobilitas masyarakat setiap waktu. Salah satu jenis transportasi publik yang dapat dijadikan pilihan utama untuk mengatasi permasalahan kebutuhan transportasi publik di atas adalah Jak Lingko diketahui jumlah rute layanan Jak Lingko secara keseluruhan berjumlah 36 rute yang merupakan alat transportasi dengan beberapa keunggulan seperti waktu, biaya, akses, dan jangkauan trayek. Hadirnya Jak Lingko diharapkan dapat memberikan pelayanan transportasi yang lebih optimal dan menjadi solusi bagi transportasi publik di DKI Jakarta, serta dapat memberikan dampak besar bagi masyarakat agar menggunakan transportasi publik untuk menunjang mobilitasnya sehari-hari dan memudah masyarakat baik itu dengan adanya integrasi rute ataupun integrasi pembayaran
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Abu Ahmadi, 2004. Sosiologi Pendidikan. Jakarta. PT. Rebnika Cipta.
Abdulsyani, 1994. Sosiologi Skematika, Teori, dan Terapan. Jakarta. Bumi Aksara.
Abdul Wahab, Solichin. 2004. Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara Edisi Kedua. Bumi Aksara. Jakarta.
Adisasmita, Sakti Adji. 2011. Perencanaan Pembangunan Transportasi. Yogyakarta.Graha Ilmu.
Agustino, Leo. 2008. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Alfabeta. Bandung.
A. G Subarsono, 2005. Analisis Kebijakan Publik Konsep, Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar. Yogyakarta.
Dagun. Save M. 2006. Busway, Terobosan Penanganan Transportasi Jakarta. Jakarta. Pustaka Sinar Harapan.
Hardiansyah .2011. Kualitas Pelayanan Publik. Gava Media. Yogyakarta.
Hadari Nawawi, 1984. Administrasi Pendidikan. Jakarta. Gunung Agung.
J, Dwi Narwoko, Sosiologi Teks Pengantar dan Terapan. Jakarta. Prenada Media.
Kamaluddin. 2003. Ekonomi Transportasi. Ghalia Indonesia. Jakarta.
Keban, Yeremias T. 2008. Dimensi Strategis Administrasi Publik Konsep, Teori, dan Isu Edisi Kedua. Yogyakarta : Gaya Media
Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif Buku Sumber Tentang Metode-metode Baru. Jakarta.
Miro, Fidel. 2012, Pengantar Sistem Transportasi. Erlangga. Jakarta.
Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif, Penerbit PT Remaja Rosdakarya Offset, Bandung
Mulyadi, Dedi. 2015. Studi Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik, Konsep dan Aplikasi Proses Kebijakan Publik dan Pelayanan Publik. Alfabeta. Bandung.
Nasution.H.M.N. 2004. Manajemen Transportasi, Penerbit Ghalia Indonesia.
Nugroho, Riant. 2008. Public Policy. PT Elex Media Komputindo: Jakarta.
Pasolong, Harbani. 2010. Teori Administrasi Publik. Alfabeta. Bandung.
Pratama, I Putu Agus Eka. 2014. Smart City Beserta Cloud Computing dan Teknologi-teknologi Pendukung Lainnya. Informatika. Bandung.
Sedarmayanti, 2003, Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja, Penerbit Ilham Jaya, Bandung.
Sinambela, Lijan Poltak. Dkk. 2011 Reformasi Pelayanan Publik. Bumi Aksara. Jakarta.
Ulum, M.Chazienul dan Rispa Ngindana. 2017. Environmental Governance: Isu, Kebijakan dan Tata Kelola Lingkungan Hidup. Malang: UB Press.
Ansell, Chris &, Alison Gash (2008). "Collaborative Governance in Theory and Practice". Journal of Public Administration Research and Theory
Connick, Sarah, and Judith Innes. 2003. Outcomes of collaborative water policy making: Applying complexity thinking to evaluation.Journal of Environmental Planning and Management
Emerson, Kirk, Tina Nabatchi, Stephen Balogh, 2012. "An Integrative Framework for Collaborative Governance". Journal of Public Administration Research and Theory
Firdausi, Mutiara, 2016, Pengembangan Penjadwalan Model Integrasi Antara Angkutan Intermoda Trans Jogja Dengan Jadwal Penerbangan di Bandara Internasional Adisucipto Yogyakarta.
