IMPLEMENTASI PROGRAM BANTUAN SOSIAL TUNAI PADA UMKM

Lidya Britania Putong, Kalvin Edo Wahyudi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan implementasi program Bantuan Sosial Tunai pada UMKM di Kota Balikpapan. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan indikator pengukuran teori implementasi dari Van Meter dan Van Horn. Hasil penelitian menyatakan jikalau implementasi program Bantuan Sosial Tunai pada UMKM di Kota Balikpapan cukup berhasil diimplementasikan. Hal ini dapat dibuktikan dengan : 1) Standar kebijakan dan sasaran program, sasaran program memiliki arah yang jelas namun untuk standar keijakan tidak ada. 2) Sumber daya, mengenai sumber daya manusia serta sarana dan pra sarana sudah terpenuhi dengan baik namun masih terdapat kekurangan dana. 3) Komunikasi sudah terimplementasi dengan baik dari segi cara berkomunikasi maupun fasilitas yang digunakan dalam komunikasi. 4) Karakteristik terimplementasi dengan baik dengan adanya tim kerja dan dapat memutuskan keputusan bersama dengan baik. 5) Keterlibatan lingkungan ekonomi, sosial, dan politik dari segi ekonomi dan politik sudah mendukung namun dari segi sosial masyarakat meresahkan mengenai ketidakmerataan bantuan. 6) Disposisi sudah baik yaitu dengan implementor menyikapi positif akan program dan memahami akan tugas masing-masing. 7) Aspek Lain yaitu bagi masyarakat yang tidak mendapatkan bantuan tidak diberi tahu mengenai alasan tidak mendapatkan sehingga dalam hal ini dinyatakan masih kurang.


Keywords


Implementasi; Bantuan Sosial Tunai; UMKM

References


Agustino, Leo. (2006). Dasar-Dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Fachrezi, Hakim. (2019). Pengaruh Komunikasi Motivasi Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Di PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Kualanamu. Medan; Program Pascasarjana-UMSU.

Febriadi, H. (2019). Implementasi Peraturan Daerah Kabupaten Hulu Sungai Utara Nomor 7 Tahun 2016 Tentang Penyelenggaraan Kebersihan dan Keindahan Lingkungan Dikelurahan Sungai Malang Kecamatan Amuntai Tengah. Administraus, 3(3), 211-226.

Herdiana, D., Wahidah, I., Nuraeni, N., & Salam, A. N. (2021). Implementasi Kebijakan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa Bagi Masyarakat Terdampak COVID-19 di Kabupaten Sumedang: Isu dan Tantangan. Jurnal Inspirasi, 12(1), 1-16.

Kusmayadi, N. W., & Hertati, D. (2022) Implementasi Kebijakan Penanggulangan Hiv/Aids. Jurnal Kebijakan Publik, 13(2), 122-129.

Lestari, Meta. (2018). Pengarus Kejelasan sasaran anggaran dan partisipasi penyusunan anggaran terhadap kinerja menejerial. Skripsi, dipublikasi. Tangerang: Program Sarjana-UBD

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, Bandung : Remaja Rosdakarya. Hal. 145.

Maun, Carly Erfly Fernando. (2020). Efektivitas Bantuan Langsung Tunai Dana Desa Bagi Masyarakat Miskin Terkena Dampak Covid-19 Di Desa Talaitad Kecamatan Suluun Tareran Kabupaten Minahasa Selatan. Jurnal Politico 9(2): 1–16.

Miles, Matthew B, Michael Huberman, and Johnny Saldana. (2014). Qualitative Data Analysis. 3rd ed. United Stated of America: SAGE Pubkications.

Moenir. (2006). Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. (2018). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Noerkaisar, N. (2021). Efektivitas Penyaluran Bantuan Sosial Pemerintah untuk Mengatasi Dampak Covid-19 di Indonesia. Jurnal Manajemen Perbendaharaan, 2(1), 83-104.

Presiden Republik Indonesia. (2014). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah. : 1–43.

Subarsono, AG. (2005). Analisis Kebijakan Publik Konsep Teori dan Aplikasi. Yogyakarta :PustakaPelajar.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wahab, Solichin Abdul. (2012). Analisis Kebijakan : Dari Formulasi Ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik. Bumi Aksara.

Widodo. (2007). Analisis Kebijakan Publik. Jakarta: Bayu Media.

Winarno, B. (2016). Kebijaka Publik Era Globalisasi : Teori, Proses, dan Studi Komparatif, Yogyakarta : Center of Academik Publishing Service.

Worldometers. (2021). Covid-19 Coronavirus Pandemic.https://www.worldometers.info/coronavirus/.

Yunita, I., & Agustang, A. (2022). Ketidakmerataan Bantuan Langsung Tunai Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Masyarakat Kurang Mampu di Desa Carawali Kabupaten Sidrap. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(2), 181-191




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i4.8158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.