EFEKTIVITAS PROGRAM UNDERCOVER 112 COVID-19

Nur Sabrina Hana Afifah, Diana Hertati

Abstract


Pemerintah Kota Surabaya membuat sebuah terobosan baru dengan mencitapkan layanan Program Undercover 112 Covid-19. Undercover 112 Covid-19 merupakan bagian dari Command Center 112. Program Undercover 112 Covid-19 merupakan program dari Pemerintah yang memang dikhususkan untuk pelayanan terkait aduan kasus Covid-19. Melalui program Undercover 112 Covid-19, Pemerintah Kota Surabaya akan melakukan penanganan yang lebih cepat dan tepat untuk menanggapi laporan masyarakat terkait kasus Covid-19. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Efektivitas Program Undercover 112 Covid-19 dalam Penanggulangan Bencana Saat Tanggap Darurat di Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Program Undercover 112 Covid-19 belum efektif yang diukur berdasarkan teori efektivitas program dari Budiani yang terdiri dari ketepatan sasaran program, sosialisasi program, pencapaian tujuan program, dan pemantauan program. Program Undercover 112 Covid-19 belum efektif dikarenakan masih terdapat berbagai macam hambatan atau permasalahan yang terjadi di lapangan pada saat pelaksanaan program dan masih terdapat alat kesehatan yang tidak sesuai dalam penanganan pasien Covid-19.


Keywords


Efektivitas program; Covid-19; Pelayanan Publik

References


Budiman, Y. E., Liando, D. M., & Monintja, D. K. (2021). Efektivitas Program Me’Daseng di Kecamatan Tabukan Utara, Kabupaten Kepulangan Sangihe. Agri-SosioEkonomi, 17(1), 147–160.

Enitasari, R., & Hertati, D. (2019). Efektivitas Pelayanan Administrasi Kependudukan Berbasis Aplikasi Berkas Mlaku Dewe Di Kantor Kecamatan Sukodono Kabupaten Sidoarjo. Public Administration Journal of Research, 1(2). https://doi.org/10.33005/paj.v1i2.16

Herdiana, D. (2018). Sosialisasi Kebijakan Publik: Pengertian dan Konsep Dasar. Jurnal Ilmiah Wawasan Insan Akademik, 1(3).

Keputusan Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Nomor 112 Tahun 2019 Tentang Pedoman Teknis Penyediaan Layanan Nomor Panggilan Darurat 112, (2019).

Marhawati, B. (2018). Pengantar Pengawasan Pendidikan. Deepublish.

Melati, & Zulkarnaini. (2021). Efektivitas Program Bantuan Sosial Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 di Kelurahan Pasir Pengraian. Journal Publicuho, 4(1), 19–26. https://doi.org/10.35817/jpu.v4i1.16021

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (3rd ed.). SAGE Publications.

Najidah, N., & Lestari, H. (2019). Efektivitas Program Keluarga Harapan (Pkh) Di Kelurahan Rowosari Kecamatan Tembalang Kota Semarang. Journal of Public Policy and Management Review, 8(2).

Peraturan Walikota Surabaya Nomor 115 Tahun 2021 Tentang Penyelenggaraan Penanggulangan Bencana, (2021).

Rahayuni, W., & Rusli, Z. (2021). Efektivitas Program Bantuan Langsung Tunai Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Desa Kampung Baru Kecamatan Gunung Toar. Jurnal Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, 6(2).

Rahmadana, M. F., Mawati, A. T., Siagian, N., Perangin-angin, M. A., Refelino, J., Tojiri, M. Y., Siagian, V., Nugraha, N. A., Manullang, S. O., Silalahi, M., Yendrianof, D., Sari, A. P., Supriadi, M. N., Sari, M. H. N., & Bahri, S. (2020). Pelayanan Publik. Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.




DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jkp.v13i3.8088

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Jurnal Kebijakan Publik

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.