IMPLEMENTASI SERTIFIKASI GURU DALAM RANGKA MENINGKATKAN PROFESIONALITAS GURU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi sertifikasi guru dalam rangka meningkatkan profesio-nalitas guru. Penelitian ini bersifat kualitatif, metode yang digunakan adalah deskriptif. Sumber data yang diguna-kan adalah data primer dan data sekunder. Teknik analisis data yang digunakan adalah pendekatan studi kasus. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: (1) implementasi sertifikasi guru dalam meningkatkan profesional guru (studi kasus mengenai guru SMP di Kecamatan Bukit Kapur meliputi beberapa hal: (a) mengenai persiapan dan perencanaan, proses dan evaluasi pembelajaran. Persiapan dari pihak guru, siswa dan sekolah belum optimal. (b) Metode pembelajaran yang digunakan guru yaitu metode ceramah, diskusi, out class dan bermain. (c) Evaluasi pembelajaran meliputi evaluasi proses dan hasil. (2) Dampak sertifikasi guru bagi siswa, guru dan sekolah yaitu: (a) Dampak Positif, meliputi: Motivasi mengajar guru meningkat, Guru lebih variatif dan kreatif dalam metode mengajar, Meningkatkan kesejahteraan guru, Meningkatkan profesionalisme guru. (b) Dampak Negatif, meliputi: Guru yang belum tersertifikasi jam mengajar berkurang dan kecemburuan sosial dikalangan lingkungan masyarakat. (3) Kendala yang dihadapi dan usaha yang dilakukan dalam implementasi sertifikasi guru yaitu: (a) Kendala-kendala yaitu: Sarana prasarana sekolah yang masih terbatas, Keaktifan siswa kurang, Guru tersertifikasi kekurangan jam mengajar. (b) Usaha-usaha yaitu: Adanya komunikasi pihak guru dan kepala sekolah mengenai mata pelajaran yang diajarkan, Menambah ruang kelas, dan melengkapi sarana prasarana sekolah.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Achmadi. 1992. Islam Sebagai Paradigma Ilmu Pendidikan, Semarang: Aditya Media
Agustino, L. 2008. Dasar-dasar kebijakan publik. Bandung: Alfabeta
Arifin, R, K. 2019. Implementasi Kebijakan Program Sertifikasi Guru. Jurnal Ilmu Politik, Vol.1, No.2.
Alfani, U, F. 2018. Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 10 Medan. Repositori Institusi Universitas Sumatera Utara (RI-USU)
Adlim. 2017. Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru (Studi Kasus pada SMA Negeri 1 Kulisusu). Repository.ut.ac.id
Azwar, Saifuddin. 2016. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Bafadal, Ibrahim. 2008. Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah dasar dalam Kerangka Manajemen Penigkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Bumi Aksara
Bahri Djamarah, Syaiful. 2006. Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta
Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana Predana Media Group
Emzir. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hapsari, F, A. 2018. Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sekolah Menengah Pertama (Studi pada Dinas Pendidikan Kota Probolinggo) Jurnal Ilmiah Magister Ilmu Administrasi, Vol. X, No. 1.
Hawi, Akmal. 2010. Kompetensi Guru PAI, Palembang: Rafah Press
Lester, James P dan Steward, Josep Jr. 2000. Public Policy: An Evolutionari Approach. Belmont: Wadsworth.
Moleong, Lexy. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Muchlis, Masnur. (2009). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, Pembelajaran Berebasis Kompetensi dan Konstekstual. Jakarta: Bumi Aksara.
Nata, A. 2004. Sejarah Pendidikan Islam pada Periode Klasik dan Pertengahan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nugroho D, Riant. 2004. Kebijakan Publik, Formulasi, Implementasi, dan Evaluasi. Jakarta: Gramedia
Ripley, R. B. and Grace, A. F. 1982. Policy Implementation and Bureaucracy, Second Edition, The Dorsey Press, Chicago-Illinois. Amerika
Samodra Wibawa, 1994, Kebijakan Publik: Proses dan Analisis, Jakarta: Intermedia
Sardiman, A. M. 1993. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: Rajawali
Solihin A. W. 2008. Analisis Kebijakan Publik: Dari Formulasi ke Implementasi Kebijakan Negara, Jakarta: Bumi Aksara
Subarsono A.G. 2011. Analisis Kebijakan Publik: Konsep Teori dan Aplikasi. Pustaka Pelajar, Yogyakarta, Indonesia.
Sudjana, Nana. 2000. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosdakarya
Supeno, Hadi. 1995. Potret Guru, Jakarta: Pustaka Sinar Harapan
Semiawan, Conny, dkk. 1990. Pendekatan Keterampilan Proses, Jakarta: Gramedia
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Udoji, Chief J.O, 1981. The African Public Servant As Public Policy in Africa, Addis Abeba: African Association For Public Administration and Management.
Wahab, S.A, 2015, Analisis Kebijakan: Dari Formulasi ke Penyusunan Model-Model Implementasi Kebijakan Publik, Jakarta: Bumi Aksara
Wahyudi, Imam. 2012. Panduan Lengkap Uji Sertifikasi Guru, Jakarta: Prestasi Pustakatya
Winarno, B. 2008. Kebijakan Publik, Jakarta: Buku Kita
Yin, Robert K. 2014. Studi Kasus Desain dan Metode. Jakarta: Rajawali Pers.
Yustina. 2020. Implementasi Kebijakan Sertifikasi Guru Sekolah Menengah Pertama Di Kabupaten Mamasa. Jurnal Pendidikan dan Profesi Keguruan.
DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i3.8104
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.