INOVASI PROGRAM APLIKASI JATIRENGGO LAYANAN TERPADU ONLINE

Khofifah Agustina, Agus Widiyarta

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis Inovasi Program Aplikasi Jatirenggo Layanan Terpadu Online (JALANTOL) di Desa Jatirenggo Kecamatan Glagah Kabupaten Lamongan. Dijelaskan dengan teori atribut inovasi Rogers dalam (Suwarno, 2008) yang meliputi: : Relatif Advantage atau keuntungan relatif, Compability atau kesesuaian, Complexity atau kerumitan, Triability atau kemungkinan dicoba, Observability atau kemudahan diamati. Pemerintah Desa Jatirenggo membuat sebuah terobosan baru yaitu inovasi program Aplikasi Jatirenggo Layanan Terpadu Online (JALANTOL). Aplikasi ini merupakan aplikasi berbasis website dan mobile yang dapat diunduh melalui playstore di HP/Smartphone andorid untuk mendapatkan pelayanan desa tanpa harus datang terlebih dahulu ke kantor desa sehingga mempermudah proses pelayanan. Dalam penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan cara wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini menjelaskan bahwa adanya inovasi program aplikasi JALANTOL dapat membantu mempermudah proses pelayanan. Dalam penelitian ini juga dijelaskan bahwa inovasi program aplikasi JALANTOL telah dilaksanakan dengan baik meskipun masih ada beberapa kekurangan dan kendala, namun hal tersebut dapat diatasi dengan baik dan tidak mengganggu proses pelayanan.


Keywords


Pelayanan Publik, Inovasi, Aplikasi JALANTOL

References


Anjani, W. S., Hanapiah, P., & -, R. (2019). Inovasi Pelayanan Publik Oleh Badan Pendapatan Daerah Provinsi Jawa Barat Melalui Kegiatan Samsat Masuk Desa. CosmoGov, 5(2), 189. https://doi.org/10.24198/cosmogov.v5i2.21739

Aprilia Hapsari, Muhammad Guntur, & Rukmana, N. S. (2021). Inovasi Pelayanan Publik (PAKDES: Aplikasi Laporan Dana Desa Kreatif Berbasis Online di Kecamatan Mallawa Kabupaten Maros). Jurnal Administrasi Publik, 17(2), 283–304. https://doi.org/10.52316/jap.v17i2.77

Arnas, Y., & Zulkarnaini, Z. (2021). Inovasi Jemput Layani Penderita TBC (Jelita TBC) di Puskesmas Rambah Samo I Kabupaten Rokan Hulu. Cross-border, 4(2), 656-672.

Erna, S. (2017). Inovasi Kebijakan Pelayanan Publik : Best Practice di Indonesia. Airlangga University Pres.

Haqie, Z. A., Nadiah, R. E., & Ariyani, O. P. (2020). Inovasi Pelayanan Publik Suroboyo Bis Di Kota Surabaya. JPSI (Journal of Public Sector Innovations), 5(1), 23. https://doi.org/10.26740/jpsi.v5n1.p23-30

Hidayah, D. D. (2020). Kualitas Pelayanan Publik (Studi Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Kecamatan Cipatujah KabupatenTasikmalaya). Dinamika : Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Negara, 7(1), 28–34.

Karimi, D. S. Al, & Meirinawati. (2022). Inovasi Program Desa Siap Dan Lancip (Layanan Cepat, Empatik, Dan Pro Aktif) Di Desa Lowayu Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. 10(4), 1101–1110.

Kreiner R & Kinicki A. 2001. Organizational Behavior, Boston: Mcgraw Hill Companies, inc.

Maulani, W. (2020). Penerapan Electronic Government Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik ( Studi Kasus Program E-Health Di Kota Surabaya ). 5(2), 44–54.

Muliawaty, L., & Hendryawan, S. (2020). Peranan E-Government Dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus: Mal Pelayanan Publik Kabupaten Sumedang). Jurnal Ilmu Administrasi, 11(2), 101–112. file:///C:/Users/ASUS/Downloads/2898-Article Text-11413-2-10-20210323.pdf

Muluk. (2008). KNOWTEDGEMANAGEMEN : Kunci Sukses lnovasi Pemerintahan Daerah. Banyumedia Publishing.

Mulyadi, D. (2018). Administrasi Publik Untuk Pelayanan Publik (cetakan ke). https://cvalfabeta.com/product/administrasi-publik-untuk-pelayanan-publik/

Mulyawan, D. R. (2016). Birokrasi dan Pelayanan Publik (W. Gunawan (ed.)). Unpad Press.

Noor Irawan. (2013). Desain Inovasi Pemerintah Daerah. Universitas Brawijaya Press.

Putri, R. I., & Zulkarnaini, Z. (2022). Inovasi Pelayanan Drive Thru di Polres Kabupaten Rokan Hilir. JURNAL HUKUM, POLITIK DAN ILMU SOSIAL, 1(4), 88-96.

Saputra, D. P., & Widiyarta, A. (2021). Efektivitas Program SIPRAJA Sebagai Inovasi Pelayanan Publik di Kecamatan Sidoarjo Kabupaten Sidoarjo. JPAP: Jurnal Penelitian Administrasi Publik, 7(2), 194–211. https://doi.org/10.30996/jpap.v7i2.4497

Setiawan, H. (2021). Inovasi Pelayanan Publik Lukadesi (Keluarga Berduka Desa Siaga) di Sleman D.I. Yogyakarta. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 3(1), 1–22. https://doi.org/10.47650/jglp.v3i1.180

Setyadi, I. R. B. dan E. (2019). Optimalisasi Potensi Desa (D. Novita (Ed.)). PT Grasindoi.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R7D. CV Alfabeta.

Suharsaputra, U. (2016). Kepemimpinan Inovasi Pendidikan (Mengembangkan Spirit Enterpreneurship Menuju Learning School). PT Rafika Aditama.

Suwarno, Y. (2008). Inovasi Di Sektor Publik. STIA-LAN Press, October 2008, 1–148.

Syahdilla, N. R., & Zulkarnaini, Z. (2022). INOVASI PELAYANAN PAJAK MELALUI SMART TAX DI BAPENDA KOTA PEKANBARU. Cross-border, 5(2), 1461-1468.

Umarsyah, D., & Zulkarnaini, Z. (2021). Tipologi Inovasi Sistem Pelayanan Kependudukan Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Manajemen Dan Ilmu Administrasi Publik (JMIAP), 3(3), 180-188.

Wati, N. K. (2021). Tipologi Inovasi Pelayanan Publik dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tangerang Selatan Di Masa Pandemi. Jurnal of Government, 6(2), 89–110.

Yulianita, R. P., & Pradana, G. W. (2021). Inovasi Aplikasi “Smart Desa” Dalam Bidang Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Desa Sidomulyo Kecamatan Megaluh Kabupaten Jombang. Publika, 9(3), 227–242.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i4.8298

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.