KESIAPAN PENERAPAN SISTEM PEMBAYARAN RETRIBUSI PELAYANAN PERSAMPAHAN/KEBERSIHAN (RPP/K) NON TUNAI

El Syabrina, Risqiana Dani, Afriyanni Afriyani, Gevisioner Gevisioner

Abstract


Sistem pembayaran Retribusi Pelayanan Persampahan (RPP/K) non tunai merupakan upaya pemerintah kota Pekanbaru untuk meningkatkan realisasi RPP/K sebagai sumber Pendapatan Asli Daerah melalui Retibusi Daerah. Penelitian ini bertujuan untuk menilai kesiapan Pemerintah Kota Pekanbaru dalam menerapkan sistem pembayaran RPP/K non tunai menggunakan framework Strategy, Technology, Organization, Personil dan Environment (STOPE). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif melalui teknik pengumpulan data berupa kuesioner online, wawancara dan studi dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan ,statistik deskriptif dengan menghitung nilai dan persentase masing-masing domain (STOPE) serta mengelompokkan kriteria kesiapan berdasarkan standar CID Harvard. Hasil penelitian menemukan bahwa Pemerintah Kota Pekanbaru dinilai siap menerapkan sistem pembayaran RPP/K non tunai dengan nilai 73, 26% atau berada pada tingkat 3. Penelitian ini merekomendasikan beberapa aspek yang perlu dibenahi untuk mengoptimalkan kesiapan pemerintah daerah dalam menerapkan sistem pembayaran RPP/K non tunai, yaitu meningkatkan kesiapan kelima domain penerapan sistem pembayaran RPP/K non tunai, meningkatkan kepercayaan dan partisipasi masyarakat melalui sosialisasi yang insentif dan peningkatan kualitas pelayanan serta menjamin keamanan data pribadi serta menerapkan sistem Pembayaran RPP/K Non Tunai secara bertahap baik berdasarkan jenis wajib retribusi maupun wilayah kerja.

Keywords


Penerapan; retribusi pelayanan sampah; non tunai

References


Afandi, Muhammad. 2022. “The Implementation of the Parking Service Retribution Policy for Public Roads.” Jurnal Kebijakan Publik 13(1). https://jkp.ejournal.unri.ac.idhttps//jkp.ejournal.unri.ac.id.

Al-Omari, Ahmed. 2006. “E-Government Readiness Assessment Model Ahmed Al-Omari and Hussein Al-Omari.” Journal of Computer Science 2(11): 841–45.

BPS Kota Pekanbaru. 2022. Pekanbaru Dalam Angka Tahun 2022.

DLHK Kota Pekanbaru. 2020. DIKPLHD 2020. Pekabaru: DLHK Kota Pekanbaru.

Gupta, Pooja, and Rahul Hakhu. 2021. “An Empirical Analysis of Customer Perception towards Cashless Transactions : A Case Study of Haryana An Empirical Analysis of Customer Perception towards Cashless Transactions : A Case Study of Haryana.” (December).

Hayati, Kemala, Nugraheni Restu Kusumaningrum, Khairul Amri, and Afriyanni. 2022. “Kinerja Pengelolaan Sampah di Kota Pekanbaru.” Inovasi Pembangunan: Jurnal Kelitbangan 10(1): 81–94.

Julia, Juremi et al. 2021. “A Secure Integrated E-Wallet Mobile Application for Education Institution.” In 2021 3rd International Cyber Resilience Conference, CRC 2021,.

Krisna, Murari, Batt Vimal, and Kumar Prabhat. 2022. “Does Socio-Demography Affect Preferences and Concerns towards Cashless Payment? Evidence from the North-Eastern Region of India.” Journal of Payments Strategy and Systems 13(4): 207–22.

Nugroho, Rossi Adi. 2020. “Kajian Analisis Model E-Readiness Dalam Rangka Impementasi e-Government.” Masyarakat Telematika dan Informasi: Jurnal Penelitian Teknologi Informasi dan Komunikasi 11(1).

Nugroho, Rossi Adi, and Yuyun Purbokusumo. 2020. “E-Government Readiness : Penilaian Kesiapan Aktor Utama Penerapan E-Government Di Indonesia.” Iptek-Kom 22(1): 1–17.

Safitri, Rina Novi, and Zulkarnaini. 2022. “Optimalisasi Pemungutan Retribusi Pelayanan Kebersihan Di Kota Pekanbaru.” Corss-border 5(1): 26–40.

Septikhtiarif, Faozi, and Sri Handayaningsih. 2017. “Pengukuran E-Readiness Menggunakan Framework Stope Pada Proses Pengajuan Cuti Akademik Perguruan Tinggi.” Prosiding Annual Research Seminar 2017Computer Science and ICT 3(1): 173–77.

Susanti, Devi, Agus Hendrayady, and Iman Yudhi Prasatya. 2022. “Evaluasi Penerapan Program E-Retribusi Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam.” Student Online Journal 3(1): 363–67.

Susanti, Elisa, Ridho Harta, Bambang Agus Diana, and Sawitri Budi Utami. 2021. “E-Readiness and The Effectiveness of E-Participation in Indonesia.” MIMBAR : Jurnal Sosial dan Pembangunan 37(1): 138–49.

Ulfa, Amalia, and Dadang Mashur. 2022. “Implementasi Kebijakan Tata Kelola Retribusi.” 5(1): 862–75.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i3.8106

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.