PELAYANAN ADMINISTRASI PERTANAHAN BERBASIS INOVASI

Didik Noviyanto, Febri Yuliani, Darmanto Darmanto

Abstract


Pelaksanakan pelayanan Permohonan Tanah Pertama Kali dan Peralihan Hak seringkali terlambat dari batas waktu yang telah ditentukan. Untuk menyikapi permasalahan tersebut, Kantor Pertanahan Kabupaten Pelalawan telah menetapkan sebuah Pelayanan Inovasi bertajuk “AKASIA” (Antar Kerumah Anda Sertipikat Jika Lama) dalam rangka penyelenggaraan pelayanan  publik dengan sebuah inovasi. AKASIA merupakan terobosan yang datang dari Kantor Pertanahan Kabupaten Pelalawan sebagai bentuk kompensasi berupa penyerahan sertipikat sampai ke alamat rumah pemohon dengan tetap sesuai prosedur dan syarat pengambilan sertipikat. Konsep teori yang digunakan adalah teori Pelayanan Publik menurut Lovelock (2007). Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pengkajian data secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa layanan AKASIA yang dijalankan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Pelalawan telah terlaksana dengan baik karena realisasi dan respon masyarakat sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan. Namun dalam hal ini pada layanan AKASIA belum memiliki standar prosedur khusus yang mengatur tentang alur serta proses dalam melaksanakan layanan AKASIA serta salah satu kelemahan internal unit pelayanan pemerintah dalam hal ini Kantor Pertanahan Kabupaten Pelalawan adalah kurangnya tenaga SDM berkualitas. Pelaksanaan layanan AKASIA juga masih tergolong belum efektif dilaksanakan, sedangkan permohonan kegiatan Pendaftaran Tanah Pertama Kali juga banyak yang melewati jatuh tempo berdasarkan keluhan dari pemohon.


Keywords


Pelayanan publik, layanan AKASIA, Kantor Pertanahan

References


Agustriani Susanti, Heri Kusmanto, Usman Tarigan. 2018. Implementasi Kebijakan Pelayanan Administrasi Terpadu Kecamatan (PATEN) Terhadap Kualitas Pelayanan Publik di Kecamatan Sidikalang Kabupaten Dairi. Jurnal Administrasi Publik, Vol 6, No. 1.

Ali, Faried. 2019. Teori dan Konsep Administrasi Dari Pemikiran Paradigmatik Menuju Redefinisi. Depok: Rajagrafindo Persada.

Alamsyah, D. 2011. Manajemen Pelayanan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Bungin, B, 2012, Analisis Data Penelitian Kualitatif: Pemahaman Filosofis dan Metodelogis Ke Arah Penguasaan Model Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Despriyatmoko, Gawil dan Syarief, Rizal. (2016). Tingkat Kepuasan Terhadap Kualitas Pelayanan Pemeliharaan Data Pendaftaran Tanah di Kantor Pertanahan Kabupaten Bogor. Jurnal Aplikasi Bisnis dan Manajemen IPB, Vol. 2, No. 2.

Emzir. 2012. Metode Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Rajawali Pers.

Hardiyansyah. 2018. Kualitas Pelayanan Publik. Yogyakarta: Gava Media.

Hilda, Nurul. 2014. Strategi Inovasi Layanan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Surabaya II. Jurnal Universitas Airlangga, Vol. 2, No. 1.

Ibrahim, Amin, 2008. Teori dan Konsep Pelayanan Publik Serta Implementasinya. Bandung: Mandar Maju.

Irawan, P. 2005. Metodologis Penelitian Administrasi, Jakarta: Universitas Terbuka

Iswanto, Y. 2005. Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Universitas Terbuka

Mayarni, M., Meilani, N. L., & Zulkarnaini, Z. Kualitas Pelayanan Publik Bagi Kaum Difabel. Jurnal Kebijakan Publik, 9(1), 11-18.

Mangkunegara. 2005. Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia Bandung: Refika Aditama

Moleong, L. G. 2009. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Pasolong, Harbani. 2020. Metode Penelitian Administrasi Publik. Bandung: Alfabeta.

Purba, Henri Jon. 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Terhadap Persepsi Pelanggan Pada Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Ilmiah Simantek, Vol.4, No.1.

Richardus Eko Indrajit, Electronic Government. Jakarta: Andi.

Rukayat, Yayat. 2017. Kualitas Pelayanan Publik Bidang Administrasi Kependudukan di Kecamatan Pasir Jambu. Jurnal Ilmiah Magister Administrasi, Vol. 11. No 2.

Syafie, Inu Kencana, H & Welasari. 2017. Ilmu Administrasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Semil, Nurmah. 2018. Pelayanan Prima Instansi Pemerintah. Depok: Prenamedia Group.

Saleh, Muwafik. 2021. Komunikasi Pelayanan Publik. Malang: Cita Intrans Selaras.

Singarimbun, Masri. 2011. Metode Penelitian Survei. Jakarta; LP3ES.

Sutadi, Adrian. 2011. Sertifikat Hak Atas Tanah. Jakarta: Sinar Grafika.

Santoso, Urip. 2007. Hukum Agraria dan Hak-hak Atas Tanah. Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Sumardjono, Maria S.W. 2001. Kebijakan Pertanahan: Antara Regulasi & Implementasi. Jakarta: Kompas.

Sulistyaningsih, Endang. 2020. Analisis Kualitas Pelayanan Akademis di Universitas Riau. Universitas Riau. Pekanbaru.

Simamora, Henry. 2012. Manajemen Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: STIE YKPN

Ulumudin, Aceng. 2014. Pengaruh Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Terhadap Kepuasa Masyarakat di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut. Jurnal Universitas Garut, Vol. 5, No. 1.

Waskito dan Arnowo, Hadi. 2017. Pertanahan, Agraria, dan Tata Ruang. Jakarta: Prenadamedia Group.

Widuri, Anissa Ratna, dan Maesaroh. 2019. Analisis Kualitas Pelayanan Pembuatan Sertipikat Tanah di Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Semarang. Universitas Diponegoro. Semarang.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i2.8255

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.