Indrashanty, Anzy, Nugroho, Hernawan, 2015, Pengembangan Angkutan Pemadu Moda Terminal Dhaksinarga Wonosari-Bandara Adisucipto-Stasiun Tugu. Puslitbang Manajemen Transportasi Multimoda.
Pratiwi, Y., dan Sakarov, O. D. 2014. Perbedaan Implementasi Smart City di Negara Berkembang dan Negara Maju Kasus: Indonesia dan Korea Selatan. Seminar Nasional Smart City 2014. Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Puspita, Nadia R., dan Dwi, Purnomo S. 2013. Evaluasi Kinerja Batik Solo Trans (Studi Kasus: Koridor I Kartasura-Palur, Surakarta). Jurusan Teknik Sipil, Fakultas Teknik Universitas Diponegoro.
Suweda, I Wayan, Arisena, Kadek Wikarma, 2012 Analisis tarif Bus Rapid Transit (BRT) Trans Sarbagita berdasarkan BOK, ATP, dan WTP. Fakultas Teknik,Universitas Udayana.
Wijiya, Oktavianus A K. 2015. Evaluasi Program Bus Sekolah Di Kota Surabaya. Mahasiswa Program Studi Ilmu Administrasi Negara, FISIP, Universitas Airlangga
Undang-Undang No 22. Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan mengenai penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan.
Undang-undang No 25 tahun 2009 tentang pelayanan publik.
Peraturan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Nomor PM 15 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum dalam Trayek.
Peraturan Gubernur DKI Jakarta No. 280 Tahun 2014 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Unit Pengelola Jakarta Smart City
Peraturan Gubernur Nomor 33 Tahun 2017 tentang Standar pelayanan minimal layanan angkutan umum Transjakarta.
Peraturan Gubernur No. 306 Tahun 2016. Sejak direncanakan pada Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2013-2017.
Surat Keputusan Gubernur Provinsi DKI Jakarta Nomor 78 Tahun 2018 Tentang Pelaksanaan Program OK-OTrip.
Audia Fachri. Kaloborasi Suku Dinas Perhubungan dalam menertibkan armada Jak Lingko. 2018. “https://medcom.id/nasional/metro/VNxqVYJb-anies-ditantangmenggratiskan-jak-lingko”.
(Akses Tanggal 29 Februari 2020).
Dwi,Jayani.2019.“https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/09/10/jumlah-penduduk-dki jakarta-2019-mencapai-105-juta-jiwa”.
(Akses Tanggal 25 September 2019).
Dwi,Jayani.2019.“https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2019/07/24/kendaraan-apa-yang-terbanyak-melintas-di-jakarta”.
(Akses Tanggal 25 September 2019).
Jakarta Smart City. 2015. “https://smartcity.jakarta.go.id/blog/33/berbagai-informasi-jakarta-kini-ada-di-jakarta-smart-city”.(Akses Tanggal 18 November 2019).
Kharisma, Gilang. 2019. “https://id.techinasia.com/perkembangan-jakarta-smart-city”.
(Akses Tanggal 18 November 2019).
Logo Dinas Perhubungan Provinsi Daerah Khusus Ibukota Jakarta. 2019.
“https://twitter.com/DishubDKI_JKT”. (Akses Tanggal 5 Januari 2020).
Moda Transportasi Publik Terintegrasi Jak Lingko. 2019
“https://m.ayojakarta.com/read/2019/10/25/6656/20-armada-jak-lingko-rute-
kampung-melayu-pondok-kelapa-resmi-meluncur”.
(Akses Tanggal 29 Februari 2020).
Peta Rute Jak Lingko Trayek Jak 77. 2019 “https://www.Transjakarta.co.id/tjberkas/peta/JAK77.png”.
(Akses Tanggal 14 Januari 2020)
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i3.8318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Jurnal Kebijakan Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.