KEBIJAKAN PENGUATAN HILIRISASI PRODUK BERBASIS TEKNOLOGI

Bambang S Pujantiyo

Abstract


Dalam melaksanakan hilirisasi produk berbasis teknologi (komersialisasi teknolog), kolaborasi triple helix antara Academician - Businessman - Government (ABG) adalah hal yang sangt penting. Di Indonesia, kolaborasi seperti ini belum banyak memberikan kontribusi signifikan terhadap daya saing nasional. Oleh karena itu, sangat diperlukan kebijakan penerapan penguatan hilirisasi produk berbasis teknologi di seluruh lembaga riset di Indonesia termasuk di perguruan tinggi. Kebijakan yang dimaksud adalah penguatan metodologi yang digunakan dalam hilirisasi produk yang berbasis pada teori Randal Gold Smith. Teori ini terdiri dari 3 tahap yaitu tahap investigasi, tahap pengembangan / validasi, dan tahap komersialisasi. Khususnya pada tahap pengembangan ini terdiri dari beberapa validasi yaitu uji kolaborasi, uji bisnis model, uji produksi, uji pasar, uji harga, serta HKI. Hasil yang telah diterapkan dalam penerapan metodologi ini di lingkungan beberapa lembaga riset, telah menunjukkan dampak yang cukup signifikan. Dari hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa untuk dapat menopang daya saing nasional, maka diperlukan kebijakan keseragaman dalam penggunaan metodologi penguatan hilirisasi produk ini dalam kerangka triple helix

Keywords


Technology

References


Balai Inkubator Teknologi. (2017). Laporan Akhir penerapan dan pelayanan inkubasi teknologi.

Balai Inkubator Teknologi. (2020). Laporan Program penerapan dan pelayanan inkubasi teknologi.

Bambang Pujantiyo. (2014). Kiat menjadi pengusaha inovatif. Timpani Publishing.

Dehghani, T. (2015). Technology commercialization : From generating ideas to creating economic value. IInternational Journal of Organization Leadership, 4, 192–199.

Ferreira, E. J., & Steenkamp, R. J. (2015). The exploration of the triple helixconcept in terms of entrepreneurial universities and corporate innovation. In Corporate Ownership & Control (Vol. 12, Issue 2). www.award.uiin.org

Handoko F. (2017). Constructing knowledge and technology transfer model for SMEs technology development in emerging economies. IJPTE : International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 1(2). https://doi.org/10.20961/ijpte.v1i2.15124

IMD World competitiveness center. (2022). IMD World Competitiveness Booklet. https://www.ptonline.com/articles/how-to-get-better-mfi-results

Kemendikbud. (2021). Panduan Program Matching Fund 2021.

Kemenristek. (2019). Panduan calon perusahaan pemula berbasis teknologi dari perguruan tinggi tahun 2019.

Kim, Y.-J., & Shin, S. J. (2017). What causes technology commercialization to succeed or fail after transfer from public research organizations. Asian Journal of Innovation and Policy, 6(1), 23–44. https://doi.org/10.7545/ajip.2017.6.1.023

Parker, K., & Mainelli, M. (2001). Great mistakes in technology commercialisation ( a version of this is shortly to be published in the journal of Strategic Change , Vol 10 , 2001 ). Great Mistakes in Technology Commercialization, 10(October), 1–9.

Pasaribu, M., M.Baga, L., & Purwono, J. (2021). Strategy of rice variety technology transfer for supporting the agricultural inventions commercialization. Jurnal Penelitian Pertanian Terapan, 21(3), 227–241. https://doi.org/10.25181/jppt.v17i3.2152

Pujantiyo, B. S. (2017). Technopreneurship dalam komersialisasi teknologi.

Randall Goldsmith. (2003). Model of commercialization, arkansas small business and technology development center. Google Scholar.

Siegel. (2003). Commercial knowledge transfers from universities to firms: improving the effectiveness of university–industry collaboration. The Journal of High Technology Management Research, 14(1), 111–133. https://doi.org/10.1016/S1047-8310(03)00007-5

Srivastava, P., & Chandra, S. (2010). Technology commercialization: Indian university perspective. In J. Technol. Manag. Innov (Vol. 7, Issue 4). http://www.jotmi.org

Sumirah, I. (2012). Strategi pemasaran dalam meningkatkan komersialisasi hasil litbang (Kasus : Balit Palma). Jurnal Pembangunan Manusia, 6(1).

World Economic Forum. (2020). Global competitiveness report special edition 2020: How countries are performing on the road to recovery. How Countries are Performing on the Road to Recovery




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i4.8129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.