PERENCANAAN KOMUNIKASI PEMBEBASAN LAHAN JALAN TOL

Thiska Ika Jennisa, Anuar Rasyid, Suyanto Suyanto

Abstract


Pengadaan tanah (pembebasan lahan) bagi pembangunan untuk kepentingan umum merupakan tuntutan yang tidak dapat dielakkan oleh pemerintah mana pun. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui I. Tahapan perencanaan komunikasi diterapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau dalam pembangunan jalan tol ruas wilayah Pekanbaru–Dumai. II. Mengetahui pelaksanaan dan monitoring yang diterapkan oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi untuk menentukan khalayak sasaran komunikasi pada permasalahan pembebasan lahan lokasi pembangunan jalan tol ruas wilayah Pekanbaru–Dumai. III. Mengetahui hasil evaluasi dan pelaporan dalam penyelesaian konflik dari perencanaan komunikasi yang telah dilaksanakan oleh Dinas Pekerjaan Umum Provinsi Riau dalam permasalahan pembebasan lahan lokasi pembangunan jalan tol ruas wilayah Pekanbaru-Dumai. Jenis penelitian yang akan digunakan dalam  penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori Komunikasi Pembangunan dari Rogers (1985) dan menggunakan Konsep Perencanaan Komunikasi dari Canggara. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa dalam perencanaan komunikasi Dinas Pekerjaan Umum memiliki 4 tahap yaitu sosialisasi, pendataan, konsultasi publik dan penetapan lokasi. Dalam penentuan khalayak Dinas Pekerjaan Umum menerima Dokumen Perencanaan Pengadaan Tanah, Melaksanakan sosialisasi, Melaksanakan Pendataan Awal, Melaksanakan Konsultasi Publik, Menyiapkan Penetapan Lokasi dan Mengumumkan Penetapan Lokasi (Penlok).


Keywords


Jalan tol, komunkasi pembangunan, perencanaan komunikasi

References


Aw, Suranto. (2019). Perencanan dan Evaluasi Program Komunikasi.Yogyakarata: Pena Presindo

Cangara, Hafied. (2014). Perencanaan dan Stategi Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Cutlip, M.Scott. Center, Allen. H. Broom, M.Glen. (2016). Effective Public Relations Ed.9. Jakarta: Prenada Media Group.

Effendy, Onong Uchjana. (1977). Human Relations dan Public Relations Dalam Management. Bandung: Penerbit Alumni.

Kasali, Rhenald. (2003). Manajemen Public Relations: Konsep dan Aplikasinya di Indonesia. Jakarta. Pustaka Utama Grafiti.

Korten, C. David. (2010). People-Centered Development: Reflections on Development Theory and Method. Paper. Manila.

Kunczik, Michael. (1984). Communication and Social Change. Bonn: Friedrich Ebert Stiftung.

Kusworo. (2019). Manajemen Konflik dan Perubahan dalam Organisasi. Bandung: Alqaprint Jatinangor.

Melati, M., & Zulkarnaini, H. (2021). Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelurahan Pasir Pengaraian. Journal Publicuho, 4(1), 19.

Mengie, S. W. (2021). Problematika Pembebasan Tanah Dalam Rangka Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung. POLITICO: Jurnal Ilmu Politik, 10(3)..

Pawito. (2008). Penelitian Komunikasi Kualitatif, Yogyakarta: Pelangi Aksara.

Ruslan, Rusady. (1999). Manajemen Humas dan Manajemen Komunikasi. Jakarta: PT.Raja Grafindo Persada

Trisna Wulandari, D. (2018). Proses Komunikasi Tim Pengadaan Tanah Cipal Dalam Program Sosialisasi Pembebasan Lahan Jalan Hambatan Tol (Doctoral dissertation, Universitas Komputer Indonesia).

Zulkarnaini, Z., Sujianto, S., & Wawan, W. (2023). Strengthening Community Social Capital In Peatland Management. Sosiohumaniora, 25(1).

Zulkarnaini, Z., & Gevisioner, G. Differences Perception And Interest In Peatland Management Policy. Jurnal Kebijakan Publik, 12(2), 65-72.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v14i2.8250

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.