MITIGASI BENCANA KEBAKARAN KAWASAN PERKOTAAN

Bambang Irawan, Sarkani Sarkani, Kus Indarto

Abstract


Kota Bontang termasuk salah satu kota yang rawan kebakaran dan masuk dalam kategori tinggi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan upaya mitigasi bencana kebakaran yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan metode deskriptif. Key informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan Kota Bontang. Informannya adalah Kepala Bidang Fasilitasi dan Pencegahan, Kepala Sekdi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan: (a) wawancara mendalam (indepth interview); (b) observasi; dan (c) dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Teknik analisis model interaktif menurut Miles, Huberman dan Saldana, yang terdiri dari pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.  Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa upaya mitigasi bencana kebakaran yang dilakukan oleh Dinas Pemadam Kebakaran dan Penyelamatan di Kota Bontang telah dilakukan dengan baik namun belum optimal. Hal ini dapat diketahui bahwa pengenalan dan pemantauan risiko bencana yang dilakukan telah berjalan dengan baik. Perencanaan partisipatif dalam penanggulangan bencana yang dilakukan adalah dengan melakukan kerjasama dengan semua stakeholder yang ada di Bontang. Pengembangan budaya sadar bencana dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan yang dimulai dari usia dini. Upaya pengawasan dalam mitigasi bencana yang dilakukan dengan melakukan monitoring dan evaluasi secara berkala. Faktor penghambat yaitu terbatasnya tenaga penyuluh lapangan, terbatasnya tenaga inspektur kebakaran, kurangnya pengawasan dan evaluasi dari atasan, tidak adanya Rencana Induk Proteksi Kebakaran yang memuat peta rawan kebakaran dan data wilayah manajemen kebakaran, tidak adanya standar operating system mitigasi kebakaran serta tempat penyuluhan yang tidak memadai. Implikasi dari penelitian ini adalah semakin menurunnya tingkat kerawanan kebakaran pemukiman di Kota Bontang.

Keywords


Bencana kebakaran, mitigasi, penanggulangan bencana, kebakaran pemukiman.

References


Armando, S. S., & Arif, L. Mitigasi Bencana Banjir Secara Terpadu Dan Kolaboratif. Jurnal Kebijakan Publik, 14(3), 267-276.

Endah, S. (2019). Perencanaan Partisipatif dan Perannya dalam Pembangunan. Https://Www.Handalselaras.Com/.

Fauzi, M., Miladan, N., & Utomo, R. P. (2021). Analisis efektivitas mitigasi bencana kebakaran di Kota Surakarta. Region: Jurnal Pembangunan Wilayah Dan Perencanaan Partisipatif, 16(2), 156–159.

Jefesen, P. E. (2022). Mitigasi Kebakaran Pemukiman Padat Penduduk Di Pesisir Pantai Oleh Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan Kota Tanjungpinang Provinsi Kepulauan Riau. Institut Pemerintahan Dalam Negeri.

Maylani, Tri dan Mashur, Dadang. 2019. Collaborative Governance dalam Pencegahan Kebakaran Hutan dan Lahan Gambut. Jurnal Kebijakan Publik. Vol.10, No.2:105-110.

Mashur, D., & Zulkarnaini, Z. (2022). Analisis Prospektif Strategi Pengembangan Ekowisata Di Kawasan Pesisir PantaI. Jurnal Kebijakan Publik, 13(1), 39-44.

Muthmainnah, S. (2022). Efektivitas Penanggulangan Bencana Kebakaran Permukiman Di Kota Langsa Provinsi Aceh.

Muyasaroh, Siti Martatiani dan Sudarmilah, Endah. 2019. Game Edukasi Mitigasi Bencana Kebakaran Berbasis Android. Jurnal PROtek. Vol.6, No.1:31-35.

Mustainah, M., & Royfandi, M. Problematika Dan Kesiapsiagaan Pemerintah Dalam Penanganan Bencana. Jurnal Kebijakan Publik, 13(1), 45-53.

Rahman, B. (2015). Pentingnya Administrasi Publik Dalam Pembangunan. Jurnal Akuntansi Dan Pembangunan (JAKTABANGUN) STIE Lhokseumawe, 1(1), 151–160.

Yuliani, F. (2018). Implementasi perlindungan dan pengelolaan ekosistem gambut serta pengendalian kebakaran hutan dan lahan. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 37-44..

Yuliani, F., & Sadad, A. (2022). Peran Aktor Kebijakan Pada Networking Kebijakan Pengendalian Kebakaran Hutan Dan Lahan. Jurnal Kebijakan Publik, 13(3), 317-322.

Zulkarnaini, Z., & As' ari, H. (2019). Diseminasi peraturan Desa (perdes) untuk pencegahan Kebakaran Lahan Gambut. Jurnal Kebijakan Publik, 10(2), 75-82.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i4.8312

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.