PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT DALAM MENDUKUNG REFORMASI BIROKRASI

Ahmad Fitri, Sujianto Sujianto, Hasim As'ari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk melihat sejauh mana Pemerintah Provinsi Riau mampu mengelola pengaduan masyarakat untuk mendukung pelaksanaan reformasi birokrasi. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam penelitian ini dideskripsikan bagaimana fenomena pengelolaan pengaduan di lingkungan Pemerintah Provinsi Riau. Pembahasan hasil penelitian dilakukan dengan menggunakan teori manajemen ataupun pengelolaan yang dikemukakan George R Terry. Pembahasan terkait hasil penelitian dilakukan setelah menganalisis berbagai data yang diperoleh dari hasil wawancara, observasi dan mempelajari berbagai dokumen terkait dengan penelitian. Hasil penelitian memperlihatkan betapa pengelolaan pengaduan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi Riau sudah bisa dijalankan dengan baik. Namun walaupun demikian, masih terdapat sejumlah kendala yang menghambat pelaksanaan pengelolaan pengaduan tersebut. Kendala yang dihadapi seperti terjadinya pandemi Covid-19, belum optimalnya kompetensi petugas pengelola dan adanya kebijakan mutasi di lingkungan petugas pengelola pengaduan. Berbagai kendala yang dialami mengakibat pengelolaan pengaduan tidak bisa berjalan optimal karena masih banyak pengaduan masyarakat yang tidak bisa ditindaklanjuti sebagaimana mestinya


Keywords


Pengelolaan Pengaduan, Pelayanan Publik, Reformasi Birokrasi

References


Afala, Laode Machdani. 2017. Pasang Surut Reformasi Birokrasi dalam Transisi Demokrasi Indonesia. Jurnal Transformative. Vol. 3, Nomor 1.

Basuki, Johanes. 2013. Budaya Pelayanan Publik. Jakarta Timur: Hartomo Media Pustaka.

Chaharani, N. A., Adi, T. P., & Hasmi, D. L. (2020). Penerapan aplikasi pendaftaran antrian paspor online (Apapo) dalam perspektif E-Government. Jurnal Kebijakan Publik, 11(2), 83-88.

Dwiyanto, Agus. 2011. Mengembalikan Kepercayaan Publik Melalui Reformasi Birokrasi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dwiyanto, Agus, dkk. 2012. Reformasi Birokrasi Publik di Indonesia. Yogyakarta, Gadjah Mada University Press.

Gusti & As’ari. 2023. Pelayanan Publik Dalam Perspektif New Public Service Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru. Journal of Research and Development on Public Policy (Jarvic) Vol.2, No. 1.

Hasan, H. Implementasi Pembentukan Pusat Pelayanan Informasi Dan Pengaduan (PINDU). Jurnal Kebijakan Publik, 10(2), 97-104.

Haerana dan Burhanudin. 2022. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Hakim, Adhar. 2019. Disrupsi Pelayanan Publik. Jakarta: Ombudsman Republik Indonesia.

Haryatmoko. 2011. Etika Publik untuk Integritas Pejabat Publik dan Politisi. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Heriyanto, M, Tua, H dan Yusrizal. 2018. Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Masyarakat pada Pelayanan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el). Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Volume 15, Nomor 1: 96-103.

Jaweng, Robert Na Endi. 2022. Empat Wajah Desentralisasi. Jakarta: Kompas Media Nusantara.

Lestari, R. VOR, Rusli, Z & Yuliani, F. 2020. Kualitas Pelayanan Publik pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Jurnal Ilmu Administrasi Negara. Volume 16, Nomor 1: 118-123.

Mariana, Dede. dkk, 2010. Revitalisasi Administrasi Negara: Reformasi Birokrasi dan e-Governance.

Mukarom, Zaenal dan Muhibudin W. L. 2018. Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pustaka Setia.

Mursyidah, Lailul dan Ilmi Usrotin Choiriyah. 2020. Manajemen Pelayanan Publik. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Ngorang, Philipus. 2020, Etika Pelayanan Publik: Sebuah Pengantar. Depok: Rajagrafindo Persada.

Nurdin, Ismail. 2019. Kualitas Pelayanan Publik. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Prasodjo, Tunggul. 2017. Paradigma Humanis dalam Pelayanan Publik. Jurnal Ilmiah Ilmu Administrasi Publik. Vol.7, No.1.

Prayitno, Witra Apdhi Yohanitas Teguh Henry. 2014. Pengelolaan Pengaduan Masyarakat Kota Bekasi. Jurnal Borneo Administrator. Volume 10, No. 1.

Santoso, Purwo. 2000. Mencari Pola Baru Hubungan Negara-Rakyat. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 3 Nomor 3.

Sinambela, Lijan Poltak, dkk. 2016, Reformasi Pelayanan Publik. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2021. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Suharko. 2005. Masyarakat Sipil, Modal Sosial dan Tata Pemerintahan yang Demokratis. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 8 Nomor 3.

Terry, George R dan Rue, Leslie W. 2019. Dasar-dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Terry, George R. 2013. Prinsip-prinsip Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Yuliarso, Kurniawan Kunto dan Nunung Prajarto. 2005. Hak Asasi Manusia di Indonesia: Menuju Democratic Governance. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Volume 8.

Winoto, S., & Handayani, M. T. (2022). Penguatan reformasi birokrasi di pemerintah Provinsi Jawa Timur dalam perspektif policy leadership. Publisia: Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 7(1), 37-52.

.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i3.8283

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.