STRATEGI PENINGKATAN PELAYANAN MELALUI SISTEM PELAYANAN RAKYAT SIDOARJO 4.0 (SiPraja 4.0)

Efa Rohmatin Febriani, Ananta Prathama

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi yang dimiliki Desa Sugihwaras dalam meningkatkan pelayanan berbasis program SiPraja. Jenis penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan menggunakan metode pendekatan kualitatif deskrptif. Lokasi penelitian ini berada di Desa Sugihwaras Kecamatan Candi Sidoarjo. Fokus Penelitian ini menggunakan lima strategi untuk meningkatkan pelayanan berbasis Program SiPraja. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini melalui dengan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan dalam meningkatkan pelayanan berbasis program SiPraja, Desa Sugihwaras sudah menerapkan Strategi penyederhanaan struktur dalam peningkatan pelayanan berbasis program SiPraja tanpa keluar dari tupoksi yang sudah ditetapkan sebelumnya. Strategi penyederhanaan Prosedur dengan pelayanan yang diberikan kepada masyarakat Desa Sugihwaras semula manual menjadi lebih cepat dan transparan dengan adanya SiPraja. Strategi pengembangan infrastruktur yakni dibuktikan dengan adanya pengambilan surat pengajuan berbasis SiPraja yang sudah ada TTD-E dari bapak kepala desa. Strategi pengembangan budaya kultur melalui respon perangkat Desa Sugihwaras dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat dengan menerapkan nilai dan norma. Strategi pengembangan pengawasan dapat dilihat dari kemampuan dari perangkat Desa Sugihwaras dalam menyampaikan informasi, kemandirian masyarakat dalam mengurus surat dan kepercayaan masyarakat Desa Sugihwaras yang semakin meningkat dengan adanya pelayanan berbasis program SiPraja.


Keywords


Strategi; Pelayanan Publik; Program SiPraja

References


Antariksa, O. (2017). Strategi Peningkatan Pelayanan Pembuatan E-KTP Oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Surabaya. Kebijakan dan Manajemen Publik.

Dinda, N.Y. (2019). Kualitas Pelayanan Melalui Penerapan Elektronik Goverment Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Lombok Barat Tahun 2019. 2.

Fanida, E. H., Rahaju, T., Niswah, F., Megawati, S., & Devi, A. (2021). Implementation of Electronic Government Through the People ’ s Service System in Sidoarjo ( SIPRAJA ) in Tambakrejo Village , Waru District , Sidoarjo Regency. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, 603(Proceedings of the International Joined Conference on Social Science (ICSS 2021)), 82–90.

Hilda, N. (2014). Strategi Inovasi Layanan dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan di Kantor Pertanahan Kota Surabaya II. Kebijakan Dana Manajemen Publik, 2(1), 1–10.

Mentari, D. (2017). Strategi Peningkatan Pelayanan Penerbitan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (Ktp-El) Di Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Sekadau. Governance, Jurnal Ilmu Pemerintahan .

Musaddad, A. A. (2020). Implementasi Sistem Pelayanan Rakyat Sidoarjo (SIPRAJA) Sebagai Inovasi Pelayanan Publik. Jurnal Syntax Transformation.

Putri, A. P. (2021). "Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Nawangsari, E. R., Purwanto, E., Hariyawati, S., Ilmu, P., & Negara, A. (2016). Analisis Kualitas Pelayanan Administrasi Kecamatan Di Kabupaten Sidoarjo. Ilmu Administrasi Negara, 6 (1), 43–54.

Prof. DR. Lexy J. Moleong, M. A. (2021). Metodologi penelitian kualitatif.

Putri, A. P. (2021). "Strategi pembelajaran melalui daring dan luring selama pandemi covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magistra: Jurnal Ilmiah Kependidikan.

Rifyal Zuhdi Gultom1, A. Q. T. (2020). Pembangunan Infrastruktur dalam Islam: Tinjauan Ekonomi dan Sosial. 6(02), 203–211.

Simon, J. (2021). Bea Dan Cukai Tipe Madya Pabean B Medan. 22–35.

Sudarmanto, Eko, et al. (2021). Pengembangan budaya akademik. Yayasan Kita Menulis. https://books.google.co.id/books?hl=id&lr=&id=StwnEAAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA1&dq=pengembangan+budaya+kultur&ots=PnQszbIauf&sig=81L0jn16_zrSEVkaBMZ55Tny5WE&redir_esc=y#v=onepage&q=pengembangan budaya kultur&f=false

Sugiyono. (2021). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.

Susiawati, M. (2021). Penyederhanaan Struktur Organisasi Perangkat Daerah Wonosobo. 1(2), 1–10.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i4.8119

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.